Rupiah Melemah Hingga Rp 14.500

0
77
Rupiah Melemah Hingga Rp 14.500

EKONOMI,- Rupiah Melemah. Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS pada Selasa (14 Mei 2009) turun menjadi 14.500.

Pada pukul 10.00 WIB, nilai tukar Rupiah di pasar spot turun 0,22% ke level Rp. 14.455 per USD. Posisi tersebut adalah level Rupiah terendah sejak 3 Januari 2019.

Sementara dolar antar bank Jakarta (Jisdor) pagi ini Rupiah melemah 0,57 persen menjadi Rp. 14.444 per dollar AS. Jisdor berada di level terendah sejak 4 Januari 2019.

Analis Done Nurhadi Yasyi dari Monex Investindo Futures memperkirakan bahwa pelemahan Rupiah hari ini disebabkan oleh reaksi negatif dari pelaku pasar terhadap kebijakan tarif AS di China.

Seperti dikabarkan, pemerintah Cina akan meningkatkan bea impor senilai $ 60 miliar mulai 1 Juni. Ini sebagai respons terhadap kebijakan Presiden AS Donald Trump menaikkan tarif impor Cina.

Situasi tersebut memperburuk hubungan antara kedua negara, dan pengaruhnya mempengaruhi mata uang negara-negara berkembang lainnya.

Dikutip dari kompas bahwa “Pelaku pasar khawatir bahwa AS akan meningkatkan bea impor untuk produk dari negara lain,” kata Dini.

Selain itu, Dini berharap pelemahan Rupiah akan semakin terbatas hingga akhir perdagangan nanti. Karena Rupiah telah terdepresiasi cukup tajam selama seminggu terakhir, membuka peluang terjadinya aksi profit taking.

Rupiah Melemah Hingga Rp 14.500

Dengan cara ini, ia memperkirakan bahwa Rupiah akan berada di kisaran Rp 14.420 – Rp 14.480 per dolar AS pada akhir perdagangan hari ini.

Pelemahan Rupiah hari ini bertepatan dengan melemahnya Rupiah, yen, ringgit dan dolar Taiwan. Sementara sejumlah mata uang, seperti Baht, Yuan, Dolar Singapura, Won, Peso, dan Dolar Hong Kong, menguat terhadap dolar AS.

Sementara indeks dolar, yang telah melemah pagi ini, sekarang naik ke 97,35. Indeks, yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia kemarin, adalah 97,32.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here