Valkyrie Siap Gantikan Manusia ke Antariksa

0
132
Valkyrie Siap Gantikan Manusia Ke Antariksa
Foto : Valkyrie

Reportasee.com,- Valkyrie siap menggantikan manusia untuk terbang ke luar angkasa. Robot racikan terbaru NASA itu dipercaya akan memudahkan urusan astronaut untuk lebih mengekplor antariksa.

Melansir dari TEMPO.CO, Jumat (09/08/2019), Insinyur NASA telah menciptakan robot superhero yang tampak seperti perempuan setinggi 6,2 kaki. Robot itu dapat melakukan tugas yang dianggap berbahaya bagi manusia khususnya para astronaut.

Berat Valkyrie adalah 125 kg dan memiliki 44 derajat kebebasan (DOF). Robot itu juga dilengkapi ransel baterai dan mampu melakukan tugas yang dinamis, tangkas dan intensif dalam berbagai skenario, menurut penciptanya.

Memiliki lengan yang dapat dipertukarkan dan ditutupi dengan kain lembut yang juga berfungsi sebagai pelindung jika jatuh.

Baca : Robot Kecoak Terbaru Ciptaan Ilmuwan China dan AS

NASA Space Center, Johnson berharap untuk melihat robot itu dalam misi masa depan untuk melakukan ekplorasi pertama kali ke Planet Mars.

Proyek Terbaru

Valkyrie adalah robot Boston Dynamics Atlas yang disesuaikan dengan entri NASA dalam Tantangan Darpa Robotics (DRC) 2014. Robot DRC itu perlu memiliki navigasi kursus hambatan, mengendarai kendaraan, menggunakan alat dan melakukan berbagai tugas dan tantangan lainnya.

Robot itu menggunakan rangkaian kamera dan sensor terlengkap untuk berjalan tegak dan menangani alat. Tidak seperti pendahulunya, Atlas yang ditambatkan untuk kekuasaan.

NASA mengatakan, robot itu seharusnya bukan jenis kelamin, dan dadanya harus melengkung untuk menampung aktuator yang memungkinkannya untuk menekuk di pinggang. Meski begitu, para insinyur dengan bangga menyebut kreasinya dengan julukan “Val.”

Baca : NASA Siap Terbangkan Wanita Pertama Ke Bulan

Fitur Valkyrie

Fitur yang paling mencolok dari robot itu adalah cangkang pelindung putih ramping yang diilhami dari sangkar Steam Punk Roll milik Atlas.

Pemimpin proyek, Nicolaus Radford mengatakan kepada IEEE Spectrum, Jika mereka menyikatnya saat sedang bekerja, mereka tidak ingin merasakan logam yang dingin dan keras ini. Mereka ingin itu terasa alami, seperti halnya bekerja di samping manusia lain.

NASA adalah Penemu Mars dan satelit Saturnus terkenal di dunia. NASA juga bereksperimen dengan robot antropomorfik selama bertahun-tahun.

Robot humanoid mereka, Robonaut baru-baru ini diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here