Sistem Android 12, Simak Kecanggihan dan Fitur Terbaru

Reportasee.com – Sistem Android 12 secara resmi meluncur dalam sebuah ajang bernama Google I/O. Ajang tersebut berlangsung di hari ini tanggal 19 Mei 2021. Android 12 menghadirkan tampilan antarmuka yang segar dan pastinya terbaru.

Bahkan muncul klaim bahwa tampilan dari Android 12 ini terdapat perombakan besar daripada versi sebelumnya. VP of product Management menuturkan mengenai Android 12 ini. Berupa pembuatan versi terbaru tersebut berdaskan pada semua yang orang suka pada android.

Selain itu pembuatan juga berfokus pada ponsel yang sifatnya pribadi. Juga menjadi sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Karena itulah Google pun mengembangkan sistem operasi yang aman baik secara default maupun pribadi.

Kategori tersebut pun berupa desain sehingga semua perangkat mampu bekerja lebih baik bersama-sama. Samat selaku VP of Produk Management menegaskan bahwa sistem Android 12 terdapat perubahan dalam kisaran terbesar sepanjang sejarang. Pasalnya tim pengembang memikirkan semua aspek untuk perubahan tersebut.

Mulai dari pengalaman sebelumnya, warna, cahaya, bentuk sampai gerakan. Sehingga menghasilkan Android 12 mempunyai banyak kelebihan. Seperti lebih dinamis, ekspresif serta personal daripada versi sebelumnya.

Fitur Baru yang Hadir Dalam Sistem Android 12

Versi sistem android 12 yang Google rilis bukanlah akhir melainkan masih status beta preview. Android 12 ini membawa banyak pembaruan baik dari segi desain maupun fitur. Sehingga kedua kategori yang ada di sistem terbaru ini belum ada pada pendahulunya yakni Android 11.

Material ‘You’

Dalam ajang yang Google gelar yakmi I/O 2021, pihak perusahaan pun mengkonfirmasi mengenai desain. Pasalnya desain yang ada di sistem tersebut akan mengalami perombakan dalam segi visual terbesar. Bahkan perubahan ini sangat besar yang mereka lakukan beberapa tahun terakhir.

Pada sistem android terkini membawa perubahan dari segi desain terbaru. Desain tersebut lebih minimalis serta warna yang bervariasi. Google sendiri menyebut untuk bahasa desain terbaru yang ada di Android 12 bernama ‘Material You’.

Lewat pembaruan tersebut, saat pengguna tengah memilih salah satu wallpaper akan terdapat perubahan. Nantinya sistem secara otomatis akan menyesuaikan warna pada pane sesuai dengan warna dominan.

Misalnya saja ketika user menggunakan sebuaj wallpaper dengan warna hijau dominan. Secara otomatis warna panel beserta menu pun berubah menjadi hijau seperti wallpaper.

Panel Terbaru

Selain itu, sistem Android 12 juga akan membawa tampilan baru. Quick Tiles akan menjadi menu dengan tampilan baru pada sistem tersebut. Saat penguna menggulirkan bilah notifikasi ke awah bawah, anda akan menemukan deretan menu bentuk kotak. Hal ini tentu saja berbeda dengan bulat seperti pendahulunya di Android 11.

Sedangkan dalam menu pull-down, area notifikasi pun berubah. Area notifikasi tersbebut pun tidak lagi transparan dan berganti dengan warna yang lebih solid. Tetu saja, warna yang tampil bergantung pada tema yang pengguna terapkan di sana.

Privasi Menjadi Fitur yang mengalami peningkatan

Perusahaan google rupanya menyematkan sejumlah fitur privasi. Sejumlah fitur privasi terbaru yang ada di dalam aplikasi pun mempunyai tujuan. Hal ini bertujuan utuk memberikan pengguna transaparasi serta control terhadap data privasi mereka.

Privacy Dashboard Fitur

Ada juga sebuah fitur dalam sistem Android 12 bernama Privacy Dashboard. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi. Adapun informasi tersebut berupa seberapa banyak aplikasi yang user akses seperti lokasi, mikrofon, maupun kamera selama 24 jam terakhir.

Selain itu fitur ini juga menawarkan opsi lain. Berupa izin sementara maupun menolak izin sebuah aplikasi yang hendak mengakses suatu data dalam ponsel.

Notifikasi Dengan Desain Baru

Perkembangan dan pembaruan yang ada dalam Android 12 juga termasuk dalam desain notifikasi. Perusahaan mengungkapkan bahwa hal tersebut mereka lakukan dengan tujuan. Adapun tujuan tersebut adalah supaya notifikasi lebih fungsional dan pastinya modern.

Sehingga google pun juga meningkatkan kinerja dari sistem android terbaru mereka. Sistem ini pun membuat perangkat ponsel lebih responsive daripada sebelumnya. Bahkan pengguna bisa saja langsung masuk ke sebuah aplikasi ketik saat mengetuk notifikasi yang ada.

Koneksi WIFI Berbagi Dengan Mudah

Sebelum versi ini, jika anda hendak berbagi koneksi WIFi dengan pengguna lain maka harus membuat sebuah kode QR dulu. Akan tetapi di Android 12 kini semakin mudah. Penguna hanya perlu menekan opsi Nearby di dalamnya.

Kemudian akan muncul kode QR secara otomatis. Dengan begitu, anda bisa saling berkirim kredensial WiFi kepada siapa saja sesuai pilihan.

Mode Berupa Satu Tangan

Perubahan yang ada dalam sistem Android 12 pun termasuk antarmuka. Sehingga pengguna pun bisa mudah mengoperasikan ponsel dengan satu tangan. Nama lainnya adalah one handed mode.

Pada one handed mode tersebut, antarmuka dalam Android 12 akan secara vertical mengecil. Sehingga bagian bawah layar ponsel pun kian kecil. Tetapi kalau pengguna ingin kembali pada mode normal, hanya mengusap swipe ke atas saja. Bisa juga dengan mengetuk bidang kosong di atas one handed mode yang tengah berjalan.

Ponsel Pintar yang Mendapat Android 12 Beta

Beberapa pemilik ponsel pintar kini sudah bisa mencoba versi beta dari OS terkini Google. Sistem android 12 kini sudah tersedia pada ponsel pintar Google Pixel. Terlebih untuk Pixel seri 3 ke atas. Meskipun begitu, sejumlah merek ponsel pintar lain juga bisa memasang sistem android terbaru ini.

Beberapa ponsel yang kebagian mulai dari Pixel 3, 3 Xl. Kemudian Pixel 3A, 3A XL juga Pixel 4, 4 XL. Berikutnya adalah Pixel 4A, 4A 5 G dan Pixel 5. Sedangkan merk lain seperti Asus Zenfone 8 serta OnePlus 9, 9 Pro.

Ada juga Oppo Find X3 Pro dengan model CPH2173. Kemudian TCL 20 Pro 5G juga Vivo iQOO7. Serial Xiaomi pun tak kalah mulai dari Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11i, Mi 11X Pro. Lalu ada ZTE Axon 30 Ultra 5G.

Beberapa model terkini dari Realme, Tecno juga Sharp pun bisa mencicipinya. Terdapat cara tersendiri agar pengguna bisa menginstal Android 12.  Untuk para user Google Pixel, anda bisa mengunjungi halaman ini guna mendaftarkan ponsel pintar tersebut.

Sebelum mengunjungi situs, ada baiknya mengecek terlebih dahulu apakah ponsel sudah memenuhi persyaratan. Caranya adalah dengan menekan View your eligible devices. Sesudah melakukan pendaftaran, pengguna akan menerima notif untuk memasang android 12.

Kalau hendak memasang secara manual, user dapat membuka pengaturan kemudian ketuk system lalu system update dan check for update.

Sementara itu, untuk ponsel pintar merek lainnya kunjungi laman ini. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada sebagai langkah lebih lanjut. Hal ini karena proses instalasi dari sistem Android 12 berbeda-beda tergantung pada merek ponsel pintar tersebut.

Sekarang langsung saja mengecek apakah ponsel pintar milik anda bisa menginstal sistem android 12 atau tidak. Kalau bisa, coba sendiri bagaimana fitur terbaru akan bekerja memudahkan pengguna.