Tahap Pemakaian Skincare Berikut Wajib Dipahami

0
22
tahap pemakaian skincare

Anda pasti setuju jika kulit yang kusam dan kering tentu akan membuat seseoran menjadi kurang percaya diri bukan? Jangan khawatir, untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan skincare agar kulit tetap terawat. Nah, berikut ini merupakan beberapa tahap pemakaian skincare yang benar.

Gunakan Sabun Pencuci Muka / Cleanser di Pagi dan Malam Hari

Tahapan pertama yang sudah harus Anda lakukan saat di pagi hari tak lain yaitu membersihkan kulit wajah terlebih dahulu. Proses pembersihan di sini awalnya memang menggunakan sabun pencuci muka atau cleanser agar hasilnya nanti lebih maksimal. Ini juga berlaku untuk malam hari.

Langkah yang utama ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, sebab hal ini merupakan ritual wajib yang mau tak mau memang harus diikuti. Satu hal yang perlu diingat yaitu jangan gunakan cleansing wipe maupun tisu basah, sebab hasil yang didapat nanti justru tidak maksimal.

Berbicara mengenai sabun pencuci muka, tentunya sudah banyak sekali produk yang beredar di pasaran. Untuk itu, Anda harus jeli ketika memilih produk tersebut. Pastikan bahwa produk yang Anda pilih mengandung water-based cleanser dan oil based cleanser.

Kembalikan Kadar pH Dengan Menggunakan Toner

Setelah mengawali pagi hari dan mengakhiri malam dengan mencuci muka, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menggunakan toner. Fungsi toner di sini pada dasarnya untuk mengembalikan kelembapan pada kulit wajah Anda.

Perlu ditekankan bahwa pada tahap cleansing tadi kelembapan pada kulit wajah sangat lah rentan hilang. Maka dari itu, toner sangat mempunyai peranan penting di sini. Agar kulit wajah tidak iritasi, maka alangkah lebih baiknya gunakan toner bebas alkohol saja.

Kecilkan Pori-Pori Wajah Yang Besar Dengan Menggunakan Serum

Peran serum di sini tidak boleh dianggap remeh, mengingat besarnya manfaat yang dimilikinya, yaitu dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Jika Anda mengalami masalah kulit yang sama persis dengan itu, maka tahap pemakaian skincare yang ke tiga ini sangat direkomendasikan.

Tentunya ada banyak sekali produk atau merk serum yang tersedia di pasaran. Bahkan, beberapa di antaranya pun memang sengaja disesuaikan dengan permasalah kulit yang tengah dihadapi. Hal ini tak lain karena serum mengatasi permasalahan lapisan kulit secara spesifik.

Penggunaan serum ini tidak hanya dilakukan saat pagi hari saja. Melainkan, Anda lebih utama untuk Anda aplikasikan pada malam hari agar pori-pori wajah cepat mengecil. Caranya pun sangat gampang, Anda cukup meneteskannya ke telapak tangan lalu tepuk ke wajah secara perlahan.

Lakukan Perawatan Khusus Di Area Mata Menggunakan Eye Cream

Tahukah Anda bahwa kulit di area mata sendiri ternyata jauh lebih tipis jika Anda bandingkan dengan permukaan wajah yang lain? Hal tersebut lah yang mendasari mengapa banyak sekali produk skincare yang menyarankan penggunanya untuk menghindari daerah di sekitar mata.

Apabila di sekitar bagian mata Anda agak sensitif, jangan heran jika muncul beberapa garis kecil dan sangat sulit untuk menghilang dengan sendirinya. Apalagi jika di bagian tersebut terkena skincare dengan kandungan yang agak berat, maka sebaiknya gunakan eye cream saja untuk mengatasinya.

Pengaplikasian eye cream ini penting karena bahan produksi atau pembuatannya sendiri memang lebih ringan jika daripada dengan skincare lainnya. Dengan begitu, eye cream pun aman ketika Anda gunakan untuk perawatan kulit.

Gunakan Moisturizer / Pelembab Setiap Harinya

Keberadaan moisturizer atau lebih sering kita sebut dengan nama pelembab ini ternyata mempunyai peran yang sangat besar untuk kulit wajah. Kegunaan dari moisturizer ini tak lain manfaatnya sebagai pelembab agar wajah Anda senantiasa dalam keadaan halus dan sehat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa untuk mengaplikasikan tahap pemakaian skincare ke empat ini setiap harinya. Apalagi jika Anda tidak melakukan aktivitas di luar rumah, pelembab ini sangat kulit wajah butuhkan untuk mengembalikan kadar pH agar menjadi normal.

Selain itu, gunakan pelembab ini ketika di malam hari juga agar mencegah masalah kulit wajah seperti penuaan, kerutan, dan pigmentasi. Biasanya pelembab atau krim khusus untuk malam hari akan lebih padat karena terbuat dari bahan aktif untuk memperbaiki masalah kulit tersebut.

Pakai Sleep Pack / Sunscreen

Tahap pemakaian skincare terakhir yang harus Anda lakukan agar kulit wajah tetap terawat dan bercahaya adalah dengan menggunakan sunscreen atau sleep pack. Sesuai dengan namanya, Anda wajib memakai sunscreen ini di pagi hari dan sleep pack di malam hari, tepatnya ketika akan tidur.

Fungsi sunscreen ini tak lain untuk melindungi kulit wajah dari pancaran sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit. Sebisa mungkin, gunakan saja suncreen yang mempunyai SPF minimal 30 dan PA +++ karena lebih aman bagi kulit wajah.

Mudah bukan sebenarnya tahap dalam pemakaian skincare ini. Jika ingin wajah terawat, terapkan dengan baik ya.