Ooh! Ini Penyebab Sirkuit Sentul Perlu Dibenahi

0
213
Ooh! Ini Penyebab Sirkuit Sentul Perlu Dibenahi

NASIONAL,- Sirkuit Sentul kini dianggap kurang layak untuk pagelaran even bergengsi berskala internasional. Buktinya, Dorna, sebagai penyelenggara balapan MotoGP di Indonesia, lebih melirik Sirkuit Mandalika, Lombok, untuk even tersebut.   

Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul, Tinton Soeprapto, di sela rapat kerja Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta, Rabu (27/03/2019), meminta pemerintah bersama-sama masyarakat untuk membenahi Sirkuit internasional ini.

“Sirkuit Sentul itu milik masyarakat Indonesia, perlu dijaga dan dibenahi,” katanya.

Tinton mengaku pernah mengajukan Sirkuit ini untuk balapan MotoGP 2020 kepada pemerintah. Tapi justru even MotoGP 2021 hasilnya diarahkan ke Sirkuit Mandalika, Lombok.  

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, berharap pemerintah memaksimalkan potensi Sirkuit internasional Sentul, yang ada di Kabupaten Bogor. Diapun mendukung statement yang disampaikan ayah dari Ananda Mikola.

Menurut Edi, Sirkuit Sentul perlu suntikan anggaran, karena kondisi trek aspal saat ini kurang memadai. Pihaknya pun menyarankan agar IMI bersama-sama dengan Komite Olahraga Nasional (ONI) Jakarta, menyusun Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan mengajukannya ke APBD.

Namun demikian, Edi tidak menyangkal jika model trek yang ada di Sirkuit Sentul sudah ketinggalan zaman. Untuk itu, Edi mengaku akan berkordinasi dengan pemerintah untuk memperjuangkannya.

Sejarah Sirkuit Sentul

Sirkuit balap berskala Internasional ini terletak di wilayah Desa Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sirkuit ini seringkali dipakai untuk even balap motor, Asian F3, A1 Grand Prix, GP2 Asia dan tercatat pernah jadi tuan rumah MotoGP.

Hutomo Mandala Putra, putra dari (alm) Mantan Presiden Republik Indonesia, H. M. Soeharto, merupakan salah satu tokoh pelopor yang menggawangi pembangunan Sirkuit Sentul.

Sirkuit yang panjang sekitar 4,12 kilometer ini awalnya diharapkan menjadi lokasi penyelenggaraan even Formula 1. Tapi sayang, krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997 merubah segalanya.

Namun, Sirkuit ini masih sempat dipakai untuk even Asian Formula 3 Super Series, A1 Grand Prix, seri Asia Talent Cup, Asia Road Racing Championship. Kini, Sirkuit Sentul masih digunakan untuk even otomotif, seperti ajang balap motor dan ajang balap mobil ISSOM. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here