Tari Gandrung Meriahkan Porprov VI Jatim 2019

0
58
Ratusan Penari Gandrung Sedang Menari
Foto : Ratusan Penari Gandrung

Tari gandrung telah terpilih sebagai tarian pembuka pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (06/07/2019).

Melansir dari Beritajatim.com, Sabtu (06/07/2019), Opening Ceremony olahraga multievent tersebut dimeriahkan oleh tari gandrung yang berasal dari Kota Banyuwangi.

Pada kegiatan tersebut, warga Banyuwangi patut bangga karena salah satu keseniannya terpilih sebagai tarian upacara pembuka dalam pesta olahraga multievent tersebut, walaupun tidak semua penari berasal dari Bumi Blambangan, Banyuwangi.

Kabarnya, kurang lebih 500 pelajar se-Kabupaten Lamongan dikerahkan untuk membawakan tari gandrung pada pesta tersebut.

Pra Acara Porprov 2019

Koordinator Koreografer Pembukaan Porprov VI Jatim 2019, Yuyun X. P. menegaskan, rencana awal, ada sejumlah 2.000 penari yang telah terdata untuk memeriahkan acara tersebut.

Beberapa dari mereka adalah 500 penari Kita Langsung Juara, 500 penari Jatim Cetar Luar Biasa dan 1.000 penari Boran.

“Garapan adalah salah satu versi terbaru yang akan dikolaborasikan dengan tari gandrung. Sejauh ini mereka sungguh senang melakukannya,” kata Yuyun, Jumat (05/07/2019).

Ia juga menambahkan, Kita Langsung Juara adalah bentuk refleksi dari para peserta Porprov VI Jatim 2019.

Jatim Cetar Luar Biasa adalah keragaman budaya dan adat di Provinsi Jawa Timur. Sedangkan Boran merupakan wujud dari makanan khas asal Lamongan.

Berbagai Persiapan yang Dilakukan

Yuyun beserta timnya telah melakukan berbagai macam persiapan demi kelancaran olahraga multievent itu.

Salah satu hal yang mereka lakukan yaitu mengundang para seniman tari di berbagai Universitas terbaik Indonesia, antara lain Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Universitas Negeri Surabaya.

“Latihan tari gandrung tersebut tidak terlalu ketat, kami hanya melakukan 15 kali latihan termasuk gladi bersih. Penari Boran sudah berpengalaman, sedangkan yang lain masih dalam tahap belajar,” tandas Yuyun.

Pelajar SMAN 1 Lamongan, Ikrima terpilih sebagai salah satu penari yang berperan sebagai penari Boran.

Boran akan diperkenalkan pada publik saat acara berlangsung demi meningkatkan perekonomian para penjual makanan tersebut. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here