Telapak Kaki Sakit, Ketahui Penyebabnya Bagi Kesehatan

telapak kaki sakit
ilustrasi telapak kaki sakit (foto: dokter)

Reportasee.com – Telapak kaki sakit, umumnya terjadi jika Anda terlalu lama saat berdiri. Akan tetapi, kebanyakan orang sering mengabaikan kondisi ini. Tak sedikit yang beranggapan bahwa hal itu akan sembuh dengan sendirinya.

Padahal, meskipun hanya masalah kaki sakit, bukan berarti Anda remehkan begitu saja. Karena, bisa jadi rasa sakit itu sebagai pertanda adanya gangguan kesehatan yang justru lebih serius.

Anda tentu harus mengetahui apa saja penyebab dari telapak kaki yang sakit. Hal itu perlu Anda pahami agar mampu mengetahui gejala serta cara mengatasinya.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mengetahui bagaimana dan kapan rasa sakit itu akan muncul. Hal tersebut bermanfaat untuk mempermudah dokter melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Penyebab Telapak Kaki Sakit

Berdiri yang terlalu lama memang sering membuat telapak kaki terasa sakit. Meski demikian, hal itu tentu tidak boleh Anda abaikan maupun anggap remeh.

Telapak kaki yang sakit jelas akan sangat mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang sering berjalan ataupun olahraga lari.

Rasa sakit pada telapa kaki biasanya terjadi karena adanya bentuk struktur dari kaki Anda sendiri. Berawal dari bentuk tersebut muncul gangguan berbagai jaringan pada kaki. Jaringan pada kaki termasuk otot, tulang, ligamen, kulit, atau saraf yang menjadi penyebab dari rasa sakit.

Agar Anda memahami lebih lanjut, berikut ini penyebab umum yang memicu rasa sakit pada telapak kaki sakit.

Metatarsalgia

Pada kondisi ini munculnya rasa sakit berupa terasa terbakar atau nyeri pada area depan kaki. Secara medis biasanya terkenal dengan sebutan metatarsalgia. Jenis gangguan ini jika Anda biarkan akan semakin memburuk.

Beberapa gangguan ini terjadi saat si penderita sering melakukan jalan-jalan atau memiliki berat badan berlebih. Sering melakukan olahraga berat, dan memakai sepatu sempit dalam waktu lama juga rentan dengan gangguan ini.

Pada umumnya, gangguan ini menyerang lansia yang lebih rentan mengalaminya. Cara penanganannya  dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Anda bisa menggunakan obat pereda rasa sakit, mengompresnya dengan es, dan istirahat. Selain itu, Anda juga perlu memakai sepatu khusus yang dapat menopang kaki dengan baik.

Bunion

Gangguan ini terjadi dengan munculnya benjolan tulang pada sendi jari jempol. Hal itu bisa juga menandakan penyebab dari telapak kaki sakit. Keadaan ini sering medis sebut dengan nama bunion atau bintal kaki. Hal ini biasanya terjadi saat jempol kaki Anda sedang menekan jari kaki yang lainnya.

Adapun ciri umum pada bunion ini yaitu dengan adanya rasa sakit dan kulit yang memerah. Kulit memerah itu berada di atas tonjolan sendi jempol kaki. Penggunaan sepatu yang kesempitan juga bisa menjadi pemicu terbentuknya gejala bunion. Penyebab lain yang mungkin menjadi penyebab bunion yakni cacat bawaan pada struktur kaki atau terkena penyakit arthritis.

Keseleo dan Tegang Otot

Banyaknya keluhan orang mengenai sakit telapak kaki yaitu akibat dari keseleo dan otot yang terasa tegang. Pada umumnya, cedera seperti ini bisa terjadi saat seseorang sedang mengubah arah. Baik itu kecepatan yang secara tiba-tiba, adanya tabrakan saat olahraga, atau kondisi jatuh.

Sakit pada kaki akibat keseleo atau otot tegang biasanya akan mengalami beberapa kondisi. Kondisi tersebut seperti memar, pembengkakan, nyeri, bahkan mengalami pincang sehingga kesulitan berjalan.

Gout Arthritis

Telapak kaki yang sakit juga dapat terjadi akibat dari penumpukan kristal dari asam urat pada sendi yang  mengalami suatu peradangan. Pada kondisi sakit seperti ini sering kali menyerang secara tiba-tiba serta rasa sakit yang luar biasa.

Baca:  Pedagang Abon Sapi di Ciamis Dapat Pesanan Banyak Jelang Bulan Ramadhan

Sendi yang mengalami sakitnya akan terasa panas dan juga membengkak. Kondisi ini umumnya tidak akan membaik jika Anda biarkan begitu saja. Bahkan saat Anda lakukan istirahat sekalipun. Gout perlu mendapatkan penanganan dengan memberikan obat pereda sakit. Anda juga dapat mengobatinya dengan kompres es pada area yang sakit.

Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada pria daripada para wanita. Tetapi, hal itu bukan berarti wanita tidak bisa mengalami gangguan gout. Seorang wanita pun kemungkinan akan menjadi lebih rawan terkena gout setelah mereka mengalami menopause.

Rheumatoid Arthritis

Pada gangguan ini rheumatoid arthritis terjadi karena adanya peradangan kronik. Peradangan terjadi biasanya akan menyerang sendi kecil yang terdapat pada tangan dan kaki Hal itu juga akan menyebabkan pembengkakan pada sendinya.

Pembengkakan tersebut akan mengakibatkan rasa nyeri. Terlebih jika Anda biarkan terjadi pengikisan tulangnya dan kelainan pada bentuk sendi Anda. Masalah ini juga terjadi akibat adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya pada sandi saja, ada pula jaringan lainnya yang akan mengalami peradangan pada rheumatoid arthritis. Area yang mengalami peradangan antara lain kulit, mata, paru-paru, dan pembuluh darah. Kelompok paling rentan yang mengalami kondisi ini yaitu perempuan. Khususnya perempuan yang telah memasuki usia 40 tahun ke atas.

Kapalan

Seringnya mengalami kontak langsung dengan tanah maupun lantai bisa membuat lapisan telapak kaki Anda menebal. Lapisan yang terlalu tebal ini mengakibatkan terjadinya kapalan. Meskipun hal tersebut adalah suatu mekanisme kulit yang berfungsi sebagai pelindung diri. Kulit yang tebal itu dapat melindungi dari gesekan dan tekanan. Namun, terkadang kondisi kapalan ini malah membuat telapak kaki menjadi sakit.

Anda tentu bisa mencegah gangguan ini dengan menghindari aktivitas atau sepatu yang mengakibatkan kaki kapalan. Menggunakan sepatu yang berukuran sesuai serta nyaman akan mampu mencegah terjadinya kapalan.

Jika Anda sedang mengalami diabetes, gangguan kaki ini tidak boleh Anda anggap remeh. Karena aliran darahnya bisa menjadi buruk pada pasien diabetes sehingga memicu terjadi komplikasi. Komplikasi yang terjadi dapat berupa infeksi dan ulkus akibat gesekan.

Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

Flat feet atau telapak kaki yang datar termasuk salah satu penyebab dari rasa sakit pada telapak kaki. Kondisi ini terjadi saat tidak ada celah antara kaki dengan lantai saat Anda sedang berdiri.

Secara umum, telapak kaki terdapat lengkungan yang berfungsi sebagai pegas saat kaki akan melangkah. Selain itu, fungsinya dapat membantu dalam mendistribusikan berat badan ke seluruh kaki dan tungkai.

Pada telapak kaki yang datar, distribusi berat badan pun tidak merata sehingga sepatu lebih cepat using. Adapun cara mengatasi flat feet yaitu dengan menggunakan bola golf. Letakkan bola golf di bawah kaki dan gulingkan ke depan dan belakang khususnya pada lengkungan kaki. Lakukan selama 2 menit untuk meregangkan kaki.

Kondisi maupun gangguan yang dapat mengakibatkan telapak kaki terasa sakit penting Anda ketahui dan waspadai. Segera periksakan dan konsultasikan kepada dokter jika mengalami kondisi tersebut. Anda perlu mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak terjadi hal yang membahayakan. Dengan pengobatan yang tepat Anda pun akan nyaman melakukan aktivitas sehari-hari.