29.3 C
Indonesia
Kamis, Desember 5, 2019
No menu items!

Sue, Fosil T-Rex Terlengkap yang Pernah Ditemukan

Wajib Baca

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh...

Reportasee.com,- Sue adalah fosil T-Rex terlengkap yang Pernah ditemukan. Kini, fosil tersebut diabadikan di Field Museum of Natural History, Chicago, USA. Para pengunjung dapat mengetahui detail tulang tersebut secara nyata.

Melansir dari Kompas.com, Selasa (13/08/2019), Sue telah dikenal sebagai fosil spesimen Tyrannosaurus rex paling besar dan paling lengkap. Fosil ini juga memiliki julukan dengan sebutan “FMNH-PR 2081.”

Fosil itu ditemukan selama musim panas pada 1990 oleh ahli paleontologi, Sue Hendrickson di Ceyenne River Indian Reservation, di bagian barat South Dakota, dekat dengan kota Faith.

Fosil itu memiliki panjang 12,3 meter dan berdiri di ketinggian 3,66 meter. Diperkirakan beratnya sekitar 6,4 hingga 10,2 metrik ton ketika masih hidup.

Penemuan ini diikuti oleh Black Hills Institute setelah melakukan ekspedisi tahun 1990 yang mencari fosil di daerah tersebut.

Penemuan Sue

Penemuan itu sebenarnya terjadi pada hari terakhir ekspedisi. Tim sudah menemukan tulang Edmontosaurus dan siap untuk pergi ketika mereka melihat ban kempes di truk mereka.

Sebagian dari tim pergi untuk memperbaiki truk ketika Hendrickson memberikan pandangan terakhir pada beberapa tebing terdekat yang belum pernah diperiksa oleh siapa pun.

Ketika Hendrickson berjalan menuruni dasar tebing, dia melihat potongan-potongan kecil tulang, yang merupakan petunjuk pertama bahwa ini bisa menjadi penemuan yang signifikan.

Dia melanjutkan untuk memeriksa dari mana tulang itu berasal dan melihat struktur tulang yang lebih besar menonjol dari dinding tebing. Ia melaporkan penemuannya ke seluruh tim dan kesimpulannya adalah bahwa kemungkinan besar itu tulang-tulang T-Rex.

Pengabadian Sue

Perselisihan besar mengenai kepemilikan sah fosil itu terjadi taruhan 1990-an. Ternyata Black Hills Institute hanya membayar izin dari pemilik tanah, Maurice Williams demi memindahkan dan membersihkannya untuk penjualan selanjutnya.

Williams, anggota suku Sioux telah membawa kasus ini ke pengadilan untuk membuktikan kepemilikan hukumnya. Setelah itu, Williams membuat kontrak dengan Sotheby untuk melelang sisa-sisa fosil.

Di tahun 1997, Field Museum di Chicago mengambil kesempatan itu dan mencari dukungan dana untuk membeli jasadnya senilai US $ 7,6 juta. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...

Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut

Reportasee.com, Jakarta, - Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut. realme baru-baru ini merilis smartphone Realme X2 Pro. Perusahaan...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -