CILACAP,- Wisata Kemit Forest Cilacap. Kemit Forest Education sebuah objek wisata (Obwis) yang terletak di Jalan Srikaya Karanggedang, Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya berjarak 20 Kilometer dari Pusat Kota Kabupaten Cilacap.

Kemit menurut penuturan dari warga adalah sebuah lembah. Kemit ini kemudian dipermak apik oleh crew dari Masterbee Indonesia. Proses permak disinyalir menghabiskan dana lebih dari Rp 1,5 miliar. Anggaran ini dikeluarkan untuk pengadaan wahana-wahana baru di Kemit Forest.

Selain itu, wisata dengan Luas lahan 1/2 hektar ini dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Barat, bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Mulya.

Sejarah Kemit Forest sebelum menjadi wahana wisata seperti sekarang merupakan areal hutan yang ditumbuhi pohon-pohon Pinus lebat.

Pada saat itu, budaya selfie di tempat-tempat yang dirasa bagus dan indah menjadi daya tarik generasi pemuda untuk mengekspresikan diri. Mereka berswafoto, membungkus sebuah kenangan dari obyek dalam capture yang dengan background pemandangan indah.

Begitu juga dengan apa yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi di Kecamatan Sidareja. Dari sinilah Kemit Forest berawal, kemudian dibangun dan diresmikan pada 27 November 2017.

Setelah diresmikan, Nama Kemit Forest Education yang tadinya hanya sebatas hutan biasa, menjelma menjadi wahana indah yang melambung dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai Kota.

Para pengunjung Kemit Forest diantaranya ini berasal dari Banyumas, Kebumen, Purbalingga bahkan dari Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kemit Forest Education saat itu benar-benar viral. Para wisatawan dimanjakan dengan berbagai Fasilitas. Dan tidak lupa, ketika sudah menjajahi wisata ini para wisatawan mengabadikan momen berwisata, baik bersama teman, pacar maupun sanak keluarga.

Wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di objek wisata ini. Salah satunya ayunan dan sepeda gantung. Menaiki fasilits diatas udara ini akan menguji adrenaline dan keberanian.

Selain itu, dari atas, wisatawan akan disuguhi panorama indah tumbuh-tumbuhan atau pepohonan hijau. Hal ini seperti namanya Forest yang memang berarti Hutan.

Dilansir dari web resmi kemitforest, berikuti ini wahana wista yang terdapat di objek wisata tersebut;

Sepeda Gantung di Kemit Forest
Kemit Forest Education Sidareja, Fasilitas Sepada Gantung dapatenguji Adrenaline Sembari Menikmati Keindahan Dari Atas (Dok. Istimewa)

Wahana Sepeda Gantung

Wahana Sepeda Gantung adalah salah satu wahana favorit bagi pengunjung di objek wisata ini. Mungkin Karena harga tiket yang sangat terjangkau, di wahana ini sering terjadi antrian panjang. Apalagi saat liburan tiba.

Ayunan Kemit Forest
Kemit Forest Education Sidareja – Fasilitas Ayunan (Dok. Wanarch.com)

Wahana Ayunan

Salah satu spot selfi yang menjadi favorit kedua bagi pengunjung adalah wahana ayunan.

Dengan merogoh kocek sekitar lima belas ribu rupiah, pengunjung bisa mencoba wahana ayunan ini. Harga segitu sudah termasuk bebrapa kali jepretan kamera DSLR milik pengelola wisata.

Di wahana ayunan ini sering menjadi rebutan para pengunjung wisata, terutama untuk kaum hawa yang gemar berfoto ria.

Kemit Forest Education Sidareja – Fasilitas (Dok. Istimewa)

Wahana Panahan

Bagi anda yang gemar dengan olah raga panahan di sini disediakan wahananya lho. Dengan dikenakan tarif dua puluh ribu rupiah, anda boleh mencoba bagaimana menggunakan busur serta anak panah.

Kemit Forest Education Sidareja (Dok. Dakatour.com)
Wahana Bermain Anak

Bagi Anda ibu muda yang datang kesini beserta buah hatinya, jangan khawatir anaknya rewel ataupun tidak gembira. Pengelola wisata ini menyediakan wahana khusus bermain anak.

Dengan berlantaikan rumput sintetis, maka anda tidak perlu khawatir anak terjatuh ketika anak anda bermain berlarian. Kalaupun terjatuh cenderung aman.

Fasilitas lain di Kemit Forest seperti Mushola untuk menjalankan sholat juga telah disediakan. Selain itu, Kemit Forest bisa diakses dari Kota Kecamatan Sidareja hanya sekitar 30 Menit menggunakan kendaraan.

Akses jalan di Sidareja merupakan jalur utama menuju Kota Cilacap, melewati Gandrungmangu dan Kawunganten. Jeruklegi ke arah timur, sedangkan ke arah barat bisa ke Wanareja atau Kota Banjar.

Dari arah Ciamis Jawa Barat, bisa melalui Bendungan Manganti. Kemudian ke seletan, bisa menuju ke Patimuan dan Pangandaran Jawa Barat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here