Tips Membuat Blog Dengan Mudah

Reportasee.com –Membuat sebuah blog tidak hanya untuk orang-orang yang memahami coding saja. Namun, siapapun dapat dengan mudah membuat blog pribadi melalui bantuan platform CMS. Perkembangan CMS sudah sangat pesat, bahkan sudah bermunculan berbagai macam platform tersebut. CMS sering kali menjadi andalan untuk membuat sebuah blog dengan cepat dan mudah.

Pengertian CMS

CMS (Content Management System) merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengatur konten pada sebuah situs website. Konten tersebut bisa pada website e-commerce, company profile, forum, blog dan lain-lain.

Misalnya, jika pada makanan ada mie instan, maka CMS merupakan pembuatan website secara instan di internet. Kamu tidak perlu khawatir apabila kamu belum memahami bahasa pemrograman sama sekali. Karena, CMS menyediakan berbagai template seperti WordPress yang dapat digunakan dengan mudah.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai tips membuat blog dengan mudah.

Pilihan Platform untuk Membuat Blog

Platform blog merupakan media yang nantinya dapat kamu gunakan untuk mengelola website tersebut. Mulai dari publish hingga optimasi. Nah, pada platform inilah kamu dapat dengan leluasa mengelolanya.

Namun, saat ini sudah bayak platform yang sudah bermunculan. Berikut merupakan beberapa rekomendasi platform blogging yang dapat kamu pertimbangkan.

WordPress.org

Platform ini merupakan software open source yang bisa kamu gunakan dengan gratis. Agar, website kamu bisa live di internet maka kamu membutuhkan layanan hosting dan domain. Setalah itu, kamu bisa menginstallnya secara gratis pada software WordPress.org.

Bisa dibilang, WordPress merupakan CMS yang paling populer saat ini. Penggunanya sudah mencapai 35 persen blog dan website yang sudah tersedia di Internet.

Berikut merupakan alasan kenapa WordPress banyak diminati untuk pembuatan blog:

  • User Friendly
  • Mempunyai Komunitas yang besar
  • Tutorial yang tersedia sangat melimpah
  • Tersedia banyak plugin
  • Memiliki tema yang beragam

Hal tersebut yang membuat kami merekomendasikan WordPress untuk kamu. Meskipun mudah penggunaanya, blog yang dihasilkan juga tidak sembarangan dan bisa dioptimasi dengan maksimal.

Hal itu sudah terbukti oleh beberapa perusahaan yang menggunakan WordPress pada websitenya. Contohnya seperti The Walt Disney, Sony Music, dan Mercedes Benz.

WordPress.com

Berbeda dengan WordPress.org, CMS ini menggunakan server hosting milik WordPress sendiri. Sebenarnya, CMS ini dapat kamu gunakan dengan gratis, namun dengan memakai subdomain bawaan WordPress. Jika kamu pernah melihat website dengan nama blogkamu.wordpress.com, maka itu merupakan ekstensi domain default jika menggunakan platform gratis tersebut.

Meskipun gratis, masih ada beberapa batasan yang bisa kamu perhatikan, seperti:

  • Keamanan yang perlu dioptimalkan
  • Hanya dapat membuat sebuah blog atau website dengan sederhana
  • Tidak bisa melakukan instalasi plugin
  • Belum bisa mengganti tema sendiri
  • Jika kamu ingin melakukan kustomisasi seperti WordPress.org akan dikenakan biaya yang sangat mahal untuk penggantian domain.

Jadi, WordPress.com masih dirasa kurang efektif, karena tidak bisa melakukan kustomisasi secara bebas.

Blogger

Platform blogging ini merupakan milik Google. Hal tersebut, membuat blogger dapat terintegrasi dengan produk-produk google lainya. Contohnya Google AdSense, Analytics, AdWords dan masih banyak lagi.

Jika kamu menggunakan platform ini kamu akan memiliki domain.blogspot.com. contohnya namakamu.blogspot.com.

Meskipun ramah dalam penggunaanya, tapia da beberapa fitur yang masih kurang lengkap jika dibandingkan dengan WordPress, seperti:

  • Tidak mempunyai banyak plugin
  • Segala isi pada blog adalah milik blogger, kamu tidak mempunyai hak penuh atas situs yang kamu miliki.
  • Template yang tersedia terbatas
  • Belum memiliki tag untuk menandai tulisan
  • Sering bermasalah pada update user interface dashboard
  • Mengurangi kepercayaan pengguna jika menggunakan domain.blogspot.com

Weebly

Platform ini memungkinkan kamu untuk membuat website dengan mudah. Hal itu karena Weebly mempunyai fitur yang mudah yaitu drag and drop. Namun, platform ini tidak membutuhkan usaha untuk SEO, itu karena tidak banyak pilihan untuk melakukan optimasi. Berbeda dengan WordPress yang bisa lebih maksimal dengan bantuan plugin.

Tips Mudah Membuat Blog Pribadi

Memilih Niche Blog

Niche Blog merupakan topik atau tema khusus untuk blog. Jadi, kamu hanya perlu fokus untuk membuat konten dengan tema-tema yang sesuai.

Hal ini akan berpengaruh agar web yang kamu miliki dapat dengan mudah dikenali oleh pengguna dan bisa dijadikan referensi dalam topik tertentu. Hasilnya, traffic blog akan meningkat dan akan dengan mudah untuk melakukan monetisasi dan endorsement.

Memilih Layanan dan Jenis Hosting yang Tepat

Hosting merupakan sebuah tempat untuk menaruh semua file blog yang kita miliki. Dalam memilih layanan hosting tidak boleh sembarangan. Karena, akan mempengaruhi performa pada blog. Jadi, pilihlah layanan hosting yang terpercaya.

Menentukan Nama Domain

Domain merupakan alamat yang digunakan untuk mengakses blog kamu. Contohnya, Reportasee yang mempunyai nama domain www.reportasee.com. Hal tersebut yang membuat kami sangat merekomendasikan WordPress.org, karena bisa menentukan dengan bebas nama domain.

Berbeda dengan Blogspot dan WordPress.com yang mempunyai default ekstensi untuk domain, seperti blogkamu.blogspot.com atau blogkamu.wordpress.com. untuk upgrade domain juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kesimpulan

Hanya dengan ketiga langkah di atas, kamu sudah bisa membuat blog sendiri dengan cepat. Meskipun masih ada beberapa hal yang bisa kamu optimasikan kembali. Namun, ketiga hal tersebut sudah cukup agar blog kamu bisa segera live di internet.