32 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021
BerandaBeritaTips Mengatasi Smartphone Lemot

Tips Mengatasi Smartphone Lemot

Reportasee.com – Smartphone merupakan perangkat yang sering digunakan sehari-hari pada masa sekarang. Mungkin lemot bukan menjadi kata favorit bagi mereka yang memiliki gadget seperti smartphone. Beberapa ciri-ciri smartphone lemot yaitu respons sentuh yang lambat atau delay.

Banyak alasan-alasan kenapa smartphone bisa lemot, bisa saja dari faktor software maupun dari hardwarenya. Berikut merupakan pembahasan dari Reportasee mengenai penyebab smartphone lemot dan cara mengatasi hal tersebut.

Aplikasi yang Bermasalah

Hal ini sangat sering ditemukan. Aplikasi android bisa tiba-tiba macet atau berhenti seketika tanpa sebab ketika sedang digunakan.

Hal tersebut biasanya terjadi karena dari awalnya memang bermasalah atau terdapat bugs. Bisa jadi aplikasi tersebut berasal dari situs-situs tertentu dan tidak langsung mendownloadnya melalui Play Store.

Jika kamu mengalami hal ini dan menyebabkan smartphone lemot maka kamu wajib mencoba hal berikut. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan meng-uninstall dan coba unduh kembali. Alangkah baiknya kamu mengunduh aplikasi langsung melalui Play Store.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa aplikasi kamu merupakan versi terbaru dan terbebas dari virus ataupun malware.

Bloatware

Penyebab smartphone lemot selanjutnya masih berkaitan dengan aplikasi. Bloatware merupakan aplikasi bawaan dari smartphone   dan sebagian besar berakhir jarang atau sama sekali tidak digunakan.

Biasanya, jumlah dari aplikasinya juga tidak sedikit, bloatware juga cukup mengganggu dan banyak memakan space penyimpanan. Hal itu menjadi penyebab smartphone menjadi lemot.

Jika kamu ingin menghapus bloatware, kamu bisa langsung tekan dan tahan ikon aplikasinya di pengaturan aplikasi lalu pilih uninstall.

Kamu juga bisa menghapusnya melalui Settings > Apps > pilih aplikasi yang akan kamu hapus > kemudian pilih uninstall. Jika tidak ada opsi uninstall, kamu juga bisa memilih opsi disable, supaya aplikasi tidak berjalan di latar belakang.

Kekurangan RAM

RAM merupakan memori tempat penyimpanan data sementara untuk aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar ukuran RAM, maka semakin banyak pula aplikasi yang bisa kamu jalankan bersamaan atau istilahnya multitasking.

Untuk mengecek status penggunaan RAM, mulailah dari aplikasi apa saja yang memakan banyak RAM dan berapa sisa RAM yang tidak digunakan dengan menuju Developer Options di Settings.

Smartphone lemot biasanya karena penggunaan RAM yang berlebihan dan untuk mengatasinya, kamu bisa menutup jendela multitasking yang sedang berjalan atau cobalah restart kembali HP milikmu.

Penyimpanan Memori Hampir Penuh

Selain penggunaan RAM, penyimpanan memori yang hampir penuh juga merupakan salah satu faktor penyebab smartphone menjadi lemot. Terkadang, beberapa aplikasi seperti media sosial juga menyimpan cukup banyak cache dan sangat boros penyimpanan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membersihkan sampah-sampah atau file yang tidak penting melalui aplikasi seperti Files by Google.

Kamu juga bisa menuju menu Settings > Apps > Aplikasi terkait > Storage > Clear Cache. Supaya tidak menganggu sistem file yang ada di internal, disarankan untuk menyimpan Sebagian besar file di penyimpanan eksternal terlebih dahulu.

Sistem Operasi Belum Update

Setiap hadirnya pembaruan atau update, Android biasanya membawa beberapa peningkatan untuk mengatasi bug atau permasalahan lainya.

Jika smartphone lemot, kemungkinan besar yaitu bukan merupakan masalah dari hardwarenya, melainkan softwarenya. Oleh karena itu, pastikanlah sistem operasi android kamu selalu update dan merupakan versi yang terbaru.

Reset Pabrik

Factory Reset atau reset pabrik yaitu merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengatasi smartphone lemot. Melalui reset pabrik, semua data atau file akan terhapus secara permanen dan menjadikan hp seakan baru.

Ini menjadi jalan terakhir dan terampuh untuk kamu yang sudah pusing dengan lambatnya performa smartphone milikmu dan malas untuk mencoba melakukan cara-cara sebelumnya.

Untuk melakukan reset pabrik sangatlah mudah, kamu bisa menuju menu Settings > General management > Reset > Factory data reset. Sebelum kamu melakukan hal ini, pastikan sudah melakukan backup data-data yang kamu anggap penting dan melepas kartu microSD.

Spesifikasi Smartphone Terlalu Rendah

Terkadang salah satu faktor penyebab lemotnya smartphone bukan dari software yang berat maupun kesalahan aplikasi tersebut. Namun, dari spesifikasi hp tersebut memanglah rendah.

Apalagi jika spesifikasi rendah tersebut dengan OS lawas yang biasanya kurang optimal untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru.

Jika smartphone kamu masih lemot setelah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya namun tidak berdampak apapun, maka saran terkahir adalah dengan mengganti HP. Cobalah membeli smartphone dengan chipset octa-core, RAM 3/4 GB dan penyimpanan memorinya minimal sebesar 64GB.

Ukuran seperti itu sudah cukup baik untuk melakukan aktivitas standar seperti melakukan browsing atau melakukan pekerjaan berat seperti bermain gaming.

Itulah tadi merupakan pembahasan mengenai penyebab smartphone lemot dan cara mengatasinya. Jika kamu mengetahui cara lain jangan sungkan untuk memberikan saran tersebut kepada temanmu yang mempunyai permasalahan dengan smartphonenya.

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Video Mahasiswa KKN UNJA Menghina Desa, Ini Fakta Sebenarnya!

Reportasee.com - Mahasiswa KKN asal Universitas Jambi (UNJA) beberapa waktu lalu sempat...

Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Terpapar Covid-19

Reportasee.com - Bens Leo yang terkenal sebagai pengamat musik sekaligus wartawan meninggal...

Mengetahui Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Reportasee.com - Lambang Pancasila menjadi salah satu informasi penting yang wajib generasi...

Film Rentang Kisah Menjadi Film Terfavorit Penghargaan IMA Awards 2021

Reportasee.com - Film Rentang Kisah merupakan salah satu tayangan populer yang rilis...

Virgil Abloh Direktur Artistik Louis Vuitton Meninggal Dunia Karena Kanker

Reportasee.com - Virgil Abloh meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 28 November...