22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaUntung Rugi Mobil Pakai Mesin Diesel

Untung Rugi Mobil Pakai Mesin Diesel

Reportasee.com – Untung rugi mobil menggunakan mesin diesel. Dalam dunia otomotif, kita mengenal dua jenis bahan bakar dan untung rugi dari mesin diesel dan mesin bensin.

Pertama yaitu mesin diesel dan kedua yaitu mesin bensin. Kebanyakan mobil pabrikan Indonesia, menggunakan bahan bakar bensin. Berbeda dengan mobil yang berasal dari America atau Eropa, karena biasanya menggunakan mesin diesel.

Penggunaan mesin diesel pada mobil memiliki keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Tetapi apabila membandingkan keuntungan dan kerugiannya, jumlah keuntungan mesin diesel sebenarnya lebih banyak.

Penggunaan mein diesel untuk mobil Indonesia biasanya untuk mobil besar seperti truk dan bus. Sedangkan mobil peribadi banyak menggunakan bahan bakar bensin.

Penyebabnya adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih membeli mobil dengan harga yang lebih murah daripada mobil yang lebih mahal.

Maka dari itu, mobil–mobil sport pabrikan America dan Eropa jarang ada orang Indonesia memilikinya. Alasan pertama adalah karena harganya yang mahal.

Alasan kedua karena kebanyakan tidak bisa untuk mengangkut orang banyak. Dan yang terakhir adalah karena biasanya berisik. Karena mobil sport menggunakan mesin diesel, maka mengeluarkan suara yang berisik.

Nah ini juga salah satu karakter dari mesin diesel, yaitu berisik. Berbeda dengan mesin bensin yang tidak mengeluarkan suara berisik.

Berikut Untung Rugi Pakai Mesin Diesel

Karakteristik Mesin Diesel

Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari mesin diesel dan mesin bensin. Perbedaan karakteristik inilah yang akan menjadi pertimbangan produsen untuk memilih apakah memproduksi mesin diesel atau memproduksi mesin bensin.

Mesin diesel memiliki torsi yag tinggi, sehingga mobil dengan mesin diesel akan lebih kuat dan tangguh saat berada pada medan yang sulit daripada mesin bensin.

Maka dari itu kebanyakan mobil yang ada pada daerah pegunungan atau dataran yang menanjak adalah mobil dengan mesin diesel.

Selain dari itu, mobil yang menggunakan mesin diesel juga merupakan mobil yang hemat bahan bakar. Hemat bahan bakar karena diesel akan tersemprot saat fase pembakaran saja.

Lain halnya dengan mobil yang menggunakan mesin bensin, karena bahan bakar bercampur dengan udara dari awal.

Mesin diesel juga memiliki sistem yang sangat sederhana dan berbeda dengan mesin bensin yang lebih kompleks. Karena mesin diesel sistemnya sederhana, maka perawatannya pun lebih mudah.

Karakteristik lain dari mesin diesel yaitu menggunakan tekanan pembakaran yang lebih tinggi daripada mesin bensin. Saat tekanannya lebih besar, maka dinding mesinnya pun harus lebih tebal.

Dan juga komponen yang ada dalam mobil pun harus lebih kuat dan tangguh. Karena itulah mesin diesel lebih berat daripada mesin bensin.

Hal ini menyebabkan harga mein diesel jauh lebih mahal daripada mesin bensin.

Keuntungan Mesin Diesel

Dari penjelasan mengenai karakteristik mesin diesel tadi, sebenarnya dapat terlihat untung rugi dari mesin diesel. Untuk lebih mudahnya berikut ini keuntungan dari mesin diesel.

Mesin diesel tentunya lebih kuat dan tangguh daripada mesin bensin. Untuk orang yang sering pergi traveling ke daerah pedesaan dan pegunungan, maka mobil dengan mesin diesel akan sangat menguntungkan karena torsinya yang tinggi.

Jika mesin memiliki torsi yang tinggi, maka pada saat jalan menanjak, mobil akan lebih mudah naik.

Berikut adalah mobil Indonesia yang menggunakan mesin diesel:

  • Toyota Kijang Innova
  • Isuzu MU-X
  • Isuzu Panther Grand Touring
  • Mitsubishi Pajero Sport
  • Toyota Fortuner
  • Hyundai All New Santa Fe
  • KIA Grand Sedona

Selain dari itu, mobil yang menggunakan mesin diesel lebih hemat bahan bakar. Jika melihat secara mekanismenya, mesin diesel ini memang lebih hemat karena penggunaan bahan bakar hanya pada fase pembakaran.

Lalu, harga bahan bakar mesin diesel juga biasanya lebih murah daripada harga bahan bakar mesin bensin.

Selain kedua keuntungan ini, mesin diesel juga unggul dalam masalah perawatannya. Mesin diesel lebih mudah secara perawatan, karena komponen dalam mesin diesel tidak sekompleks mesin bensin.

Bukan itu saja, mesin diesel juga memiliki keuntungan dari umurnya. Umur penggunaan mesin diesel lebih panjang daripada umur penggunaan mesin bensin.

Itupun menjadi salah satu alasan kenapa truk dan bus menggunakan mesin diesel. Selain mesinnya lebih kuat dan tangguh, mesin diesel juga lebih tahan lama.

Kerugian Mesin Diesel

Selain dari keuntungan, adapun kerugian dari penggunaan mobil dengan mesin diesel. Salah satu kerugian yang mencolok adalah kebisingan yang timbul dari penggunaan mesin diesel.

Saatt pertama kali menyala, mobil yang menggunakan mesin diesel biasanya akan sangat berisik. Kadang beberapa ketika sudah jalan juga tetap saja berisik.

Hal ini biasa terjadi karena suara berisik yang timbul itu berasal dari mesin dieselnya sendiri. Beberapa orang akan menganggap suara bising ini menjadi suatu hal yang sangat mengesalkan.

Tetapi adapula orang yang menganggap suara berisik ini sebagai tanda kegarangan. Seperti halnya anak–anak muda yang mengganti knalpot motornya untuk bisa merubah suara motornya.

Harga mesin diesel ini pun bisa terbilang mahal. Harganya yang mahal ini sebenarnya sepadan dengan kualitasnya. Mesin diesel terdiri dari dinding yang tebal dan kokoh supaya dapat menahan tekanan tinggi.

Kekurangan lainnya yaitu mesin diesel menggunakan sistem injeksi maka bahan bakarnya harus benar–benar sesuai. Persyaratan kesesuaian inilah yang memakan biaya produksi lebih mahal karena membutuhkan ketelitian yang tinggi dalam perawatannya.

Untuk keamanannya, memang harus melakukan servis pada tempat servis resminya dan tidak bisa ke bengkel dekat rumah.

Maka dari itu, budget yang perlu keluar dalam perawatannya memang cukup mahal, karena perawatannya pun perlu secara rutin setiap beberapa bulan sekali.

Selain daripada itu, mesin diesel membutuhkan tekanan yang besar, maka memerlukan motor starter yang lebih besar dari mesin bensin. Sama halnya dengan baterainya yang harus berkapasitas tinggi. 

Pertimbangan Dalam Memilih Jenis Mesin Mobil

Berikut adalah beberapa untung rugi dalam penggunaan mesin diesel yang terlihat dari beberapa sisi.

Anda dapat menilai dan mencocokan sendiri, jenis mobil dengan mesin seperti apakah yang anda butuhkan sehari–hari. Apakah lebih cocok menggunakan mobil dengan mesin diesel ataukah lebih baik menggunakan mesin bensin?

Jika budget yang ada lebih dari 500 juta dan lebih sering pergi keluar rumah terutama ke daerah pegunungan atau menanjak, maka akan lebih baik dan nyaman jika menggunakan mobil bermesin diesel.

Terutama jika sedang musim hujan karena mobil dengan mesin diesel sangat membantu jika melewati jalan yang terendam banjir.

Tetapi apabila budget nya mepet maka belilah mobil dengan mesin bensin. Apalagi jika anda tinggal pada daerah perkotaan yang tidak perlu memiliki mobil dengan torsi yang tinggi. Harga mobil dengan mesin bensin pun lebih murah daripada mesin diesel.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular