adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaVitamin Daya Tahan Tubuh yang Perlu Dikonsumsi

Vitamin Daya Tahan Tubuh yang Perlu Dikonsumsi

ReportaseeDKI.com Vitamin daya tahan tubuh sepertinya memang sangat dibutuhkan di masa pandemi yang belum berakhir ini. Dengan imunitas yang baik, kamu pun tidak mudah sakit ataupun terpapar oleh virus Covid-19.

Saat ini lonjakan Covid-19 di Indonesia semakin meningkat akibat munculnya varian virus corona yang baru. Virus Delta menjadi salah satu varian dari virus corona yang lebih cepat menular dan memiliki gejala yang sedikit berbeda dengan gejala corona lainnya.

Meski demikian, kita sebagai masyarakat Indonesia tidak boleh menganggap remeh dengan adanya varian virus Covid-19 yang belum juga mereda. Selain menaati protokol kesehatan, menjaga imunitas tubuh amat sangat penting agar kita bisa terhindar dari virus tersebut.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari penularan virus ini. Hal yang bisa kamu lakukan yakni mulai dari melakukan vaksinasi, menaati protokol kesehatan serta minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tak hanya itu saja, kamu perlu menerapkan pola hidup hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, berolahraga, dan minum vitamin. Hal-hal tersebut termasuk langkah terpenting untuk tingkatkan sistem imunitas tubuh.

Konsumsi vitamin tentu menjadi cara tepat unutk memelihara kesehatan tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini. Nah, kira-kira vitamin apa saja yang harus kamu konsumsi? Berikut pembahasannya.

Vitamin Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Vitamin C

Jenis vitamin ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. Vitamin C ini telah dipercaya sejak puluhan tahun karena kandungannya yang membantu sistem kekebalan tubuh agar tetap bekerja.

Selain itu, Vitamin C juga penting bagi kesehatan leukosit, yakni jenis sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi, khususnya selama di masa pandemi.

Vitamin C merupakan nutrisi paling populer yang banyak orang konsumsi untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi. Kamu bisa mendapatkan vitamin C ini dari bahan makanan seperti jeruk, brokoli, kiwi, dan strawberry. Vitamin C juga bisa kamu peroleh dari mengonsumsi suplemen yang tersedia di Apotek.

Vitamin B6

Pada vitamin B6 ini berperan penting untuk mendukung tubuh dalam memproduksi imunitas yang baik. Makanan yang kaya akan vitamin B6 bisa kamu peroleh dari ayam, ikan air dingin seperti tuna dan salmon. Vitamin B6 ini juga bisa kamu dapatkan dari sayuran hijau yaitu buncis.

Vitamin D

Mengutip dari Healthline, vitamin D merupakan nutrisi yang larut di dalam lemak dan berperan untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin D ini tentunya bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi ikan, kuning telur, jamur, dan susu sapi.

Seseorang yang kekurangan vitamin D akan berdampak negatif bagi fungsi kekebalan tubuhnya. Faktanya, tubuh dengan kadar vitamin D yang rendah bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan atas, termasuk asma dan influenza.

Manfaat Vitamin D juga bisa kamu penuhi dengan memperolehnya dari berjemur di bawah sinar matahari. Seseorang yang tubuhnya kurang mendapatkan sinar matahari, maka perlu mendapat tambahan asupan vitamin D.

Jika kadar vitamin D seseorang cenderung rendah akan meningkatkan risiko mengidap gangguan pernapasan, terutama akibat virus corona.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui seberapa banyak konsumsi suplemen tambahan vitamin D yang direkomendasikan dokter agar tubuh kembali sehat yang terbagi per kategori.

Vitamin E

Selanjutnya vitamin yang penting kamu konsumsi di masa pandemi adalah vitamin E. Vitamin E merupakan nutrisi yang mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi. Kamu bisa memperoleh manfaat vitamin E dari makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan bayam.

Zinc

Nutrisi yang tidak kalah penting untuk kamu penuhi yaitu Zinc. Zinc atau seng merupakan mineral umumnya ditambahkan ke dalam suplemen dan produk kesehatan lainnya seperti pada tablet hisap yang manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Zinc ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi hidangan laut seperti udang, lobster, kepiting, dan ikan laut lainnya.

Zinc juga bermanfaat untuk perkembangan sel imun dan berperan penting dalam mencegah inflamasi. Fungsi dari Zinc lainnya yaitu dapat menjadi penghalang dan mencegah masuknya patogen asing ke dalam tubuh, terutama virus corona.

Setiap orang pastinya harus benar-benar memperhatikan asupan gizi yang mereka konsumsi disertai dengan pemberian vitamin. Karena hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga virus asing yang masuk ke dalamnya dapat teratasi.

Jika sistem imun tubuh lemah, maka tubuh akan lebih mudah terpapar oleh virus. Imunitas yang lemah saat tubuh terinfeksi covid-19 akan memperlambat penyembuhan dan bahkan bisa berdampak lebih buruk.

Maka dari itu, setiap orang penting menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi vitamin untuk mencegah maupun pengobatan dari virus Covid-19.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER