32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaRA Miftahussalam Ciamis Usung Konsep Lingkungan

RA Miftahussalam Ciamis Usung Konsep Lingkungan

Reportasee.com – Raudlatul Athfal / RA Miftahussalam Handapherang Kabuapten Ciamis, mengaku siap menjadi calon sekolah Adiwiyata yang mengusung konsep Lingkungan.

Kepala RA Miftahussalam Handapherang, Erni Heryani S.Pd, saat ditemui, Kamis, (25/03), Mengatakan, sekolah yang mengedepankan nilai – nilai agama islam sudah selayaknya menerapkan prinsip – prinsip sekolah adiwiyata.

Menurutnya, lingkungan hidup yang bersih adalah salah satu nilai penting dalam keimanan kita. Prinsip – prinsip menjaga kebersihan banyak tertera dalam pedoman hidup, Al-qur’an dan hadis

Saat ini Jumlah murid di RA tersebut berjumlah, 105 Peserta didik dan jumlah guru sebanyak enam orang. RA yang sudah 20 tahun berdiri selalu mendapatkan kepercayaan dari Masyarakat.

” Kami disini akan optimis menjadikan sekolah ini menjadi calon sekolah Adiwiyata apalagi dukungan dan dorongan dari Yayasan nya pun sangat positif,” Ujarnya.

Lebih lanjut Erni menuturkan, Persiapan apa yang menjadi kekurangan pun terus dilakukan dengan di bawah binaan Dinas DPRKPLH Kabupaten  Ciamis.

Bahkan diakuinya, untuk mobil bis yayasan pun yang memang sudah jarang dipakai sekarang dipergunakan sekretariat Adiwiyata dan pajangan karya inovasi dari peserta didik yang dibuat dari limbah kertas, plastik dan botol plastik.

Disini anak-anak diberikan pendidikan karakter kesadaran tentang lingkungan dan kebersihan, pihaknya mengajarkan pada peserta didik mana sampah yang organik dan non organik.

Selain itu, inovasi dari anak anak di RA tersebut yaitu memanfaatkan sampah untuk bisa digunakan. Contoh, materinya tema memasak, nah anak- anak disini diajarkan membuat topi koki dari bahan limbah dus atau kertas.

Baca:  Makanan Sehat untuk Anak, Tak Harus Mahal dan Mewah

” Disini kami tentu ingin menjadi sekolah yang berbeda dengan mengusung konsep  lingkungan. Makanya ada juga di sini ada tanaman buah buahan, tanaman obat dan tanaman hias,” Jelasnya

Baca:  Never Have I Ever Season 2 Drama Komedi Terbaru Netflix

Dirinya pun optimis bisa menerapkan Sekolah Adiwiyata, dan ini semata bukan karena ingin mendapatkan penghargaan namun karena itu adalah tuntunan yang diajarkan dalam agama islam.

” Harapan besar kami, semoga saja sekolah RA ini bisa dijadikan sekolah percontohan Sekolah Adiwiyata untuk seluruh RA khususnya di Kabupaten Ciamis” Tuturnya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer