Sejarah Singkat Cincin Saturnus yang Menakjubkan

0
1224
Sejarah Singkat Cincin Saturnus yang Menakjubkan
Foto : Cincin Saturnus

Reportasee.com,- Cincin Saturnus mungkin terlihat seperti fixture permanen planet. Namun, analisis baru tentang cincin terungkap bagaimana dan kapan itu dibuat dan berapa lama itu akan bertahan.

Melansir dari Astronomy, Minggu (25/08/2019), para astronom penjelajah waktu dapat mengamati cincin Saturnus yang hingga kini masih diperdebatkan. Yang mana cincin itu telah ada sejak permulaan tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

Banyak yang bermimpi tentang apa yang akan mereka lakukan seandainya mereka punya mesin waktu. Beberapa akan melakukan perjalanan 100 juta tahun yang lalu ketika dinosaurus menjelajahi Bumi.

Baca:   Jupiter Muda Dihantam Planet yang Baru Lahir

Meski begitu, tidak banyak yang akan berpikir untuk membawa teleskop demi mengamati cincin Saturnus apakah asli atau tambahan baru.

Beberapa astronom menyebut bahwa cincin itu terbentuk ketika asteroid Chicxulub memusnahkan dinosaurus sekitar miliaran tahun silam.

Baca :  Para Astronom NASA Temukan Planet Baru

Pandangan Tentang Cincin Saturnus

Ketika Galileo Galilei pertama kali mengamati cincin Saturnus melalui teleskopnya pada tahun 1610, ia masih berjemur dalam ketenaran dalam menemukan Jupiter.

Baca:   Asteroid Raksasa Diperkirakan Bakal Menembus Bumi

Tapi Saturnus membuatnya bingung. Mengintip planet ini melalui teleskopnya, pertama-tama ia memandangnya sebagai sebuah planet dengan 2 bulan yang sangat besar.

Kemudian sebagai planet tunggal, dan kemudian lagi melalui teleskop terbarunya pada tahun 1616 sebagai planet tangan atau pegangan.

4 dekade kemudian, Christiaan Huygens pertama kali menyarankan bahwa Saturnus adalah planet yang ber-cincin. Dan apa yang dilihat Galileo adalah pandangan yang berbeda dengan teorinya.

Karena kemiringan 27 derajat pada sumbu rotasinya, cincin tersebut tampak miring ke arah dan menjauh dari Bumi dengan siklus 29 tahun revolusi Saturnus.

Baca : Jupiter Muda Dihantam Planet yang Baru Lahir

Evolusi Cincin Saturnus

Pemahaman para astronom tentang evolusi planet ber-cincin tersebut bermula ketika pergerakan cincin itu banyak diamati miliaran tahun lalu.

Baca:   Tanda Unik Bencana Alam Wajib Kita Ketahui

Mereka menyadari bahwa cincin itu tidak padat, dan mungkin terdiri dari sejumlah besar moonlet atau bulan kecil.

Diketahui 4 abad sejak penemuan teleskop, cincin juga telah ditemukan di sekitar Jupiter, Uranus dan Neptunus.

Alasan mengapa planet-planet raksasa itu dihiasi cincin pertama kali diusulkan oleh seorang astronom Perancis, Eduard Roche pada tahun 1849. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here