Tips Memilih Laptop Gaming Berdasarkan Speknya

Berita Viral

Bagi Anda para gamers pasti membutuhkan laptop berkualitas guna menunjang hobi tersebut. Tentunya tidak semua laptop bisa Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi games favorit. Oleh karena itu terdapat beberapa tips memilih laptop gaming yang perlu Anda perhatikan.

Prosesor

Salah satu komponen terpenting pada laptop yaitu prosesor. Bagian ini ibarat sebagai otak dari laptop, sehingga sangat menentukan kinerja dari laptop tersebut. Saat ini prosesor yang biasa tersemat pada laptop gaming yaitu AMD dan Intel.

Kedua prosesor tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Prosesor Intel lebih unggul untuk bermain game dalam durasi lama. Pasalnya intel telah dilengkapi dengan pengontrol temperatur dan suhu yang membuat laptop tidak mudah panas.

Sedangkan, prosesor AMD lebih unggul dalam hal grafis. AMD telah mengeluarkan seri ryzen yang memiliki performa grafis unggul untuk pecinta gaming. Selain itu, AMD lebih baik dalam mengoperasikan aplikasi dengan basis 64 bit dan mampu mendeteksi malware. 

Tipe VGA

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli laptop gaming yaitu tipe VGA. Ini merupakan bagian yang mempengaruhi tampilan game pada suatu laptop.

Namun, yang dimaksud bukan memori pada VGA, melainkan teknologi dan seri dari VGA tersebut.  VGA yang umum tersemat pada laptop gaming saat ini yaitu AMD dan NVidia.

Guna mendapat performa yang maksimal pada laptop gaming, membutuhkan VGA minimal NVidia GTX Series atau Nvidia GeForce GT840. Untuk VGA AMD yaitu mulai seri R7 230 ke atas dan R9 series. Contoh untuk VGA Nvidia GTX Series yaitu GTX950, GTX960, GTX970, serta GTX980. 

Perhatikan RAM

Tips memilih laptop gaming berikutnya yaitu ukuran RAM. Aplikasi game memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar, sehingga Anda perlu membeli laptop dengan RAM besar. Untuk mendukung performa gaming minimal RAM laptop adalah 4 GB.

Semakin besar RAM, kian memudahkan Anda dalam menjalankan aplikasi game. Anda juga perlu memastikan bahwa RAM pada laptop gaming tersebut memiliki slot tambahan sehingga bisa di-upgrade ketika perlu. 

Untuk keperluan gaming umumnya menggunakan jenis RAM DDR3 atau DDR4. Dengan jenis RAM tersebut sudah mendukung dalam menjalankan aplikasi game berat.

Kapasitas Baterai

Baterai merupakan sumber daya dari laptop agar dapat menjalankan kinerjanya. Memilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar sangat penting untuk keperluan gaming. Ini bertujuan agar Anda dapat melakukan permainan game dalam jangka waktu lama.

Game dengan kapasitas berat akan cepat memakan daya baterai. Sebagian besar baterai akan cepat habis sekitar 2 jam. Namun, walau Anda menggunakan laptop dengan kapasitas baterai besar sekalipun, menjalankan aplikasi game akan tetap cepat memakan daya baterai.

Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah baterai ialah dengan membeli laptop yang baterainya bisa Anda lepas. Terdapat dua jenis baterai pada laptop, yaitu bisa terlepas (removable), dan tak dapat terlepas (non removable).

Dengan memilih baterai removable, Anda bisa menggantinya ketika terjadi kerusakan. Mungkin sebagian gamers memilih untuk melepas baterai agar tak perlu memperhatikan daya. Namun, ini bukan pilihan yang tepat karena bisa merusak motherboard laptop ketika  terjadi mati listrik.

Media Penyimpanan

Tips memilih laptop gaming berikutnya yaitu perlu memperhatikan media penyimpanan. Anda harus cari tahu mengenai media penyimpanan yang dibutuhkan. Laptop memiliki tipe penyimpanan hard disk (HDD) atau Solid State Drive (SSD).

Tipe penyimpanan SSD mempunyai kinerja yang sangat cepat dan baik jika digunakan untuk main game. Tapi, kekurangannya terletak pada SSD yang mempunyai kapasitas lebih kecil. Untuk kapasitas yang lebih besar, SSD dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

Resolusi Layar

Semakin besar resolusi layar atau ukuran layar laptop, tentunya dalam bermain game akan menjadi lebih maksimal. Dalam hal ini juga masih berhubungan dengan kualitas VGA yang Anda gunakan.

Resolusi layar minimal untuk laptop gaming adalah FHD 1920X1080. Sedangkan untuk ukuran layar laptop minimal berukuran 15,6 inch. Bila Anda ingin jauh lebih baik lagi Anda bisa pakai 17,3 inch.

Mempunyai Banyak Port

Pilihlah laptop yang mempunyai banyak pilihan port. Contohnya seperti tipe port USB 2.0 dan USB 3.0. Port HDMi dan DSUB harus juga dicek ada atau tidaknya.

Bila Anda ingin menghubungkan laptop gaming dengan monitor yang lebih lebar, port HDMi harus ada. Jika ada port thunderbolt di dalam laptop tersebut dan Anda sangat membutuhkannya, jangan ragu untuk membelinya.

Garansi Laptop

Poin selanjutnya, tips memilih laptop gaming yang perlu Anda perhatikan adalah garansi dari laptop. Setiap produsen laptop menyediakan masa garansi yang relatif berbeda-beda. Ada yang menyediakan hanya satu tahun garansi, ada juga yang dua tahun garansi.

Jika takut laptop rusak dalam dua tahun ke depan, Anda bisa mencari laptop gaming dari produsen yang menyediakan garansi laptop sampai dua tahun lebih.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop gaming. Selain itu, budget juga harus Anda siapkan mengingat laptop gaming relatif lebih mahal daripada laptop untuk bekerja pada umumnya.

Berita Terbaru