Tradisi Unik Lebaran di Tanah Air

Reportasee.com – Tradisi unik lebaran biasanya selalu berulang terjadi dalam sebuah negara. Bahkan Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang terkenal dengan ciri khas perayaan lebaran.

Pasalnya merayakan lebaran sudah menjadi kegiatan turun menurun. Sehingga tak heran jika kegiatan maupun aktivitas tersebut masih sering kita jumpai kala idul fitri tiba.

Setelah selama satu bulan penuh lamanya kita berpuasa, kini saatnya tiba untuk meraih kemenangan. Bulan tersebut pun akan berganti dari Ramdhan menjadi Syawal. Di tanggal 1 Syawal pun sering umat islam peringati menjadi hari raya Idul Fitri.

Perbedaan tradisi yang ada di masing-masing daerah menjadikan tanah air negara meriah perayaannya dari dahulu hingga sekarang. Terdapat banyak tradisi sebagai pertanda lebaran salah satunya adalah bersilaturahmi.

Namun masih ada tradisi unik lebaran lainnya yang bisa menambah pengetahuan anda berikut ini.

Ini Dia Deretan Tradisi Unik Lebaran di Banyak Daerah Indonesia

Ada beberapa kebiasaan masyarakat yang hanya mereka lakukan kala lebaran tiba. Hal inilah yang memicu adanya tradisi unik lebaran dan tidak akan anda dapati pada hari biasanya.

Budaya Mudik

Mudik menempati urutan pertama dalam tradisi unik lebaran di tanah air. Pasti sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya para perantau kerap melakukan tradisi tertentu.

Pasalnya bagi perantau, lebaran merupakan saat paling tepat. Sehingga mereka bisa pulang kampung untuk berkumpul dalam sebuah keluarga besar.

Tak mengeherankan jika mudik menjadi sebuah kewajiban terutama untuk perantau. Biasanya kala Idul Fitri akan tiba, penjualan tiket transportasi umum laris manis di pasaran. Padahal sering kali terjadi kenaikan pada harga daripada di hari biasa.

Tetapi demi berkumpul berama sanak saudara, para perantau tidak mempedulikan pemasalahan tersebut. Terpenting untuk mereka adalah berkumpul dalam keluarga besar. Apalagi tak jarang perantau ini mendapatkan Tunjangan Hari Raya. Sehingga mengeluarkan biaya lebih besar untuk momen tertentu pun tidak apa-apa.

Melakukan Takbir Keliling

Selain mudik, masih ada tradisi unik lebaran lainnya yang sampai sekarang masyarakat lakukan. Yaitu menggemakan takbir perayaan hari lebaran dengan cara berkeliling. Kegiatan berkeliling ini pun biasanya anak-anak kecil, remaja hingga dewasa lakukan.

Malam tiba datangnya hari raya Idul Fitri kerap bertanda berkumandangnya takbir sampai ke belahan dunia manapun. Takbir ini menjadi sebuah pertanda dari kemenangan umat Islam. Pasalnya mereka sudah berhasil menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya.

Sehingga mengumandangkan takbir dengan cara berkeliling sudah menjadi tradisi di tanah air. Biasanya jika di kampung menggunakan kendaraan dengan mengangkut beduk. Tak jarang sekelompok remaja masjid berkeliling dengan jalan kaki saja. Bahkan pernah beberapa kali instansi terkat mengadakan perlombaan seperti ini untuk memeriahkan lebaran.

Memang semua tradisi yang ada saat lebaran tiba sangat identik dengan kemeriahan dan keramaian. Karena itulah masyarakat selalu antusias dalam meramaikannya sebab belum tentu mereka berjumpa lagi dengan lebaran di tahun mendatang.

Serunya Tradisi Saling Membagikan Makanan

Tak sedikit masyarakat di tanah air khususnya di kampung saling mengirimkan makanan buatan mereka kepada orang lain. Inilah menjadikan mengirim makanan sebagai salah satu tradisi unik lebaran. Para warga mengirimkan makanan untuk keluarga terdekat maupun tetangga di satu hari menjelang Idul Fitri.

Tujuan dari tradisi tersebut adalah menjaga tali silaturahmi antar keluarga maupun tetangga sekitar. Tak itu saja, lewat tradisi ini mereka berharap saling membagi kebahagiaan satu sama lain.

Semuanya Serba Baru Menjadi Sebuah Tradisi

Menjadikan semua serba baru memuat tradisi unik lebaran satu ini kerap masyarakat terapkan. Warga Indonesia sering menjalani tradisi yang sangat unik tersebut.

Mereka akan memperbarui semua benda misalnya baju, sepatu, sandal maupun penampilan pun juga. Tak pelak kala lebaran tiba semua toko penuh akan pembeli. Umumnya mereka hendak memakai pakaian sampai peralatan sholat serba baru. Sehingga sesama calon pembeli harus siap berdesakan satu sama lain.

Halal bi Halal di Kalangan Masyarakat

Sering kita jumpai tradisi unik lebaran berikutnya adalh Halal bi halal. Di mana setia warga akan merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat. Setelah perayaan Idul Fitri yang bermula dari sholat Ied, masyarakay akan saling bersalaman.

Maksud dari salaman ini adalah memohon maaf antara mereka. Juga mereka berharap agar seluruh sanak saudara bisa berkumpul di momen lebaran.

Pemberian THR

Tunjangan Hari Raya rupanya masuk ke dalam jejeran tradisi unik lebaran. Sebuah perusahaan atau lembaga tertentu akan mengeluarkan sejumlah uang untuk tunjangan tersebut kepada karyawab. Hal menarik lainnya adalah jika sebuah perusahaan telat dalam membayarkannya, mereka akan mendapatkan sanksi sesuai peraturan berlaku.

Bukan hanya THR dari perusahaan kepada karyawan, bentuk THR ini juga ada di masyarakat. Kerap kita temukan orang-orang dewasa kan memberikan uang kepada anak kecil saat lebaran tiba.

Uniknya lagi, uang tersebut merupakan material baru yang masih kaku. Tak jarang mereka memasukkan ke dalam amplop lucu untuk menyenangkan hati penerima.

Pergi Ziarah ke Makam Keluarga Saat Lebaran

Cara masyarakat merayakan lebaran baik di suatu daerah maupun keluarga berbeda-beda. Perbedaan tersebut ada yang berupa pergi ziarah ke makam keluarga, sanak saudara maupun kerabat. Perlu anda ketahui tak semua keluarga yang sering bersama-sama merayakan lebaran masih hidup.

Jadi tak jarang seseorang pergi ke makam untuk bersama merayakan momen idul Fitri. Tak hanya itu, mereka juga saling memanjatkan doa untuk almarhum yang sudah tiada. Sering kali bentuk tradisi unik lebaran satu ini sebagai peningkat keimanan seseorang. Pasalnya ia akan lebih mengingat kematian yang semakin dekat.

Rekreasi ke Berbagai Tempat Wisaa

Berwisata tak jarang menjadi sebuah tradisi yang masyarakat lakukan dalam momen lebaran. Pasalnya di hari tersebut orang-orang mendapatkan waktu libur cukup panjang. Sehingga berekreasi menjadi kegiatan yang tepat saat lebaran tiba.

Tidak heran kalau seluruh tempat wisata yang ada di daerah sekitar menjadi ramai pengunjung di libur lebaran. Apalagi momen ini hanya datang sekali dalam satu tahun. Juga tak jarang para orang tua menghadiahkan rekreasi sebagai reward sang anak setelah puasa selama satu bulan lamanya.

Tumbilotohe Tradisi Unik di Gorontalo

Masih seputar tradisi unik lebaran, rupanya ada beberapa daerah di Indonesia mempunyai cara tersendiri dalam merayakannya.

Sebagai contoh di Gorontalo, Tumbilotohe menjadi tradisi unik yang mereka selenggarakan saat hari raya idul Fitri.

Dalam tradisi tersebut, bermula di 3 hari sebelum lebaran tiba. Warga Gorontalo di setiap depan rumah mereka akan memasng lampu minyak.

Jumlah lampu yang mereka pasang menyesuaikan dengan total anggota keluarga dalam rumah tersebut. Tradisi satu ini sudah turun temurun warga lakukan hingga sekarang.

Banyaknya tradisi unik lebaran pasti sangat seru kita rayakan setiap tahunnya. Akan tetapi di masa pandemi seperti sekarang ada baiknya anda menunda tradisi berkumpul tersebut dan menggantinya secara virtual.