32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaRTP Kawasan Sungai Cileuer Ciamis Akan Dibangun Tahun 2021

RTP Kawasan Sungai Cileuer Ciamis Akan Dibangun Tahun 2021

Ciamis – Kawasan Sungai Cileuer Ciamis akan diubah menjadi ruang terbuka publik (RTP) pada tahun 2021. Sebelumnya, kawasan kumuh ini juga telah direncanakan untuk dibangun pada tahun 2019 silam.

Namun karena adanya berbagai kendala, jadinya pembangunan RTP Kawasan Sungai Cileuer Ciamis baru akan terealisasi tahun ini, dengan anggaran dari APBN sebesar Rp. 14 miliar.

Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik mengatakan, pembangunan RTP Kawasan Sungai Cileuer Ciamis akan dibangun pada tahun 2021 oleh Pemerintah Pusat.

“Memang pembangunan RTP Kawasan Sungai Cileuer Ciamis pada tahun 2019 juga sebenarnya sudah direncanakan. Namun, karena adanya kendala jadinya bisanya tahun ini,” katanya, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan RTP kawasan sungai Cileuer ini akan baru dibangun, salah satunya karena adanya perubahan desain dan ada sedikit penambahan ornamen.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pemerintah pusat juga menambah anggaran untuk pembangunan RTP tersebut yang tadinya sebesar Rp. 12 miliar menjadi Rp. 14 miliar.

“Kemudian di tahun 2020 juga terkendala karena pandemi Covid-19. Jadinya beberapa kegiatan diundur dulu,” tuturnya.

Aris menjelaskan, pada RTP Kawasan sungai Cileuer nanti akan ada TPS3R di kawasan tersebut. Itu juga salah satu perubahan desain, karena sebelumnya tidak ada.

“Semua proses pelaksanaan itu semuanya oleh pemerintah pusat, karena memang itu kewenangannya. Jadi, setelah selsai pekerjaanya diserahkan ke pemerintah daerah sebagai pihak pengelola setelah masa pemeliharaan,” jelasnya.

Dengan adanya RTP kawasan sungai Cileuer, Aris berharap, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menumbuhkan perekonomian di daerah tersebut.

“Nantinya, RTP di kawasan Sungai Cileuer ini lebih berkonsep ke pariwisata. Jadi, bisa juga dimanfaatkan untuk menumbuhkan ekonomi bagi masyarakat setempat,” pungkasnya. (Ramdani)

Baca:  14 Jenis Bahan yang Biasa Dipakai untuk Hijab
Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer