22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaKalahkan Everton, Impian Chelsea ke Liga Champions Kian Dekat

Kalahkan Everton, Impian Chelsea ke Liga Champions Kian Dekat

Chelsea sukses menumbangkan Everton dalam partai Premier League 2020/2021 matchday ke-28 yang dihelat di Stamford Bridge, Selasa (9/3/2021) dinihari WIB.

The Blues terus menjaga asa bermain Liga Champions musim depan karena mereka mengoleksi poin 50 dan berada posisi keempat klasemen Liga Inggris.

Persaingan untuk memperebutkan posisi empat besar ini sebenarnya sangat sengit. Karena, Chelsea hanya unggul dua poin saja dari West Ham United yang berada di urutan kelima klasemen sementara.

Meski begitu, West Ham memainkan satu pertandingan lebih sedikit dari Chelsea. Seandainya The Hammers berhasil memenangkan laga simpanan mereka, maka posisi Chelsea dari empat besar akan tergusur.

Sama halnya dengan West Ham, Everton dan Tottenham Hotspur juga mempunyai satu pertandingan tersimpan. Sekarang ini, Everton ada di urutan keenam dengan poin 46. Sedangkan Tottenham di urutan ketujuh dengan poin 45.

Sementara itu, posisi kedelapan dihuni oleh Liverpool yang mengumpulkan 43 poin dari 28 kali bertanding. Meski Liverpool tertinggal jauh dari Chelsea, namun kesempatan The Reds untuk menembus empat besar masih cukup terbuka.

Adapun Arsenal masih tidak beranjak dari posisi ke-10 klasemen Liga Inggris. Meraih hasil imbang dengan skor 1-1 melawan Burnley di pertandingan terakhir membuat The Gunners kini baru mengoleksi 38 poin.

Arsenal sebenarnya masih bisa meramaikan persaingan menuju empat besar. Akan tetapi, peluang tersebut sangatlah tipis. Apalagi, banyak klub rival yang ikut meramaikan persaingan.

Beralih ke papan atas, Manchester City masih duduk nyaman di posisi puncak dengan perolehan poin 65. Meski kalah dengan skor 0-2 dari Manchester United di laga terakhir, namun posisi The Citizens tetap tidak tergeser.

Sementara itu, Man United sendiri masih mempertahankan posisinya di urutan kedua. Sekarang ini The Red Devils tertinggal sembilan poin dari Manchester City.

Manchester United juga patut waspada karena Leicester City bisa saja menggusur mereka sewaktu-waktu. Sebab, Leicester ada di posisi ketiga dengan hanya tertinggal satu poin dari Man United.

Solidnya Pertahanan Chelsea

Kedatangan Thomas Tuchel, Chelsea langsung mengganti formasi mereka menjadi menggunakan tiga pemain di lini belakang. Perubahan ini pun membuahkan hasil.

Dalam 11 pertandingan sejak dibesut Tuchel, Chelsea tercatat hanya kebobolan dua gol, salah satunya dari bunuh diri Antonio Rudiger.

Bahkan, Chelsea era Tuchel hingga kini sama sekali belum pernah kebobolan dalam lima laga kandang pentas Premier League.

Performa Impresif Dua Wing-Back

Ada faktor lain yang membuat Chelsea bisa mengalahkan Everton adalah apiknya penampilan yang ditunjukkan dua wing-back mereka, yakni Reece James dan Marcos Alonso.

James yang mengisi pos wing-back kanan tampil impresif dengan mencatatkan diri sebagai pemain tersering yang melakukan dribble sukses, yakni enam kali.

Sementara itu, Alonso di sisi kiri juga tercatat menjadi pemain yang paling sering menciptakan peluang (4 kali) dan melepas dua tembakan tepat sasaran.

Revolusi Sukses Thomas Tuchel

Sejak awal kedatangannya, Thomas Tuchel benar-benar mampu mengubah Chelsea, baik lewat formasi, takti hingga filosofi bermainnya.

Chelsea era Tuchel kini lebih mengutamakan solidnya pertahanan dan meningkatkan efektivitas mereka di lini depan.

Meski kini Chelsea lebih sedikit mencetak gol, tetapi mereka juga jarang sekali kebobolan. Penampilan efektif inilah yang menjadi kunci kesuksesan The Blues.

Berikut fakta super Thomas Tuchel di Chelsea vs Everton :

Pertama, Sejak lantik menjadi pelatih Chelsea, Tuchel sudah menjalani sembilan laga Liga Inggris tanpa kalah dengan rincian enam kali menang dan tiga kali imbang.

Dibandingkan pelatih lain, catatan Tuchel tersebut hanya kalah dari Maurizio Sarri dan Frank Clark. Sarri pernah memimpin Chelsea tak terkalahkan dalam 12 laga Premier League.

Sementara Clark tak terkalahkan bersama Nottingham Forrest dalam 11 laga Liga Inggris.

Kedua, kemenangan 2-0 Chelsea atas Everton memastikan Tuchel sebagai satu-satunya pelatih di Liga Inggris yang bisa mencatat clean sheet dalam lima pertandingan kandang pertama.

Sementara bagi Chelsea catatan lima clean sheet beruntun di kandang kali ini merupakan yang pertama sejak Januari 2015.

Ketiga, sejak Tuchel tiba di Chelsea, tidak ada kiper yang di lima liga top Eropa yang bisa mencatatkan tujuh clean sheet seperti yang dibukukan Edouard Mendy.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular