Terkait Rancangan RTRW, Ini Kata Bupati Ciamis

0
394
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya

Reportasee.com – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut, pemerintah harus jeli dalam mengkaji potensi pembangunan yang ada di Kabupaten Ciamis.

Proyeksi rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) harus matang, dengan asumsi dampak strategis untuk perkembangan perekonomian masyarakat.

“Heriat menekankan kepada dinas untuk jeli dan mengkaji terus peluang terbaik dalam rancangan RTRW agar dapat berdampak baik bagi masyarakat.

Baca : Linmas di Ciamis Diminta Siaga Bencana

Bukan hanya dua atau empat tahun, namun dampaknya untuk puluhan tahun kedepan,” jelas Herdiat ketika ditemui, Senin (16/9/2019).

Herdiat menjelaskan, Bandara Internasional Kertajati di perbatasan Majalengka dan Ciamis akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat Kecamatan Panawangan.

Menurut Herdiat, harus segera dibentuk konsep pembangunan Industri besar di Panumbangan dan Sukamantri.

Baca : Satpol PP Ciamis Lakukan Operasi Pekat Ramadhan

“Harus diprioritaskan. Karena letaknya berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, jangan hanya industri kecil,” ucapnya.

Selain itu, Herdiat menyoroti pembangunan Tol Cigatas yang akan dibangun sampai Kabupaten Cilacap. Namun hingga sekarang, belum ada kepastian letak pembuatan exit tol di wilayah Ciamis.

“Dengan melihat peluang tersebut, tentu kita ingin kedepan di kawasan exit tol akan dibangun kawasan industri besar,” tuturnya.

Baca : Satpol PP Ciamis Lakukan Operasi Pekat Ramadhan

Terkait RTRW, Herdiat menegaskan alih fungsi lahan produksi di Gunung Sawal menjadi hutan konservasi. Tentunya dengan mempertimbangkan alam untuk generasi muda Kabupaten Ciamis kedepan.

“Kita tengah mengkaji usulan alih fungsi lahan tersebut. Pemerintah Kabupaten Ciamis sangat menyadari pentingnya penghijauan demi anak cucu kita nanti,” tegasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here