SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

0
215
SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Reportasee.com – Untuk menciptakan generasi produktif, SMKN 2 Ciamis melakukan sinkronisasi kurikulum bersama industri yang kemudian melahirkan program studi 4 tahun.

Kurikulum disesuaikan dengan sistem edukasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan kebutuhan keterampilan Dunia Industri (Duni) di Bidang Interior dan Furnitur.

Ketua Program Pendidikan Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur SMKN 2 Ciamis, Asep Nurdin, mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama atau MoU kerja.

“Setelah singkronisasi, lahirlah program studi 4 tahun. Siswa akan langsung diterima magang di perusahaan,” ucapnya, Selasa (25/02/2020)

Asep menjelaskan, untuk jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur ada 34 siswa pada angkatan pertama.

Teknisnya, siswa SMKN 2 Ciamis menjalani pendidikan dengan basis kurikulum yang sudah disepakati sesuai kebutuhan industri. Kemudian mengikuti Ujian Nasional terlebih dahulu.

Selanjutnya, siswa akan mendapat pembekalan selama 2 bulan di sekolah, dilanjutkan magang di perusahaan selama sekitar 8 bulan.

“Setelah magang, siswa akan diberi pilihan untuk melanjutkan bekerja di perusahaan dengan bekal pengalaman kerja selama magang,” ucapnya

“Bisa juga melanjutkan ke perguruan tinggi di Politeknik, dengan klaim mata kuliah yang dapat disesuaikan. Tidak usah ngontrak lagi mata kuliah yang sudah dipelajari di SMK,” paparnya.

Asep menuturkan, kesepakatan dengan pihak industri didasari peraturan pemerintah terkait usia karyawan magang.

Sebelum Ujian Nasional, memang rata-rata usia dibawah 17-18 tahun, sehingga riskan bagi perusahaan untuk menerima karyawan magang.

“Maka dari itu, kita rancang metode terbaik agar talenta kerja, siswa SMKN 2 Ciamis, yang dibutuhkan dunia industri dapat tersalurkan,” ungkapnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.