28.7 C
Indonesia
Minggu, Desember 8, 2019
No menu items!

Ribuan Suku Baduy Kepung Jakarta, Video Viral!

Wajib Baca

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

JAKARTA,- Telah BEREDAR informasi yang menyebut ribuan suku Baduy, Lebak, Banten ke Jakarta. Suku baduy dikabarkan turun gunung untuk mengepung Jakarta pada aksi 22 Mei 2019. Kabar inipun diklarifikasi langsung oleh Polres Lebak.

“Orang-orang Suku Baduy eweuh nu ka Jakarta milu demo, (warga Baduy tidak ada yang ikut demo ke Jakarta). kami semua netral …”

Ketika berita ini diterbitkan, video berjudul ‘Menyemut ribuan suku Badui turun gunung kepung Jakarta’ sudah dilihat sekitar 548.214 kali.

Cerita dari video tersebut memberi tahu penduduk Baduy, yang merupakan suku pedalaman Lebak, Banten. Mereka pergi ke Jakarta untuk mengikuti aksi demo pada 22 Mei. Dan bahwasanya Ribuan Suku Baduy ini mengepung Jakarta.

“Ini adalah berita hoaks, tidak benar bahwa ada orang Baduy yang pergi ke Jakarta”. Kabag Ops Polres Lebak, Kompol Adrian Tuuk, seperti dilansir dari Kompas.com, di Stasiun Rangkasbitung, Rabu (22/5/2019).

Adrian menjelaskan bahwa yang terjadi dalam video itu sebetulnya adalah acara budaya Seba Baduy. Acara tersebut berlangsung pada 4 Mei 2019 di Kabupaten Lebak Banten.

Pada waktu itu, 1.000 penduduk Baduy datang ke Pendopo Bupati Lebak dan Gubernur Banten. Penduduk Baduy datang untuk mengirimkan hasil pertanian dan pesan para tetua.

Tetapi ada orang jahat yang mengedit video dengan cerita yang berbeda, seolah-olah Warga Baduy berkumpul di Jakarta. Ribuan Suku Baduy disebut mengepung Jakarta untuk berpartisipasi dalam demonstrasi.

“Yang benar adalah bahwa pelaksanaan Seba Baduy sekitar dua minggu yang lalu, itu adalah berita penipuan,” kata Adrian.

Klarifikasi Pemerintah Desa

Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija memberikan penjelasan mengenai video yang sudah terlanjut beredar. Menurut dia, kabar dalam video itu adalah bohong.

Saija menyatakan bahwa tidak mungkin suku Baduy berpartisipasi dalam demonstrasi di Jakarta. Karena setiap saat penduduk Baduy netral dalam politik.

“Warga Baduy eweuh nu ka Jakarta milu demo (warga Baduy tidak ada yang ikut demo ke Jakarta). Kami netral,” kata Saija.

Artikel ini sudah disiarkan di Kompas.com dengan judul. “Viral Video Ribuan Suku Baduy Turun Gunung Kepung Jakarta, Ini Klarifikasi Polisi dan Kades”

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -