Home Berita Sajian Khas Paskah dari Berbagai Negara

Sajian Khas Paskah dari Berbagai Negara

0
Sajian Khas Paskah

Reportasee.com – Hari paskah telah tiba, perayaan ini identik dengan sajian khas paskah yang tersaji pada keluarga dan kerabat. Berbagai orang di berbagai negara rayakan Paskah tampak tradisinya berbeda bahkan sajiannya. Inilah sajian Paskah dari berbagai negeri , tentunya penyasajian paskah pasti sangat menarik dan menggugah selera.

Sajian Khas Paskah, Mana yang Menarik?

Berbagai macam sajikan khas paskah ini asalanya dari beberapa negara di dunia. lalu apa saja yang tersaji di belahan dunia untuk menyambut Paskah?

1. Hot Cross Bunn Juga Kue Simnel, Inggris

Saat Inggris merayakan paskah, ada kue khas yang paling menarik, yaitu Hot Cross Bunn. Roti tersebut rasanya manis dan jamaah mengonsumsinya saat Jumat Agung.

Sudah berabad-abad lalu kue khas ini eksis. Ciri khas roti Hot Cross Bunn biasanya menggunakan kismis di atasnya. Lapisan khusus roti berlambang salib ini presentasi dari kesaliban Yesus.

Sementara itu, untuk kue simnel ini merupakan kue buah yang biasanya tersaji saat makan di hari minggu puasa atau lent di negara Inggris. Kue yang mempunyai topping berlapis 12 marzipan yang mempresentasikan adanya 12 rasul.

2. Daging Ham, Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, perayaan hari paskah ditandai dengan sajian dagingham yang begitu istimewa, dimana daging ini terasa manis. Bumbu berlapis melekat pada daging ham berupa gula merah, juga madu hingga irisan nanas semakin menggugah selera. Banyak keluarga AS yang menyajika sajian paskah ini untuk anggota keluarga.

Asal muasal dari tradisi memakan daging ham ini terjadi ketika kulkas belum ada. Binatang, ketika musim gugur, dagingnya kemudian melalui proses pengawetan dan tidak bisa mereka makan hingga paskah tiba. Sangat menarik ternyata cerita tradisi daging ham ini.

3. Mammi, Finlandia

Untuk mempersiapkan Mammi, harus ada sejak beberapa hari sebelum hari Paskah tiba. Mammi ini syaratnya tersimpan di kulkas selama tiga hingga menuju empat hari lamanya sebelum tersaji di hari Paskah. Merupakan dessert tradisional khas Finlandia ini sangat khas untuk dinimkati bersama keluarga.

Dengan sajian tradisional dari kulit jeruk Seville sebagai perasa, sedikit air, tepung rye serta gandum rye. Untuk memakan Mammi akan warga Finlandia hidangkan kala dingin dengan tambahan susu juga krim. Rasanya sangat menggugah selera dan anak-anak Finlandia menyukainya.

4. Le Gigot D’Agneuau Pascal, Perancis

Nama yang tampak runit ini, merupakan makanan khas Perancis dan merupakan salah satu hidangan ketika Paskah. Le gigot d’agneuau pascal yang dalam bahasa Indonesia artinya kaki domba. Jadi sajian sebenarnya dari negara Perancis saat paskah itu kaki domba.

Tak seperti namanya, sajian ini sangat mudah pengolahannya, hanya dengan bumbu bawang putih serta rosemary. Pengolahan kaki domba dengan cara memanggangnya. Pada saat perayaan paskah, bahwa domba merupakan binatang yang menjadi kurban.

5. Tsoureki, Yunani

Merupakan roti khas Yunani bernma Tsoureki ini terasa manis berbentuk kepang. Dengan tiga kepangan pada roti khas Yunanimelambangkan simbol suci trinitas. Orang-orang di Yunani akan memakan roti ini ketika hari perayaan paskah berlangsung.

Sajian Tsoureki Yunani ini bersanding dengan telur rebus . Yang menyimbolkan tentang darah kristus . yaitu dengan menyajikan telur rebus yang sudah di cat merah di meja.

6. Rosquillas de Semana Santa, Spanyol

Sajian hari paskah dari Spanyol ini yang terkenal dengan donat paskah justru mirip kue. Penggunaan bahan dari tepung yang sudah melalui proses fermentasi, bukan pakai ragi seperti biasanya. Rosquillas de Semana Santa ini sangat menggoda selera.

Cara menyajikan donat paskah ala Spanyol ini banyak macamnya sesuai selera. Yang paling dominan adalah penaburan gula di atas kue paskah ini. tentunya semakin menambah manisnya.

7. Kerbelsuppe, Jerman

Sup Chervil atau dalam bahasa Jerman terkenal dengan nama Kerbelsuppe ini. merupakan sup herba yang mirip dengan parsley. Biasanya untuk memakan sip chervil ini saat hari kamis sebelum acara Jumat Agung di Jerman, atau orang mengenalnya dengan Kamis Maundy atau Grundonnerstag, yang artinya Kamis hijau. Itulah sebabnya kenapa sup ini berwarna hijau.

Beberapa sajian khas paskah dari berbagai tempat di dunia ini memang sangat menarik, unik serta mengguhah selera. Hari paskah merupakan hari perayaan yang dilakukan jemaat kristiani di seluruh dunia dengan menyambut hari kebangkitan Yesus.

Exit mobile version