Sejarah Pandemi Paling Mematikan di Dunia

0
270
Sejarah Pandemi Dunia Paling Mematikan

Reportasee.com – Sejarah Pandemi Paling Mematikan di Dunia. Penyebaran virus corona covid 19 yang belum lama ini terjadi mendorong setiap negara mengambil tindakan tegas dalam memerangi pandemi tersebut.

WHO yang menjadi badan kesehatan dunia menyebut jika virus corona covid 19 tergolong pandemi.

Akan tetapi jika kita melihat sejarah pandemi dunia, ada pandemi yang lebih mematikan jika dibandingkan dengan covid 19. Diantaranya sebagai berikut.

Sejarah Pandemi Paling Mematikan di Dunia

Antonine Pandemic

Sejarah pandemi dunia yang pertama kali muncul pada tahun 165 SM menyebabkan kematian sebanyak 5 juta jiwa.

Pandemi ini menjadi penyakit paling mematikan pada saat itu karena ketersediaan obat dan peralatan kedokteran yang masih sangat minim.

Salah satu pandemic paling besar yang menyerang penduduk bumi dan disebabkan karena penyakit campak ataupun cacar.

Justinian Pandemic

Pandemi selanjutnya yang tak kalah mengerikan terjadi pada tahun 541 SM. Wabah ini dikenal dengan sebutan penyakit PES.

Tak tanggung-tanggung pandemi ini telah menewaskan setengah penduduk eropa bahkan mampu meruntuhkan kekuasaan kerajaan Bizantium dan kawasan Mediterania.

Wabah PES berhasil membunuh 25 juta korban jiwa atau sekitar 40 persen penduduk dunia.

The Black Death Pandemic

Wabah paling mengerikan ini telah berhasil menghancurkan penduduk dunia di tiga benua diantaranya: Asia, Afrika, serta Eropa.

Dalam Sejarah Pandemi Paling Mematikan di Dunia, wabah ini disebabkan karena sebuah tikus yang dikenal dengan sebutan penyakit PES.

Parahnya lagi penyakit PES ini menelan korban jiwa yang tidak sedikit dan menyebabkan beberapa orang kehilangan anggotaa keluarganya.

Flu Spanyol

Badan pengendalian dan penyembuhan penyakit (CDC) di Amerika serikat menyatakan wabah flu Spanyol pertama kali muncul pada abad ke 20, tepatnya pada Oktober 1918.

Wabah ini telah menewaskan lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia.

Selain itu CDC menyebutkan dalam kurun waktu 12 tahun terakhir angka pertumbuhan penduduk mengalami penurunan yang signifikan disebabkan kasus pandemi ini. 

HIV / AIDS

Wabah ini mencatatkan namanya sebagai pandemic yang paling ekstrem dengan menewaskan 32 juta orang dan sangat sulit ditemukan vaksin-Nya.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah sebuah wabah penyakit yang menyerang organ intim wanita.

Penyakit ini menimbulkan resiko yang sangat berbahaya dan berakibat fatal bagi si penderita.

H1N1 Flu Babi

Pandemi H1N1 flu babi pertama kali muncul di Amerika serikat. Virus ini pertama kali menjangkit tubuh babi yang memiliki kontak langsung dengan manusia.

Hal tersebut menyebabkan tertularnya virus dari tubuh babi ke tubuh manusia. Saat ini, H1N1 sudah menjadi bagian dari Sejarah Pandemi Paling Mematikan di Dunia.

Penyebaran flu babi sangat cepat dan telah menewaskan 61 juta orang sehingga mencatatkan namanya sebagai pandemi paling berbahaya disamping penularan HIV.

Flu Asia H2N2 dan Flu Hongkong H3N2

Flu asia pertama kali muncul di Singapura pada tahun 1957.

Pandemi ini menyebabkan sekitar 1,1 juta orang meninggal dunia. Sedangkan flu hongkong di tahun 1968 menjadi pandemi selanjutnya yang terjadi di 1968.

Banyak peneliti menemukan jika virus flu hongkong berevolusi menjadi strain yang menimbulkan terjadinya virus Asia yang telah membunuh 1 juta penduduk dunia.     

Virus ini telah menjadi ancaman sejak dulu bahkan mencatatkan namanya menjadi sejarah pandemi dunia.

Penyebaran wabah ini begitu cepat dan menjadikannya sebagai mesin pembunuh paling ampuh untuk umat manusia. Itulah mengenai Sejarah Pandemi Paling Mematikan di Dunia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here