32 C
Indonesia
Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaBeritaWisata Ala Eropa Klasik Heritage Palace Sukoharjo Jateng

Wisata Ala Eropa Klasik Heritage Palace Sukoharjo Jateng

Keinginan untuk berlibur ke negara asing, termasuk salah satunya ke Benua Biru yakni Eropa merupakan impian yang ada pada benak setiap orang. Impian untuk merasakan nuansa Eropa klasik sebenarnya bisa terwujud tanpa harus jauh-jauh ke Eropa, caranya yaitu mencoba berkunjung ke Heritage Palace, Sukoharjo.

Reportasee.com – Menimati Indahnya Pemandangan Eropa Kuno di Heritage Palace. Bangunan megah Heritage Palace dengan gaya vintage Eropa tempo dulu mengingatkan pada film-film Holywood Kerajaan Eropa Klasik.

Lokasinya terletak di Jalan Permata Raya Dukuh, Tegal Mulyo RT 02, Rw 08, Honggobayan, Pabelan, Kertasura, Sukoharjo yang berjarak sepuluh kilometer atau menghabiskan tempuh selama 21 menit dari Kota Surakarta.

Sama seperti halnya De Tjolomadoe yang semula merupakan pabrik gula, tak ada yang menyangka bahwa Heritage Palace pada awalnya merupakan Pabrik Gula Gembongan atau Pabrik Gula Kertasura.

Eks pabrik gula ini sekarang menjadi lokasi wisata di Sukoharjo yang sangat ramai pengunjung.

Terbangun sejak 1892 sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Islam, selain sebagai pabrik gula juga pernah terpakai sebagai tempat penyimpanan tanaman tembakau.

Heritage Palace terbuka untuk pengunjung dengan jam operasional 10.00 hingga 18.00 untuk Hari Senin hingga Jumat, dan 09.00 hingga 21.00 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Tarif masuk yang ada masih cukup standar, yakni Rp. 55.000 tiap orang pada hari kerja, yaitu Senin hingga Jumat, dan Rp. 65.000 pada hari libur, yaitu Hari Sabtu dan Hari Minggu.

Daya Pikat dan Fasilitas Heritage Palace

Terbuka sebagai tempat wisata secara resmi sejak 9 juni 2018 dengan luas 2,2 hektar, pemandangan Eropa kuno pada ekterior dan interior menjadi daya pikat masyarakat.

Meskipun telah mengalami revitalisasi, identitas dan keaslian corak Eropa sengaja nampak sebagai bentuk eksistensinya.

Salah satunya terlihat pada cerobong asap dengan ketinggian 25 meter yang mempertahakan nilai historisnya.

Berbagai aktivitas menarik dapat terlaksana seperti berswa foto, jalan-jalan menikmati pemandangan, mencoba wahana hingga melakukan foto prewedding.

Fasilitas yang tersedia cukup memadai seperti parkir, mushola, resto, tempat bermain anak, wahana penunjang. 

Wahana penunjang yang mejadi primadona pengunjung yaitu museum 3 Dimensi Trick Art.

Sesuai dengan nama wahana museum ini menampilkan berbagai lukisan unik dengan gaya realistis, timbul sehingga terlihat seperti nyata.

Pengunjung bisa puas mengambill pose dengan berbagai gaya.

Spot foto lain yang tidak kalah menarik adalah ruangan luar Heritage Palace dengan wujud museum angkut.

Baca:  Obat Masuk Angin yang Efektif dan Mudah Ditemukan

Banyak sekali pajangan mobil kuno seperti Mobil Dodge buatan tahun 1948, yang pernah Ir Soekarno pakai.

Kemudian mobil pemadam kebakaran yang pernah terpakai pada tahun 1963, Chevrolet USA tahun 1955 dan Jeep Willys pada tahun 1943.

Baca:  Aplikasi Penghasil Dana, Bukti Langsung Ke Rekening

Sekilas pemandangan ini memang mengingatkan pada Museum Angkut yang ada di Kota Malang.  

Terdapat taman bermain anak di luar area Heritage Palace sangat cocok sebagai pilihan wisata keluarga.

Di dalam Heritage Palace juga terdapat resto unik yang bernama Resto “Tongjie” yang menyajikan masakan Jawa dan Western.

Selain dapat menyantap kudapan lezat untuk mengatasi rasa lapar, wisatawan dapat melakukan aktivitas swa-foto karena resto “Tongjie” memiliki desain yang unik, perpaduan rumah Jawa dan rumah Belanda.

Bagi yang melakukan solo travel alias berlibur sendiri, tak perlu panik jika ingin melakukan foto. Karena di The Haritage Palace terdapat guide yang bisa membantu saat pengambilan pose.

Tips Aman Berlibur ke Heritage Palace

Heritage Palace memang selalu buka setiap harinya, sehingga bagi yang ingin berkunjung dapat dengan bebas menentukan hari kedatangan.

Dimasa new normal ini memang tidak mudah untuk melakukan kegiatan wisata, namun bukan berarti tidak bisa, karena raga dan pikiran tetap butuh istirahat dan tempat untuk melepas penat.

Ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan antara lain menyiapkan surat keterangan sehat.

Usahakan membawa minum dan bekal makan sendiri, tidak membawa banyak rombongan, perhatikan kesehatan masing-masing individu yang ingin berpergian.

Tidak lupa untuk selalu memakai masker sangat berada di luar ruangan maupun saat berkendara dan membawa handsanitizer.

Memperhatikan barang bawaan juga perlu, tak perlu membawa barang berharga yang berlebihan, bawalah uang yang cukup dan ponsel.

Membawa surat kendaraan maupun surat perjalanan yang lengkap.

Ketika setelah memasuki kawasan Heritage palace disarankan untuk memakai sunblok dan payung apabila datang pada siang hari, karena cuacanya yang begitu panas.

Untuk yang berencana datang ke heritage Palace, disarankan mengambil waktu pada pagi hari sekitar 09.00 hingga 10.00 atau pada waktu sore hari pada pukul 16.00.

Editor : Fenty Mustikasari

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer