Tanda Unik Bencana Alam Wajib Kita Ketahui

0
353
Tanda Unik Bencana Alam Wajib Kita Ketahui
Foto : Tanda Unik

Tanda unik sebelum terjadinya bencana alam mulai dari gempa bumi, tsunami dan lain sebagainya wajib kita ketahui. Peringatan itu menunjukkan bahwa penduduk Bumi harus lebih waspada di tahun-tahun berikutnya.

Melansir dari laman OKENEWS, Minggu (28/07/2019), tanda unik sebelum para penduduk mengalami bencana besar harus diwaspadai. Hal ini berkaitan dengan usia Bumi yang hingga kini semakin menua.

Seperti beberapa waktu lalu, Bali telah mengalami gempa bumi dengan magnitudo 5. Meski begitu, tak ada korban jiwa yang terdata hingga saat ini.

Menurut seorang ahli tsunami dari Bandan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko. Ia menyebut, masing-masing wilayah memiliki ketidaksamaan dalam mengalami potensi gempa bumi dan bencana lainnya.

“Masing-masing daerah sudah memiliki potensi tersendiri. Sedangkan ancaman bencana alam yang dialaminya sangat unik,” ujar Widjo.

Tanda unik yang perlu diketahui sudah pasti mereka pahami sejak dini mulai dari mempersiapkan alat medis, barang berharga, sandang pangan dan lain-lain.

Karakteristik Tanda Unik Bencana Alam

Widjo menegaskan, tanda unik bencana alam memiliki ciri-ciri yang berbeda di setiap daerah. Hal ini bisa disimpulkan seperti bentuk topografi, sudut kemiringan daerah yang rawan terkena bencana besar.

“Apabila di daerah itu memiliki tinggi, luas dan lain sebagainya. Dengan ini, mitigasi di daerah tersebut tak kan sama dengan yang lainnya,” pungkasnya.

Ciri-ciri inilah yang paling wajib untuk diketahui demi melancarkan proses evakuasi saat bencana alam itu datang secara tiba-tiba.

Terlepas dari itu, ia pun juga menyebut bahwa tanda-tanda terjadinya awal bencana memiliki potensi besar terhadap masing-masing daerah.

Penanggulangan Bencana Besar

Widjo mengkaji secara dalam, setiap daerah sering melaporkan keadaannya terkait kemungkinan terjadinya tsunami, gempa bumi hingga awan aneh.

“Namun secara keseluruhan, laporan itu masih tidak begitu valid. Karena memang setiap hari cuaca tidak bisa diprediksi apakah akan turun hujan atau cerah berawan,” tegas Widjo.

Untuk menanggulangi peringatan terjadinya bencana alam, ia meminta para penduduk Bumi harus lebih waspada di setiap harinya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here