32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaTanaman Herbal Untuk Darah Tinggi yang Ampuh, Berikut Daftarnya!

Tanaman Herbal Untuk Darah Tinggi yang Ampuh, Berikut Daftarnya!

Reportasee.com – Tanaman herbal untuk darah tinggi ada banyak pilihannya yang terbukti cukup ampuh. Tanaman herbal ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah risiko yang lebih fatal. Termasuk terjadinya risiko komplikasi penyakit yang mematikan.

Berdasarkan WHO atau World Health Organization, angka penderita darah tinggi semakin terus meningkat. Pada tahun 1975, terdapat sekitar 594 juta orang dewasa menderita tekanan darah tinggi. Sedangkan pada 2015, penderita darah tinggi telah mencapai lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia.

Hal itu membuktikan bahwa banyak orang yang mengalami penyakit ini. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui penyebab dan obat herbalnya untuk menurunkan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu gangguan kondisi yang banyak terjadi pada masyarakat. Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi ini tentunya dapat menimbulkan beragam penyakit berbahaya.

Kondisi tekanan darah tinggi juga terkenal dengan sebutan hipertensi. Hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah pada arteri meningkat. Hal ini akan mengakibatkan kerja jantung ikut mengalami peningkatan.

Saat otot jantung mengalami kontraksi maka akan meningkatkan skala pada tekanan darah sehingga menjadi sistole (bacaan atas). Namun, jika otot jantung sedang relaksasi, maka akan memberikan bacaan bawah (diastole).

Tekanan darah dapat kita ketahui berdasarkan dengan pengukuran. Pada ukuran normal, tekanan darah mencapai sekitar 100–140 mmHg pada sistolik dan untuk diastolik sekitar 60–90 mmHg. Jika mengalami tekanan darah 140/90 mmHg atau bahkan lebih, maka segera periksakan diri ke dokter.

Anda bisa memanfaatkan beberapa macam tanaman herbal untuk mengatasi kondisi ini. Pemanfaatan dari tanaman herbal ini bahkan bisa Anda olah menjadi campuran bahan beberapa makanan yang lezat.

Darah tinggi termasuk jenis penyakit yang tidak bisa kita anggap remeh. Penyakit ini bisa memicu sejumlah penyakit berbahaya lainnya jika tidak segera teratasi dengan hati-hati. Karena itu, penting sekali mengetahui apa saja faktor penyebabnya dari sejak dini.

Daftar Herbal Penurun Darah Tinggi

Tanaman herbal untuk darah tinggi memang tersedia di bumi untuk membantu menurunkan hipertensi. Meski demikian, kita tak boleh asal dalam mengonsumsi berbagai jenis herbalnya. Sebab, herbal alami tersebut juga terdapat efek samping yang harus kita waspadai.

Sama seperti tanaman herbal lainnya, tanaman herbal untuk mengobati darah tinggi tidak bisa Anda jadikan pengobatan utama. Bagi penderita darah tinggi, maka sangat penting untuk berkonsultasi kepada dokter untuk pengobatan yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu menjalani pola hidup yang sehat dalam aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi juga harus Anda lakukan agar tubuh tetap sehat.

Darah tinggi dapat menyebabkan timbulnya beragam penyakit berbahaya sebagai akibat dari kondisi ini. Beberapa contoh penyakit seperti penyakit jantung serta stroke yang berbahaya hingga berdampak pada kematian.

Lantas, apa saja jenis tanaman herbal untuk penurun darah tinggi yang ampuh? Yuk, simak selengkapnya beberapa pilihan herbal tanaman terbaik untuk mengontrol tekanan darah seperti berikut ini.

Seledri

Tanaman seledri ini umumnya yang sering kita gunakan sebagai tambahan menu makanan. Bagi sebagian orang mungkin tak pernah mengetahui manfaat baik dari tanaman ini. Ternyata seledri ini terdapat kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Lembaga penelitian pun menyebutkan bahwa seledri mampu menurunkan tekanan darah serta meluruhkan air seni.

Seledri memang terdapat kandungan apigenin yakni sebagai beta bloger. Kandungan tersebut berfungsi untuk menurunkan kontraksi jantung serta memperlambat detak jantung. Dengan begitu, aliran darah pun kembali menjadi normal.

Baca:  Buah Kaya Antioksidan, Bikin Anda Sehat dan Awet Muda

Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan apiin. Senyawa ini bermanfaat untuk membantu ginjal mengeluarkan kelebihan cairan serta tekanan darah menurun.

Pegagan

Tanaman herbal penurun darah tinggi selanjutnya yaitu tanaman pegagan. Anda bisa memanfaatkan pegagan ini sebagai tanaman herbal untuk menurunkan darah tinggi. Faktanya, anaman pegagan ini mampu membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca:  Mesin Pencari Sebelum Google, Apa Saja?

Bahkan, pegagan banyak orang gunakan sebagai obat atau ramuan tradisional daerah Banten serta Jawa Barat. Pemanfaatan dari khasiat tanaman ini mampu menurunkan tekanan darah dan juga mengobati sakit kepala.

Hal yang membuktikan manfaat dari pegagan ini, Anda dapat mengetahui kandungan di dalamnya. Pagagan memiliki kandungan asiatikosid sebagai zat aktif yang berperan melancarkan aliran darah. Zat tersebut juga dapat meningkatkan mikrosirkulasi sehingga berdampak pada penurunan permeabilitas kapiler.

Percobaan dari ramuan tradisional ini telah terbukti dengan cara mencampurkan etanol dengan pegagan pada akuabides.

Temulawak

Herbal berikutnya untuk penurun darah tinggi yang cukup ampuh yakni temulawak. Temulawak ini termasuk jenis tanaman herbal yang banyak orang gunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Herbal ini terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi untuk melindungi endotel vascular.

Anda dapat membuktikan bagaimana khasiat temulawak untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Maka Anda dapat mengombinasikan ramuan ini dengan tanaman herbal lainnya seperti pegagan, seledri, meniran, kunyit serta kumis kucing.

Bawang Putih

Khasiat bawang putih memang tak perlu Anda ragukan lagi. Selain sebagai bumbu pada masakan, bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Bawang putih ini dapat membantu tubuh memproduksi nitrogen oksida lebih banyak agar mencegah ketegangan pembuluh darah. Oleh sebab itu, bawang putih ini mampu mengatasi gangguan hipertensi.

Daun Basil

Herbal penurun darah tinggi juga tentunya dapat Anda rasakan khasiatnya dari daun basil. Tanaman herbal ini mungkin sedikit kurang populer daripada jenis tanaman obat lainnya. Hal menarik dari daun basil ini memiliki aroma yang mirip dengan daun kemangi namun ukuran daunnya lebih besar.

Anda dapat merasakan manfaat daun basil ini untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang sering mengganggu. Karena, tanaman herbal ini terdapat kandungan eugenol yang fungsinya mampu menyempitkan pembuluh darah.

Kapulaga

Jenis tanaman herbal berikutnya untuk mengatasi tekanan darah adalah tanaman kapulaga. Anda bisa memanfaatkan kapulaga ini sebagai tanaman herbal yang terbukti cocok sebagai obat penurun darah tinggi. Penelitian pun telah melakukan riset dengan menggunakan tanaman herbal ini. Hasilnya menunjukkan bahwa telah terbukti 20 orang penderita hipertensi menggunakan kapulaga selama 12 minggu. 

Untuk cara penggunaan tanaman ini bisa Anda lakukan dengan beragam pilihan. Salah satunya yaitu dengan memasukkan biji kapulaga pada makanan semur. Anda juga bisa mencampurkan kapulaga ini pada sup atau makanan panggang.

Tanaman herbal memang memiliki kandungan senyawa yang baik dalam mengontrol tekanan darah. Herbal ini juga kaya akan nutrisi yang baik untuk imunitas tubuh agar tetap sehat.

Selain pengobatan herbal, Anda perlu melakukan cara pencegahan pada hipertensi. Cara mencegahnya antara lain olahraga, mengurangi asupan garam dan makanan berlemak. Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol.

Demikianlah ragam manfaat dari jenis herbal penurun darah tinggi yang ampuh. Anda bisa mencoba menerapkan tanaman herbal tersebut sebagai obat tradisional.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer