Suzuki Jimny Generasi Terbaru, Begini Hasil Tes Kecepatannya

0
226
Suzuki Jimny generasi terbaru
Foto : Suzuki Jimny (Mobil123.com)

OTOMOTIF,- Suzuki Jimny generasi terbaru sudah menjalani pengujian akselerasi. Baik yang menggunakan transmisi manual maupun transmisi otomatis. Tentu saja, girboks jenis pertama ini lebih kencang. Selisihnya mencapai sekitar lebih dari 3 detik untuk jarak 0-100 km/jam.

All-New Jimny merupakan model terbaru Suzuki yang kini paling ditunggu di Indonesia. Rencananya, PT. Suzuki Indomobil Indonesia (SIS) sudah memastikan bakal meluncurkan All-New Jimnu pada Bulan Juli 2019. Peluncuran itu bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Bocoran harga All-New Jimy adalah sekitar Rp. 315 sampai 330 juta. Suzuki juga memastikan model All-New Jimny akan dirakit di Indonesia.

Negara yang sudah mendapatkan Suzuki generasi terbaru terlebih dahulu adalah Australia. Disana, sudah ada sejumlah pihak yang melaksanan test drive lebih mendalam. Pada 13 Mei lalu, video pengujian akselerasi Jimny terbaru di Australa diaplod ke akun YouTube Performance Drive.

Unit Suzuki Generasi Terbaru yang diuji merupakan spesifikasi untuk negara tersebut. kemungkinan, suzuki yang dikeluarkan disana mempunyai perbedaan dengan spesifikasi suzuki di Indonesia. Baik dari sisi teknis, produksi tenaga maupun aksesoris.

Di Australia, Jimny generasi terbaru menerapkan mesin 1.5-liter naturally aspirated 4 silinder dengan daya 101 hp dan torsi 130 Nm. Tenaga itu disalurkan terhadap empat roda melalui girboks lima akselerasi manual atau empat akselerasi otomatis.

Performance Drive memakai alat khusus untuk menguji berbagai aspek. Diantaranya akselerasi 0-60 km/jam, 0-100 km/jam, hingga 60-110 km/jam. Dari hasil pengetesan yang dilakukan, akselerasi 0-60 km/jam memerlukan waktu sekitar 5,42 detik untuk transmisi manual. Sedangkan untuk transmisi otomatis, membutuhkan sekitar 6,19 detik.

Sedangkan untuk 0-100 km/jam, catatan yang diperoleh adalah 12,02 detik untuk transmisi manual, dan transmisi otomatis 15,15 detik. Kemampuan lari 60-110 km/jam sendiri adalah 8,89 detik untuk manual. Sebaliknya, untuk otomatis 12,29 detik.

Performance Drive juga mencaritahu soal jarak pengereman 100-0 km/jam sampai waktu yang diperlukan. Hasilnya, untuk otomatis 3,94 detik dengan jarak 50,17 meter. Tidak sampai disana, pengujian tingkat kebisingan juga dilakukan pada dua transmisi otomatis.

Suzuki Jimny Generasi Terbaru Nasibnya Belum Jelas

Suzuki masih belum menjelaskan secara pasti mengenai waktu peluncuran Jimny generasi terbaru di Indonesia. Padahal, Jimny generasi teranyar ini sangat ditunggu-tunggu di Indonesia. Soalnya, bagi pecinta fanatik, Jimny memiliki model yang terbilang ikonik di dunia.

Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, mengaku tidak bisa memberikan banyak komentar mengenai Jimny generasi teranyar. Namun begitu, Jimny terbaru sudah dikabarkan sejak Juli tahun lalu.

Jimny terbaru memiliki dua varian, yakni Jimny dengan mesin kecil ditambah turbo. Jenis yang ini ditujukan untuk pasar Jepang. Varian kedua yakni Jimny Sierra dengan mesin bensin 1,5 liter.

Obil jenis SUV (Sport utility vehicle legendaris ini sudah masuk pasar Jepang dan sejumlah negara Eropa. Di nega-negara Asia, pemasaran Suzuki Jimny teranyar diawali di Thailand, awal Maret lalu. Harga jualnya di kisaran Rp. 700 juta.  

Dalam even Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, PT. SIS sendiri memamerkan Suzuki Jimny ini. Sebelumnya, PT. SIS menyatakan mobil tersebut akan dipasarkan di Indonesia. Bahkan termasuk perakitannya dilakukan di Indonesia.

Ketidakterbukaan PT. SIS mengenai kabar terbaru All-New Jimny ini memunculkan kesan jika mobil tersebut sepertinya batal dipasarkan di Indonesia. Bisa jadi, alasannya banyak faktor.

Misalnya, mobil jenis ini kurang mendapat respon pasar. Atau bahkan permintaan terlalu tinggi. Pasalnya, pada GIIAS 2017 saja, permintaan mobil keluaran Suzuki membludak, melebihi kuota yang ditargetkan.  

Alasan selanjutnya, Suzuki pernah menyatakan bahwa faktor kebijakan pemerintah terkait peraturan pajak penjualan barang mewah (PPnBM), juga menjadi pertimbangan. Pertimbangan untuk memproduksi mobil di Indonesia. ***

Sumber: Mobil123.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here