Wabup Kabupaten Bondowoso Janjikan Akreditasi

0
68
Wabup Kabupaten Bondowoso Janjikan Akreditasi

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Anak Usia Dini (BAN PNF dan PAUD) Provinsi Jawa Timur tengah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi, Selasa (23/04/2019). Sosialisasi tersebut terkait akreditasi PNF dan PAUD di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bondowoso.

Perwakilan dari 200 lembaga PNF dan PAUD se-Kabupaten Bondowoso hadir dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam tersebut. Wakil Bupati Bondowoso, H. Irwan Bahtiar Rahmat, SE, M.Si, menilai bahwa akreditasi sangat layak diberlakukan untuk mencapai prestasi dan penghargaan.

Irwan Bahtiar Rahmat juga menjanjikan seluruh lembaga PNF dan PAUD tersebut wajib berstatus akreditasi. Menurut dia, kegiatan sengaja dilaksanakan karena merupakan suatu bentuk pengakuan dari Negara akan pentingnya lembaga PNF dan PAUD.

Baca juga : Les Terlalu Banyak, Ini Akibatnya Terhadap Anak

Selain itu, Irwan Bahtiar Rahmat, menegaskan, akan memberikan penghargaan kepada setiap lembaga PNF dan PAUD di Kabupaten Bondowoso yang sudah terakreditasi. Karena hal yang seperti ini sangat penting demi kemajuan para penerus bangsa sebagai penerus perjuangan nenek moyang.

“Kami sudah menggelar rapat terbuka jauh-jauh hari dengan BAN PNF dan PAUD Kabupaten Bondowoso. Sudah ada hadiah yang akan kami berikan bagi lembaga yang sudah terakreditasi. Dan untuk yang belum terakreditasi juga akan kami bantu prosesnya”, kata Irwan Bahtiar Rahmat.

Menurut Irwan Bahtiar Rahmat, ada 8 kriteria yang wajib dipenuhi oleh lembaga PNF dan PAUD Kabupaten Bondowoso. Kriteria itu wajib demi meraih predikat akreditasi dari BAN. Dan ini merupakan syarat paling utama yang harus ditempuh. Supaya pendidikan kedepan berjalan sesuai dengan program pendidikan terpadu.

Untuk itu, Irwan Bahtiar Rahmat telah memikirkan rencana besar supaya 200 lembaga PNF dan PAUD di wilayahnya segera diakui kualitas dan kredibilitasnya. Salah satunya dengan berstatus akreditasi. Termasuk demi kesejahteraan para tenaga pendidik dan peserta didik.

Kepala Dikbud Kabupaten Bondowoso, H. Harimas, M.Si., menjelaskan, hal yang paling penting agar berstatus akreditasi yaitu minimal muridnya harus mencapai 12 orang. Di sisi lain, para pendidiknya juga wajib memenuhi standard kompetensi yang berlaku. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here