Ulin Nuha, Mahasiswa UNU Dalang Muda Cilacap Pemenang Aksi Indonesia 2019

0
272
Ulin Nuha, Mahasiswa UNU Dalang Muda Cilacap Pemenang Aksi Indosiar 2019
Foto : Ulin Nuha (unugh.ac.id)

NASIONAL,- Ulin Nuha, mahasiswa Semester 2 Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Al Ghazali, Cilacap Jawa Tengah, keluar sebagai juara pada Grand Final Aksi Indonesia, Selasa (04/06/2019).

Pada tiga besar grand final, Ulin berhasil mengungguli peserta lain dengan poin 44,64. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati Suwandi dengan poin 27,71 dan Donidion dengan poin 27,65.

Karena kemenangannya itu, Ulin mendapatkan hadiah umroh ke tanah suci dan uang sebesar Rp. 100 juta. Ulin juga dinobatkan sebagai wakil Indonesia untuk even Aksi Asia yang akan digelar pada tahun depan.

Dilansir dari NU.or.id, Ulin Nuha merupakan seorang dalam muda asal Cilacap. Dia kerap mentas di dalam dan luar daerah. Saat pengumuman kejuaraan Aksi Indonesia, sang ayah, M Darto Wahab Noor, terlihat mendampingi.

Pada kesempatan itu, Ulin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan.

Karenanya, Ulin masuk grand final dan keluar menjadi juara. Menurut Ulin, keberhasilan tersebut tidak lepas dari doa orang tua dan semua pihak, terutama warga NU.

Ulin pun menyebutkan satu persatu lembaga yang menurutnya ikut memberikan dukungan.

Diantaranya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), semua lembaga di bawah naungan NU, Pengurus Cabang NU Cilacap, dan pendukung lainnya asal Cilacap.

Selain itu, Ulin tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada para guru, kyai, dan mentor Indosiar. Ulin berharap semua yang terlibat, tidak bosan memberikan ridho, ilmu dan berkahnya.  

Karena Ulin meyakini, ilmu tidak akan membawa manfaat apapun tanpa ada barakah dari para guru.

Ulin Nuha, Dalang Muda Cilacap

Putra dari pasangan M Darto Wahab Noor dan Siti Wastiati, berasal dari Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Cilacap, Jawa Tengah. Ulin juga dikenal terampil mendalang.

Keterampilan itu diperoleh dari para tetangga yang mayoritas merupakan seniman wayang kulit. Terlebih di Cilacap, Desa Karangrena dikenal sebagai desa budaya.

Makanya tidak heran, Ulin tidak merasa asing atau kikuk saat tampil di atas panggung. Pasalnya, sejak SMP Ulin sudah terbiasa tampil di atas panggung mementaskan wayang kulit.  

Ulin berambisi untuk menghidupkan dan melestarikan kembali budaya wayang kulit. Alasannya, budaya wayang kulit merupakan khasanah adiluhung yang perlu dilestarikan. Apalagi, wayang kulit juga bisa dijadikan sebagai media dakwah.

Masih dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siroj, didaulat menyerahkan hadiah secara simbolis kepada Ulin.

Artikel/ Berita ini sudah tayang di Reportasee.com dengan judul : Ulin Nuha, Mahasiswa UNU Dalang Muda Cilacap Pemenang Aksi Indonesia 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here