Warga Jatim Akan Sambut 60 Hari Tanpa Hujan

0
90
Warga Jatim Akan Sambut 60 Hari Tanpa Hujan
Foto : BMKG (Detik)

CUACA,- Badan Meteorologi Kinematologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Surabaya menandaskan, beberapa hari kedepan, warga Jatim / Jawa Timur akan menyambut 60 hari tanpa hujan (HTH).

Mengutip dari laman Detiknews, Senin (24/06/2019), akan ada beberapa wilayah di Jawa Timur yang sudah diprediksikan akan mengalami faktor kekeringan ektsrem.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto menyebut, sejauh ini kekeringan ekstrem dan hari tanpa hujan sudah melanda sejumlah daerah Jawa Timur.

Hal tersebut terjadi lantaran saat ini sudah masuk pada musim panas. Sejauh ini pula, sejumlah daerah di Jawa Timur belum pernah sekalipun mengalami cuaca buruk hingga turun hujan.

“Kondisi ini sangat bagus bagi seluruh masyarakat Jawa Timur. Kami senang bahwa sejumlah warga bisa memanen hasil sawah yang sejauh ini mereka tanam,” Tandas Tegus.

Cuaca Mendukung

Saat dihubungi wartawan Detikcom, Senin (24/06/2019), Teguh menegaskan, hari tanpa hujan berkategori amat panjang sejauh ini sudah masuk ke wilayah Jawa Timur. Ini mungkin karena faktor musim kemarau.

Akan tetapi ada 2 wilayah saja yang masih simpang siur mengalami hari tanpa hujan, diantaranya yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Lumajang.

Secara statistik, permukaan bumi yang ada di 2 daerah tersebut terbilang cukup tinggi. Meski masuk musim panas, namun turun hujan masih saja terjadi dan itu tak berlangsung lama.

Perkiraan Kemarau Panjang

Mengenai terjadinya kemarau panjang, Teguh mengutarakan, hari tanpa hujan yang akan melanda warga Jatim telah diperkirakan akan berlangsung selama kurang lebih 2 bulan.

Ironisnya, Kabupaten Sampang dan Malang hingga saat ini mengalami kekeringan.

“Kriteria hari tanpa hujan ini diperkirakan mencapai 30 hingga 60 hari. Dan yang terjadi pada kedua Kabupaten tersebut merupakan salah satu faktor kekeringan ekstrem,” pungkas Teguh.

Berdasarkan hasil penelitian BMKG, curah hujan selama bulan Juni 2019 di Dasarian II Provinsi Jawa Timur sudah masuk kategori rendah, yaitu 0 hingga 10 mm. Namun hal tersebut tak berpengaruh pada Kabupaten Banyuwangi dan Lumajang. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here