Sue, Fosil T-Rex Terlengkap yang Pernah Ditemukan

0
100
Sue, Fosil T-Rex Terlengkap yang Pernah Ditemukan
Foto : Sue, Fosil T-Rex

Reportasee.com,- Sue adalah fosil T-Rex terlengkap yang Pernah ditemukan. Kini, fosil tersebut diabadikan di Field Museum of Natural History, Chicago, USA. Para pengunjung dapat mengetahui detail tulang tersebut secara nyata.

Melansir dari Kompas.com, Selasa (13/08/2019), Sue telah dikenal sebagai fosil spesimen Tyrannosaurus rex paling besar dan paling lengkap. Fosil ini juga memiliki julukan dengan sebutan “FMNH-PR 2081.”

Fosil itu ditemukan selama musim panas pada 1990 oleh ahli paleontologi, Sue Hendrickson di Ceyenne River Indian Reservation, di bagian barat South Dakota, dekat dengan kota Faith.

Fosil itu memiliki panjang 12,3 meter dan berdiri di ketinggian 3,66 meter. Diperkirakan beratnya sekitar 6,4 hingga 10,2 metrik ton ketika masih hidup.

Penemuan ini diikuti oleh Black Hills Institute setelah melakukan ekspedisi tahun 1990 yang mencari fosil di daerah tersebut.

Penemuan Sue

Penemuan itu sebenarnya terjadi pada hari terakhir ekspedisi. Tim sudah menemukan tulang Edmontosaurus dan siap untuk pergi ketika mereka melihat ban kempes di truk mereka.

Sebagian dari tim pergi untuk memperbaiki truk ketika Hendrickson memberikan pandangan terakhir pada beberapa tebing terdekat yang belum pernah diperiksa oleh siapa pun.

Ketika Hendrickson berjalan menuruni dasar tebing, dia melihat potongan-potongan kecil tulang, yang merupakan petunjuk pertama bahwa ini bisa menjadi penemuan yang signifikan.

Dia melanjutkan untuk memeriksa dari mana tulang itu berasal dan melihat struktur tulang yang lebih besar menonjol dari dinding tebing. Ia melaporkan penemuannya ke seluruh tim dan kesimpulannya adalah bahwa kemungkinan besar itu tulang-tulang T-Rex.

Pengabadian Sue

Perselisihan besar mengenai kepemilikan sah fosil itu terjadi taruhan 1990-an. Ternyata Black Hills Institute hanya membayar izin dari pemilik tanah, Maurice Williams demi memindahkan dan membersihkannya untuk penjualan selanjutnya.

Williams, anggota suku Sioux telah membawa kasus ini ke pengadilan untuk membuktikan kepemilikan hukumnya. Setelah itu, Williams membuat kontrak dengan Sotheby untuk melelang sisa-sisa fosil.

Di tahun 1997, Field Museum di Chicago mengambil kesempatan itu dan mencari dukungan dana untuk membeli jasadnya senilai US $ 7,6 juta. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here