Resep Es Buah dan Manfaat Berbuka dengan Es Buah

Berita Viral

Reportasee.com – Es buah kerap kali menjadi menu andalan saat berbuka puasa. Lebih tepatnya bukan hanya es buah akan tetapi juga menu lain yang berbahan dasar buah-buahan segar.

Saat sedang menjalankan puasa kita harus menahan dahaga hingga waktu berbuka puasa tiba dan ketika berbuka dengan es buah yang sangat segar. Rasanya dahaga yang di tahan seharian langsung sirna dalam sekejap.

Ramadhan kerap kali menjadi moment yang di tunggu oleh umat muslim, meskipun saat ramadhan seluruh umat di jawabkan untuk berpuasa. Namun hal ini menjadi suka cita tersendiri.

Tahun 2021 ini, pelaksanaan ramadhan sedikit berbeda dengan tahun 2020 meskipun Covid-19 masih mewabah dimana-mana sama seperti setahun yang lalu. Tahun lalu terdapat pembatasan sosial dan penutupan beberapa kois jualan, warung makan, hingga restoran untuk sementara waktu. Hal ini membuat ramadhan yang syarat akan kebersamaan saat buka bersama sekaligus reuni menjadi terasa sangat sepi. Meskipun tahun ini masih terbilang sepi namun hal ini tidak sesepi tahun kemaren yang sampai terdapat pelarangan pelaksanaan shalat tarawih.

Baik di rumah maupun di warung makan, Menu pembuka saat berbuka puasa pasti tidak akan jauh dari es buah. Ternyata berbuka dengan es buah bukan semata bertujuan untuk menyegarkan dahaga. Terdapat sejumlah manfaat jika kita mau berbuka dengan Es buah.

Manfaat Berbuka dengan Es Buah

Seorang ahli gizi menjelaskan bahwa buah memiliki kandungan air yang sangat tinggi hal ini sangat di perlukan bagi tubuh untuk mengembalikan stamina setelah seharian melaksanakan puasa. Es buah umumnya terdiri dari beberapa jenis buah seperti Blewah, Melon, Semangka, Buah Naga, Nanas, atau bahkan di beri topping kurma.

Beberapa buah yang menjadi bahan baku pembuatan es buah ini sangat tinggi kadar air dan juga antioksidan. Selain itu buah-buahan juga sangat rendah kalori sehingga sangat baik untuk di konsumsi.

Manfaat pertama berbuka dengan es buah atau makanan olahan buah yakni untuk menyegarkan badan dan mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa. Kandungan Vitamin, mineral, dan Serat di dalam buah menjadikan buah ini sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu pembuka puasa.

Kandungan Vitamin yang terdapat pada buah blewah lebih dari dari kandungan vitamin yang terdapat pada mentimun. Vitamin yang terkandung dalam buah blewah ini yakni Vitamin A. Vitamin A pada setiap 100 gram buah belewah bahkan mampu mencukupi kebutuhan hingga 68 persen kebutuhan harian. Sedangkan Vitamin C yang ada pada buah blewah Sebanyak 36,7 miligram atau dapat dikatakan jumlah ini mampu mencukupi kebutuhan hingga 61 persen kebutuhan harian. Selain itu blewah juga mengandung magnesium, tembaga, mangaan, dan serat yang sangat baik bagi tubuh.

Alangkah baiknya jika Es buah ini di tambahkan dengan kurma. Kurma merupakan salah satu buah yang di anjurkan Rasulullah SAW untuk di makan sebelum memakan apapun pada saat melaksanakan buka puasa. Anjuran dari Rasulullah ini bukan tanpa alasan, Rasulullah menganjurkan untuk memakan buah kurma karena kandungan nutrisi yang ada pada kurma sangat baik untuk mengembalikan stamina dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Dengan berbagai macam kombinasi buah yang kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan membuat es buah bukan hanya bermanfaat untuk menyegarkan tubuh usai berpuasa akan tetapi juga menjaga stamina tubuh, mengembalikan energi setelah berpuasa, memenuhi kebutuhan Vitamin, memenuhi kebutuhan kalsium dan gula pada tubuh, memperkuat sistem imun, dan menjaga kestabilan tubuh.

Buah yang di Anjurkan Rasulullah

Dalam berbuka puasa, menu buka puasa juga harus di perhatika tingkat kesehatannya. Jangan sampai setelah melaksanakan buka puasa malah menjadi sakit karena salah makan dan permasalahan lainnya. Rasullah sendiri dalam berbuka puasa juga menyarakan untuk menggunakan buah terlebih dahulu barulah makanan berat seperti nasi dan lain sebagainya.

Buah yang di anjurkan Rasulullah untuk di konsumsi saat berbuka puasa yakni pertama, buah Kurma, buah ini sangat di anjurkan untuk dimakan saat berbuka puasa dan jumlah kurma yang di makan hendaknya berjumlah ganjil. Terdapat perbedaan nutrisi anda kurma dengan jumlah genap dengan kurma yang di makan dengan jumlah ganjil.

Buah kedua yang disarankan oleh Rasulullah yakni Delima. Delima sangat tinggi akan antioksidan dan Vitamin bahkan saking kayanya akan nutrisi buah delima ini di sebut-sebut sebagai buah surga, Rasulullah juga menganjurkan untuk memakan buah delima sampai ke kulitnya karena banyaknya nutrisinya.

Buah Ketiga yakni buah anggur. Anggur juga baik di gunakan untuk menu berbuka puasa. Buah anggur ini tinggi akan kandungan vitamin A dan Vitamin C sehingga baik untuk menjaga sistem imun tubuh. Selanjutnya buah yang di anjurkan oleh Rasulullah SAW yakni buah Tin atau buah Ara. Buah Ara bahkan juga di sebut sebagai buah surga karena kandungan nutrisinya.

Berbuka dengan es buah pada dasarnya baik, namun harus ada takaran dan juga aturan tertentu yang harus di perhatikan. Hal ini karena rata-rata Kudapan Es buah ini akan diberikan tambahan Gula sebanyak-banyaknya hingga terasa manis. Hal ini yang tidak kalah penting adalah Kadar es yang di gunakan. Penggunaan es secara berlebihan justru tidak baik bagi tubuh terlebih tubuh selama seharian menahan dehidrasi.

Cara Membuat Es buah Sehat

Agar terdapat keseimbangan dan nutrisi tetap sampai pada tubuh. Maka tata cara pembuatan es buah perlu di perhatikan. Berikut resep pembuatan es buah sehat:

Bahan-bahan pembuatan es buah Sehat:

  • Semangka
  • Melon
  • Blewah
  • Biji Selasih
  • Jeruk Nipis
  • Nutrijel
  • Susu Kental Manis
  • Gula atau Sirup Marjan

Cara pembuatan:

  • Potong buah semangka, Blewah, dan Melon sesuai dengan ukuran yang di kehendaki. Anda bisa memotongnya menjadi ukuran dadu kecil.
  • Lalu campurkan buah-buahan yang sudah terpotong kedalam satu wadah.
  • Tambahkan Selasih, Nutrijel, Susu kental manis, dan juga gula atau marjan secukupnya.
  • Tambahkan pula air dan juga es batu dengan porsi secukupnya.
  • Lalu terakhir peraskan jeruk nipis pada es buah dan es buah siap di sajikan.

Untuk lebih nikmat anda dapat menambahkan lagi Susu kental manis dan juga kurma sebagai topping es buah segar dan sehat.

Menu Selanjutnya anda dapat membuat es buah tanpa marjan dan sirup perasa, caranya adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan yang harus anda siapkan diantaranya yakni blewah, agar-agar yang sudah dipotong denan bentuk dadu, Jelly dengan rasa (anda dapat memilih rasanya sendiri seperti Stawbery, Blueberry, dan Jeruk), Gula Pasir, Susu kental Manis, Gula pasir, Air, dan Es batu dengan porsi secukupnya.

Cara pembuatannya tidak suit, anda hanya perlu merebus beberapa gula pasir sesuai tingkat kadar manis yang di kehendaki. Lalu anda dapat menuang bahan-bahan seperti blewah, agar-agar, jelly, apel dan es batu pada satu wadah yang sama. lalu jika gula pasir sudah larut anda dapat ikut mencampurkan pada bahan yang sudah di siapkan. Sebagai tambahan anda dapat menambahkan susu kental manis, es krim rendah lemak, dan juga potongan kurma atau kismis.

Berita Terbaru