32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaTips Sukses Jualan Via Online Shop Bagi Pemula

Tips Sukses Jualan Via Online Shop Bagi Pemula

idcloudhost.com

Eksis di dunia online shop membutuhkan strategi dan serta planning yang tepat. Puluhan juta seller atau penjual lain yang juga mencari pelanggan via online membuat persaingan dagang menjadi cukup ketat. Perlu langkah-langkah efektif untuk tetap eksis menjadi pelaku e-commerce, sehingga kita tidak mudah tertinggal oleh perkembangan online shop yang dinamis. 

Online shop di era industri 4.0 merupakan media virtual yang memberikan kemudahan bagi para pebisnis retail untuk menggaet konsumen atau customer. Hadirnya online shop menjadi alternatif yang meringankan beban para pelaku bisnis retail. Baik dari pihak penjual seller maupun customer. 

Online Shop memudahkan pedagang bermodal kecil untuk tetap mampu meraih keuntungan tanpa terbebani biaya untuk menyewa tempat dan tentunya mampu mendapatkan customer dengan jangkauan yang lebih luas. Keuntungan berjualan via online shop juga terbilang lebih besar dibandingkan berjualan secara offline. 

Strategi Berjualan Olshop Bagi Pemula

Tertarik berjualan via online shop? ada baiknya tips-tips berikut Anda kuasai. Disamping untuk meningkatkan pendapatan harian Anda, juga untuk meminimalisir kerugian. Berikut inilah langkah-langkah dasar bagi pemula  

Memilih Platform Online Shop

Sejak era ke-21 berbagai marketplace mulai berkembang dan perlahan mulai merubah kebiasaan masyarakat yang gemar berbelanja offline menjadi berbelanja secara online. Bukalapak, Tokopedia. Shopee. Lazada, Kaskus dan Prelo adalah beberapa online shop yang cukup populer. Akan tetapi, peringkat kepopulerannya terus bergeser setiap tahunnya. Hal ini bergantung pada keramaian lalu lintas jual beli para pengguna aktif di dalamnya. 

Menurut data yang yang dikutip dari website official i-price pada tahun 2019-2021, online shop dengan ranking tertinggi adalah shopee dengan pengguna aktif mencapai 23 juta pengguna. Peringkat berikutnya disusul oleh Lazada, Tokopedia serta Bukalapak dengan pengguna aktif kurang lebih 19-20 juta jiwa. Data ini dapat Anda gunakan untuk memudahkan Anda sebagai seller untuk memilih online shop yang dipandang cukup potensial. 

Pelajari Fitur dan SKU  Online Shop  

Berjualan via online shop memang terlihat cukup sederhana karena hanya mengandalkan ponsel untuk memasarkan produk. Transaksi juga sangat mobile friendly karena dapat dilakukan bahkan hanya dengan sekali click. Namun, perlu kita garis bawahi bahwa setiap online shop fitur-fitur yang berbeda dan SKU atau aturan masing-masing. Sekilas terkesan sepele, tetapi hal ini cukup mempengaruhi performa toko online Anda. 

Baik Shopee, Lazada, tokopedia dan Bukalapak memiliki fitur berbeda yang bisa diakses oleh seller jika seller berhasil mencapai tahap tertentu. Tahapan seller biasanya dimulai dari new biggy atau pengguna baru, star seller, star seller pluss dan seterusnya. Kualitas layanan Anda terhadap customer online serta trafik penjualan Anda akan menentukan tahapan peringkat toko Anda. 

Baca:  Game MMO New World dari Amazon Game Studios Rilis Agustus
Baca:  Mau Memulai Usaha Frozen Food? Begini Caranya

Secara umum, untuk naik ke setiap tahapan dapat Anda lakukan dengan memberikan respon terhadap customer, melakukan iklan, dan mempelajari kata kunci. Ketiga cara tersebut merupakan sebagian kecil langkah yang harus Anda lakukan untuk menaikkan performa toko. Hal utama yang harus dilakukan justru dimulai dari bagaimana Anda menampilkan produk Anda. Anda dapat mempelajari trik desain produk dan tips menyusun deskripsi produk yang baik melalui youtube. 

Perdalam Pengetahuan Tentang Produk Yang Dijual 

Jika Anda menjual produk tertentu, upayakan untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang produk yang Anda jual. Amati bentuk fisik produk, fungsi, manfaat, kelebihan dan kekurangan produk Anda. Sehingga, Anda mudah untuk mempromosikan produk Anda via chat terhadap Customer. Penguasaan terhadap produk juga akan mempermudah Anda untuk mengambil langkah efektif apabila terjadi komplain customer. 

Analisa Toko Saingan 

Sesekali aktivitas menganalisa toko saingan menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Kita membutuhkan informasi tentang perkembangan toko saingan kita untuk mengoreksi kembali online shop kita. Online Shop yang dimiliki pesaing pastinya memiliki perbedaan penampilan dan layanan dengan toko kita. Beberapa poin yang bisa kita amati dari saingan diantaranya adalah tampilan produk, ulasan, deskripsi, hingga kata kunci yang sering digunakan. Kelebihan dan kelemahan dari toko saingan online dapat kita jadikan sebagai acuan untuk mengembangkan online shop kita. 

Kuasai Ilmu Digital Marketing  

Masalah terbanyak yang dialami penjual online shop dimulai dari minimnya penguasaan digital marketing. Seller dituntut mahir dalam menggunakan setiap menu yang tersedia dan memahami proses menampilkan produk. Judul produk dan deskripsi juga tidak bisa ditampilkan secara sembarangan. 

Digital marketing memadukan trik-trik marketing yang difokuskan dengan tampilan digital. Ilmu digital marketing bisa Anda pelajari melalui pelatihan-pelatihan online yang biasanya dilakukan oleh para pelaku e-commerce handal. Proses renovasi toko online, pembuatan promo toko, diskon, serta kata kunci iklan adalah pembahasan utama dalam ilmu digital marketing. Sebanyak 90% kesuksesan Anda dalam dunia online shop ditentukan dari kekonsistenan Anda dalam mempraktikan ilmu digital marketing tersebut. 

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer