Truk Terbesar Di Dunia Ada Apa Saja? Ini Listnya

Advertisement

Karena ukurannya yang seperti monster kemudian memiliki berat sampai belasan hingga ratusan ton, ada beberapa truk yang masuk ke dalam list truk terbesar di dunia. Biasanya orang akan menyebutnya sebagaimana dump truk.

Apabila dibandingkan dengan truk yang dipakai mengangkut batu di jalanan saja rasanya masih belum ada apa-apanya. Karena ukurannya yang cukup besar, tak heran jika truk ini kerap pengguna manfaatkan sebagai kendaraan angkutan dari hasil tambang yang beratnya bisa mencapai ratusan. Berikut daftar truk paling besar tersebut.

Truk Belaz 75710

Truk terbesar di dunia yang pertama merupakan Belaz 75710, di mana truk ini memiliki kapasitas angkut yang dapat mencapai 496 ton. Tak heran jika jenis ini masuk ke dalam truk terbesar di dunia. Truk ini adalah produk dari perusahaan Belarusia yang memang secara khusus membuat kendaraan mengangkut hasil tambang.

Tentang ukuran panjang truk jenis ini mencapai 20,6 meter, lebar sekitar 9, 87 meter, tinggi yang mencapai 8,6 meter dan beratnya sekitar 360 ton. Kelebihan lain dari truk ini adalah memiliki mesin diesel turbo kompresor 16 silinder, sehingga mampu melaju dengan kecepatan 64 km/jam.

Karena ukurannya yang jumbo, tentunya truk memiliki ukuran ban yang besar pula. Truk ini telah hadir lengkap dengan 8 ban michellin. Dengan begitu, truk selalu siap untuk melaju pada medan pertambangan.

Advertisement

Truk Caterpillar-797F

Truk paling besar nomor 2 dinobatkan kepada Caterpillar 797F, karena truk ini bisa mengangkut hasil tambang dengan berat mencapai 400 ton. Namun dalam proses operasinya berat yang diangkut bisa mencapai 687,5 ton.

Dimensi dari truk raksasa ini cukup besar yaitu dengan tinggi 6,52 meter, lebar sekitar 9,75 meter dan panjangnya 14,8 meter. Ini ukup berbeda dengan truk yang pertama, karena pemakaian roda pada truk Caterpillar hanya 6 ban tapi memiliki ukuran yang sama besar.

Mengenai mesinnya sendiri, truk ini menggunakan jenis diesel c175-20 dengan adanya turbo kompresor 4 stroke. Bahkan truk ini telah tersedia dalam transmisi automatic sehingga mampu melaju dengan kecepatan 64 km/jam.

Truk Terex mt 6300 ac

Selanjutnya adalah truk terex mt 6300ac, yang mampu mengangkat berat 400 ton. Truk ini ketika Anda gunakan juga mampu berjalan dengan berat sekitar 660 ton. Memang terbilang cukup besar karena memiliki tinggi 7 92 m dan panjangnya 14,6 m.

Truk ini mampu beroperasi dengan mesin 20 silinder 4 stroke, dan kelengkapan alternatif listrik. Di mana alternatif listrik ini yang sangat berguna untuk menjadi pemasok tenaga yang ada di motor listrik pada bagian belakang. Bahkan mesin ini pun mampu mengeluarkan tenaga sampai 4000 bhp.

Advertisement

Truk Fuso

Berikutnya yang akan dibahas adalah truk Fuso, di mana truk ini panjangnya mencapai 7 meter dengan lebar 2,3 sampai 2,5 meter. Jenis truk ini sendiri mempunyai kapasitas beban angkut yang mencapai 15 ton kisaran volume yang mencapai 29 kubik.

Jenis truk ini kerap kali dipakai di beberapa negara untuk pertambangan, termasuk di Indonesia. Untuk harganya sendiri terbilang cukup terjangkau, apabila mengingat kegunaannya.

 Truk Tronton

Pastinya Anda sudah sering melihat truk tronton di jalanan bukan? Truk ini kurang lebih mempunyai 10 ban. Pada bagian depan terdapat 2 ban sedangkan untuk bagian belakang sekitar 8 ban. Lebar dari truk ini sendiri sekitar 2,2 sampai 2,5 meter. Sedangkan tingginya mampu mencapai 2,5 meter yang berkapasitas muatan sampai 30 ton.

Tronton memiliki berbagai macam jenis, mulai dari truk tronton batu 1 pintu, truk tronton los bak, truk tronton wingbox dan masih banyak lagi.

Truk Liebherr T284

Truk terbesar di dunia berikutnya adalah liebherr T284. Kendaraan ini mampu mengangkat beban berat sekitar 400 ton. Tapi untuk berat kendaraannya sendiri tanpa adanya muatan mencapai 600 ton. Sehingga ketika truk ini digunakan untuk mengangkut hasil pertambangan, dapat mencapai lebih dari 900 ton.

Jenis truk tersebut telah secara khusus dirancang oleh perusahaan liebherr agar bisa kuat ketika berada di Medan pertambangan. Mesin dari truk ini adalah mesin 20 silinder dengan 3750 bhp. Kemudian, laju kecepatan dari truk ini maksimal sekitar 64 km/jam.

Mengenai dimensi dari truk jenis ini hampir sama dengan truk lainnya, yaitu memiliki panjang sekitar 15,6 meter, sedangkan untuk lebarnya 9,6 meter kemudian tingginya sekitar 7,4 meter.

Belaz 75601

Truk terakhir yang akan kita bahas merupakan truk Belaz 75601, yang bisa mengangkat beban barang dengan kapasitas 396 ton. Berat kendaraan tersebut juga mencapai angka 672,4 ton.

Mengenai panjangnya, sekitar 14,9 meter, dan mesin yang dipakai adalah transmisi elektromagnetik dengan jumlah 20 silinder. Salah satu truk terbesar di dunia ini menggunakan 4 stroke V engine diesel sehingga tenaga maksimalnya bisa mencapai 3.500 bhp.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker