32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaRaiz, Aplikasi Reksadana Dengan Uang Receh

Raiz, Aplikasi Reksadana Dengan Uang Receh

Reportasee.com – Raiz menjadi salah satu aplikasi jual beli produk Reksadana yang ada di Indonesia. Adapun Reksadana itu sendiri merupakan wadah yang memiliki kegunaan menghimpun dana berasal dari masyarakat pemodal atau investor.

Dana yang sudah berhasil terkumpul itu kemudian oleh manajer investasi akan menanamkan pada berbagai instrumen seperti obligasi, deposito ataupun saham.

Arti lain dari Reksadana ini sendiri adalah bentuk alternatif untuk investor melakukan penanaman modal atau investasi.

Investasi ini sangat cocok untuk para pemula. Terlebih bagi para pemilik modal dalam jumlah kecil dengan waktu terbatas ataupun keahlian memperhitungkan tentang resiko dalam investasi yang mereka lakukan.

Sebab awalnya belum banyak pihak yang mengenal tentang bentuk investasi Reksadana ini. Namun seiring rutinnya kampanye yang BEI atau Bursa Efek Indonesia ini lakukan terkait gerakan investasi dalam Reksadana juga kecanggihan teknologi yang turut mendorong kemudahan transaksi membuat semakin banyak orang mulai mengenal tentang Reksadana.

Hal lain yang membuat instrumen ini semakin populer yaitu karena bisa memberikan return dengan jumlah menggiurkan. Enaknya lagi, untuk segi resiko pun cukup terukur tergantung dari pilihan aset yang tersedia dalam Reksadana.

Dengan modal uang terkecil yang anda miliki sekalipun sudah bisa membeli sebuah produk investasi. Produk tersebut berisi kumpulan aset bidang keuangan.

Meskipun keberadaan Reksadana sudah cukup populer, sayangnya belum banyak orang tahu tempat melakukan transaksi jual maupun beli produknya. Apalagi umumnya mereka ketahui untuk bertransaksi hanya melalui manajer investasi langsung.

Padahal ada opsi lain yang bisa investor lakukan untuk bertransaksi salah satunya melalui agen penjual. Bahkan melalui agen tersebut anda bisa bertransaksi Reksadana secara daring. Salah satu platform berisi produk Reksadana yang bisa investor pilih adalah aplikasi Raiz.

Mengetahui Tentang Aplikasi Raiz

Platform Raiz invest sebelumnya memiliki nama Acorns. Ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang fintech asal Australia.

Perusahaan Acorns sudah berdiri sejak beberapa tahun silam tepatnya Februari 2016. Mereka kemudian melakukan pergantian nama pada April 2018. Perluasan usaha di Indonesia ini merupakan bagian dari rencana milik perusahaan setelah IPO yang berlangsung di bursa Australia kala tahun sebelumnya.

Berdasarkan data milik KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia jumlah investor di Indonesia yang menanam uang do Reksadana sendiri baru mencetak angka 820 ribu orang pada Juli 2018 lalu.

Angka investor yang tergolong sedikit ini merupakan peluang besar untuk perusahaan fintech berkecimpung di dalamnya. Perusahaan yang melihat peluang bagus tersebut tentunya Raiz Invest.

George Lucas selaku sang CEO menyatakan bahwa kehadiran perusahaan mereka sebagai bentuk perluasan selain di Australia.

Alasan pemilihan negara Indonesia sebagai ekspansi tersebut sebab terdapat banyak faktor pendukung. Terlebih letak geografisnya cukup berdekatan hingga memudahkan proses ini.

Indonesia merupakan tempat pasar terbaik untuk mengembangkan bidang ekonomi. Sehingga keberadaan Raiz ini bisa membantu para masyarakat yang hendak mempelajari tentang keuangan juga terkait inklusi melalui ponsel pintar.

Di negara asalnya yaitu Australia, perusahaan ini sudah menjadi favorit tersendiri apalagi pada kaim milenial. Mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk menciptakan kebiasaan baik juga memulai investasi.

Sebab Raiz ini begitu cocok oleh siapapun jalankan apalagi mereka yang belum paham tentang investasi juga tidak tahu cara memulai investasi.

Sistem yang berada di luar negeri selain Australia akan ikut sepenuhnya berdasarkan negara asal yang saling terhubung kepada pihak API.

Baca:  Objek Wisata Umbul Pecinan Batu Seribu Sukoharjo Jateng

Manfaat Berinvestasi Pada Aplikasi

Sebagai pemula dalam bidang investasi, anda akan menerima banyak keuntungan dari aplikasi Raiz ini. Di dalamnya terdapat banyak fitur signifikan sehingga memberikan banyak manfaat untuk pengguna.

Pertama adalah bentuk investasi mikro. Produk investasi yang berada di dalam aplikasi ini para pengembang rancang untuk menciptakan kegiatan berinvestasi juga menabung lebih ringkas.

Baca:  Objek Wisata Umbul Pecinan Batu Seribu Sukoharjo Jateng

Apalagi anda bisa saja melakukan pengajuan dalam membuka sebuah akun investasi aplikasi tersebut walau dengan uang 10 ribu saja. Hal inilah yang begitu menguntungkan, sebab dengan uai receh sudah bisa menjadi generasi muda yang berinvestasi.

Pengguna bisa memilih bentuk portofolio yang mana uang terkumpul dalam akun tersebut akan aplikasi ini investasikan.

Opsi portofolio tersebut akan diolah dengan campur tangan manajer investasi. Kendati demikian, manajer investasi tersebut mempunyai rekam jejak terbaik di tanah air sehingga tidak membuat pengguna khawatir.

Adapun isi dari portofolio tersebut berupa Reksadana yang manajer investasi tersebut kelola. Tak cukup sampai di situ saja, manfaat lainnya adalah investor bisa melakukan penarikan dana kapan pun.

Kisaran dana tersebut bisa sebagian bahkan seluruh nominal yang sudah anda investasikan dalam akun Raiz tersebut. Waktu penarikan pun bisa setiap saat hingga sangat fleksibel.

Tim di dalam aplikasi akan melakukan proses jual kembali unit pada penyertaan Reksadana pada akun tersebut. Pengguna hanya perlu membayar penarikan yang mereka lakukan di periode 7 hari bursa.

Untuk proses penarikan tersebut tidak ada sama sekali penalti atau biaya lainnya. Tetapi nominal kala melakukan penarikan bisa terkena angka pembulatan.

Keuntungan yang akan investor terima adalah bebas dari biaya kala melakukan transaksi. Bahkan saat pembelian juga penjualan dalam unit Reksadana tersebut aplikasi Raiz tidak menetapkan biaya sedikitpun.

Jika Anda melakukan perubahan dalam opsi portofolio juga tidak terkena biaya sepeserpun. Aplikasi ini memiliki prinsip jika melakukan investasi secara rutin maupun jumlahnya kecil dapat memberikan nominal besar di kemudian hari.

Model Investasi di dalamnya

Fahmi Arya selaku CMO Raiz di Indonesia memaparkan bahwa semua transaksi yang pengguna lakukan akan melalui aplikasi. Nantinya aplikasi ini akan bekerja dengan cara melakukan pengumpulan pada sisa uang sebagai hasil selisih dari pembelanjaan yang investor lakukan.

Dana yang tergolong recehan tersebut bisa aplikasi ini ambil dari dompet elektronik maupun kartu debit yang sudah saling terhubung.

Kemudian para investor yang berbelanja melalui metode tersebut akan aplikasi ini bulatkan ke atas di setiap transaksi berjumlah kelipatan nominal 5 ribu seterusnya.

Jika pembulatan tersebut sudah menyentuh angka 10 ribu, secara otomatis akan masuk dalam investasi produk Reksadana.

Contohnya jika pengguna melakukan pembelajaan sebesar 18 ribu rupiah, kemudian akan terdapat pembulatan jadi 25 ribu.

Jadi dana yang akan pengguna investasikan sebesar 2 ribu rupiah sebagai bentuk recurring Investment atau cicilan.

Selain itu Raiz juga memastikan tidak akan otomatis membeli sebuah unit Reksadana jika nominal tersebut belum mencapai 10 ribu rupiah. Angka di bawah tersebut baru sekedar tercatat saja. Fitur lain yang ada di dalamnya terdapat lump sum atau seketika.

Ada tiga jenis produk bidang Reksadana di dalamnya yang sudah sesuai dengan resiko. Antara lain Reksadana saham atau agresif, moderat berupa pendapatan tetap, juga pasar uang yaitu konservatif.

Aplikasi Reksadana Raiz ini memang sangat menguntungkan para investor untuk menanamkan uangnya dengan terpercaya juga aman.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer