32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaUang Elektronik, Inilah Cara Aman Dalam Bertransaksi

Uang Elektronik, Inilah Cara Aman Dalam Bertransaksi

Cara Aman Bertransaksi dengan Uang Elektronik mungkin belum semua orang mengetahuinya. Penggunaan uang ini kadang menimbulkan ke khawatiran karena maraknya pencurian data melalui aplikasi internet.

Faktanya uang elektronik saat ini menjadi pilihan banyak orang dalam bertransaksi, hal ini karena keamanan membawa uang Tunai saat ini makin rawan.  Uang ini lebih mudah di bawa tanpa takut risiko kejahatan.

Selain aman menggunakan uang ini bisa lebih memudahkan,  anda bisa bertransaksi hingga nominal terkecil tanpa harus direpotkan dengan uang kembalikan. Lalu bagaimana agar transaksi uang elektronik anda aman?

Hal-hal berikut perlu anda perhatikan agar transaksi Uang Elektronik aman.

Isi  Seperlunya

Uang ini ibarat dompet yang bisa anda bawa saat harus bertransaksi. Dompet tersebut harus Anda isi dengan sejumlah nominal agar dapat Anda pergunakan. Isi dompet bisa dari transfer secara online maupun mengisi langsung di gerai yang tersedia.

Isilah saldo pada uang anda sesuai dengan kebutuhan dana yang diperkirakan,  jangan menyimpan dalam jumlah nominal besar pada dompet elektronik anda. Jika terjadi kehilangan atau media elektronik yang Anda gunakan rusak, anda tidak akan terlalu rugi

Dompet ini bukanlah tabungan, tempat anda menyimpan uang. Ini hanyalah media untuk melakukan transaksi. Lebih baik isi dengan jumlah tertentu, jika kurang anda bisa melakukan top up.

Perlakukan Seperti Uang Tunai

Uang Elektronik yang Anda gunakan sebagai media transaksi, harus anda perlakukan layaknya duit tunai yang anda miliki. Media ini membantu kelancaran urusan finansial anda dan pihak-pihak lainnnya.

Perlakuan uang elektronik anda dengan baik,  jaga dan rawat uang anda agar tidak rusak atau hilang. Jika anda menggunakan uang ini berupa e walet, pastikan telepon pintar anda selalu bebas dari serangan virus.

Jika anda menggunakan uang ini berupa kartu pastikan pin anda tidak di ketahui oleh siapa pun. Jangan pernah menulis pin uang anda bersamaan dengan tempat anda menyimpan kartu.

Periksa Saldo Secara Rutin

Anda harus melakukan pemeriksaan nominal saldo pada dompet elektronik anda secara rutin. Ini bisa menjadi cara pencegahan terjadinya pencurian saldo elektronik yang anda miliki. Jika saldo berkurang tanpa adanya transaksi anda perlu segera melaporkannya.

Baca:  Spesifikasi Realme C25 Lengkap Beserta Harganya

Selain itu pemeriksaan secara berkala juga bisa menghindari transaksi anda gagal karena saldo uang elekteonik anda kurang. Pasti akan sangat memalukan jika terjadi pada tempat umum dan banyak orang yang melihatnya.

Baca:  Begini Cara Mengatasi Hp Lemot Dengan Mudah

Lakukanlah pemeriksaan saldo elektronik anda minimal seminggu sekali, sempatkan waktu sejenak untuk melakukannya. Lebih baik mencegah sesuatu yang buruk terjadi daripada harus menyelesaikannya di kemudian hari.

Point of Sale

Saat melakukan transaksi elektronik pastikan anda melakukannya di sebuah tempat yang menggunakan  point of sale, agar transaksi anda aman. Baik itu di kafe, restoran atau tempat retail lainnya

Dengan alat pemidai elektronik maka transaksi anda terhindar dari pencurian saldo. Jangan sampai anda menjadi korban kecanggihan transaksi elektronik.

Jika retail  tidak menggunakan alat scanner lebih baik anda menghindari transaksi di tempat tersebut. Bijaklah Memilih tempat bertransaksi elektronik, jika tidak memungkinkan lebih baik gunakan uang tunai dalam transaksi tersebut.

Bawa Uang Tunai Seperlunya

Jika anda bepergian sebaiknya anda membawa  sejumlah uang tunai. Hal ini guna menghindari transaksi yang tidak bisa Anda lakukan secara elektronik.  Anda bisa menghindari gagal transaksi di tempat yang anda inginkan.

uang elektronik
Foto : ekbis sindonews

Seperti pada gerai dengan transaksi elektronik yang tidak aman, bisa anda lakukan dengan Uang tunai yang anda bawa. Selain itu untuk menutupi kekurangan pada saldo uang elektronik jika ternyata tidak mencukupi

Bawa uang tunai seperlunya jangan terlalu banyak sehingga dapat mengundang orang yang berniat kurang baik. Berhati-hatilah mengeluarkan uang tunai yang anda miliki di muka umum.

Teknologi memang digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Termasuk penggunaan dompet elektronik pada transaksi langsung maupun transaksi online. Bisa menghindari tindakan kejahatan dari pihak lain.

Cerdaslah bertransaksi elektronik, agar anda terhindar dari kejahatan elektonik yang main hari semakin canggih. Jangan takut untuk bertransaksi tetapi tetaplah berhati-hati agar anda aman.

Tetapi penggunaan teknologi haruslah tepat, sehingga dapat memberikan kenyamanan pada anda sebagai pengguna. Termasuk penggunaan uang elektronik pada setiap transaksi yang anda lakukan.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer