Robot Kecoak Terbaru Ciptaan Ilmuwan China dan AS

0
365
Robot Kecoak Terbaru Ciptaan Ilmuwan China dan AS
Foto : Robot Kecoak

Reportasee.com,- Robot kecoak berhasil diciptakan oleh sejumlah ilmuwan China dan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini. Benda ini akan mereka gunakan sebagai objek yang dapat membantu pekerjaan manusia di sela-sela tersempit.

Melansir dari CNN Indonesia, Senin (05/08/2019), robot kecoak telah menjadi proyek terbesar dari sejumlah ilmuwan China dan AS asal Universitas Beihang, Universitas Tsinghua dan UC Berkeley.

Mereka saling berkomitmen untuk menciptakan penemuan baru yang terilhami dari seekor kecoak. Alhasil, mereka telah menguak robot kecoak yang akan dipublikasikan pada media pekan ini.

Baca:   Para Ilmuwan Jepang Lakukan Pencarian IBH

Pada penelitian itu, mereka yakin bahwa penemuan terbarunya bakal tahan banting meskipun jatuh dengan sengaja.

Sementara itu, robot tersebut juga bisa menahan beban kurang dari 10 kg. Mereka menciptakannya dengan menggunakan bahan dasar yang fleksibel dan bermuatan listrik. Getaran amplitudo besar dan struktur piezoelektrik telah dirancang untuk mendeteksi ketahanan dan gerakan robot tersebut.

Kinerja Robot Kecoak

Menurut laporan Xinhua, Minggu (04/08/2019), robot kecoak dapat dipercaya mampu membuat suatu perubahan bentuk asoliasi. Selama benda itu bergerak, hasil pengukuran terhadap waktu bisa dengan mudah terdeteksi.

Baca:   Valkyrie Siap Gantikan Manusia ke Antariksa

Para proses pembuatannya, para ilmuwan tersebut telah meletakkan beberapa rangkaian benda dan bobot tepat di atas punggung robot tersebut.

Dan hasilnnya, robot itu sangat mampu bergerak dengan sudut kemiringan 7,5°. Sementara itu, penemuan tersebut juga bisa membawa beban yang lebih berat atau setara dengan 6 kali bobotnya.

Di sisi lain, robot tersebut juga mampu menahan dan menopang kaki manusia yang beratnya mungkin puluhan kilogram.

Kelebihan Utama

Robot kecoak itu juga memiliki beberapa kelebihan utama setelah berhasil diciptakan. Salah satunya yaitu mudah mengakses dan mengidentifikasi kehidupan di dasar permukaan lantai atau di bawah puing-puing.

Baca:   Medan Magnet Akan Alami Pembalikan Terakhir

Maka dari itu, para peneliti China dan AS membuat suatu program khusus untuk memudahkan kinerja manusia yang sulit mengakses beberapa sudut sempit hingga tak terjangkau tangan.

Menurut Profesor Teknik Mesin di UC Berkeley, Liwei Lin, robot itu dibuat cukup rapuh namun tahan banting. Jika terinjak manusia, maka benda itu akan hancur.

Meski begitu, robot tersebut bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia di masa mendatang. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here