Teknologi & Sistem Pengenalan Wajah Buat Kurangi Tindak Kejahatan

0
656
UK Face Recognition Detecting Crimes
Facial Recognition System at the Airport. People carrying luggage.

Reportasee.com,- Sungguh tidak mudah untuk memberantas tidak kejahatan yang banyak terjadi di dunia. Saat ini memang banyak negara yang bersusah payah, untuk melakukan inovasi teknologi dalam menangani hal ini.

Salah satunya adalah dengan menciptakan sistem pengenalan wajah, pada kamera yang dipasang di sudut jalan. Dan sistem ini telah diberlakukan di Negara Inggris.

Awalnya memang banyak orang yang ragu akan hal ini. Bahkan teknologi pengenalan wajah ini masih terbilang baru di negara maju seperti Inggris. Dengan demikian hal ini patut untuk didiskusikan dan ditindaklanjuti.

Menunjang efektifitas keamanan di negara Inggris, menggunakan alat ini memang tidak begitu mudah. Hanya saja pihak kepolisian memang membutuhkan adaptasi, untuk menjadi lebih handal dalam menggunakan teknologi sistem pengenalan wajah ini.

Demi mendapatkan hasil yang lebih baik, untuk menjaga keselamatan umat manusia, yang saat ini mengalami banyak permasalahan tindak kejahatan di jalanan.

Baca:   Daftar Harga HP Oppo dan Spesifikasi Bulan Juni 2019

Mulainya Pemberlakuan Sistem Pengenalan Wajah di Jalanan Inggris

Sebetulnya, sistem pengenalan wajah di Inggris memang belum lama diberlakukan. Semua itu masih dalam tahap uji coba bagi pihak keamanan setempat. Bahkan sistem ini diharapkan, untuk mengurangi tindak kejahatan yang belum lama ini semakin meningkat.

Sehingga beberapa pihak keamanan setempat berpendapat, bahwa teknologi pengenalan wajah untuk keamanan memang patut dicoba menggunakan sistem teknologi yang canggih, demi menunjang keselamatan umat manusia.

Inggris yang notabenenya masuk ke dalam negara maju, memang masih banyak mengalami masalah yang terkait dengan tindak kriminal.

Dengan demkian hal ini memicu pemerintah di Inggris untuk melakukan sebuah inovasi teknologi. Teknologi pengenalan wajah ini akan sangat efisien ketika digunakan untuk mengenali seseorang yang melakukan tindak kejahatan.

Hingga saat ini, sistem pengenalan wajah sudah diberlakukan, dengan menaruh beberapa kamera pada sudut jalan di Inggris.

Dengan demikian pihak keamanan setempat tidak perlu lagi bersusah payah untuk melihat kertas, ketika ada seseorang yang memang sedang dicari oleh pihak kepolisian.

Baca:   NASA Kennedy Berencana Lelehkan Debu Bulan

Saat ini kepolisian di Inggris Raya, sudah bisa melakukan kontrol atas tindak kejahatan hanya dengan melihat dari kamera yang terpasang di sudut jalan.

Dengan demikian teknologi pengenalan wajah dan komputerisasi ini, bisa mempercepat proses penangkapan, untuk beberapa orang yang memang sudah terbukti melakukan pelanggaran.

Penuh Pro dan Kontra Dari Masyarakat

Dilansir dari sebuah video yang diposting oleh situs pemberitaan ternama, BBC News, nyatanya pemberlakuan sistem pengenalan wajah ini menuai banyak pro dan kontra dari masyarakat.

Pastinya banyak orang yang merasakan hal positif dari diberlakukannya teknologi pengenalan wajah ini, dengan keamanan yang dijamin akan lebih baik dari yang sebelumnya.

Dengan demikian banyak warga di Inggris, yang memberikan pujian kepada petugas kepolisian yang berhasil menemukan teknologi ini.

Baca:   Samsung Galaxy A30 dan Galaxy A50, Inilah Spesifikasinya

Dilihat kembali dari sisi pihak lainnya, ternyata ada saja yang tidak setuju dengan sistem pengenalan wajah ini. Dengan ditunjukannya video yang tersebar, banyak warga yang merasa privasinya terganggu.

Hal ini juga dijawab oleh pihak kepolisian setempat, bahwasannya orang tersebut memang terbukti untuk melakukan tindak kejahatan.

Semua catatan kriminalnya sudah terpampang pada layar kamera, sehingga memudahkan petugas untuk melakukan introgasi dan penangkapan.

Bahkan sebagian orang yang diberhentikan oleh petugas ketika berjalan, banyak yang meluapkan emosinya karena tidak setuju.

Berhasil Menangkap Beberapa Pelaku Penindak Kejahatan

Tentunya teknologi pengenalan wajah ini berhasil membantu petugas kepolisian di Inggris, yang saat ini banyak mengalami maslah, untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak kejahatan.

Sistem pengenalan wajah yang mulai diberlakukan secara perlahan ini, hasilnya cukup memuaskan dengan kemampuannya untuk menangkap beberapa pelaku tindak kejahatan. Dengan demikian, kemajuan teknologi memang dapat begitu berarti bagi keamanan umat manusia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.