Proses Gempa Bumi Ini Wajib Kamu Ketahui!

0
823
Proses Gempa Bumi Anda Wajib Baca

Reportasee.com – Proses Gempa Bumi Ini Wajib Kamu Ketahui! Gempa bumi merupakan bencana yang diakibatkan karena adanya getaran.

Bencana ini cukup mematikan dan sangat diwaspadai oleh masyarakat. Terutama, di Indonesia yang memang sangat rentan dari gempa bumi.

Ternyata, gempa bumi yang dihasilkan juga melalui tahapan yang cukup rumit. Bagaimana prosesnya? Ketahui lebih lengkapnya proses terjadinya gempa pada artikel ini.

Gempa bumi yang terjadi tentu memiliki tahapan cukup panjang. Meskipun, untuk getaran yang dihasilkan hanya beberapa detik saja.

Faktanya, meskipun berlangsung dengan cukup rendah tetapi untuk kekuatannya sendiri cukup kuat.

Tidak heran, jika banyak yang terkena dampaknya begitu besar. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai proses gempa, dapat membaca artikel di bawah ini.

Proses Gempa Bumi

Sangat penting, bagi anda memahami proses mulai terjadinya gempa bumi. Berikut ini prosesnya.

Gempa Vulkanik

Proses terjadinya gempa yaitu dari fenomena meletusnya gunung berapi. Dimana, gunung tersebut aktif dan mengeluarkan magma serta energi yang ada pada perut bumi.

Energi yang dikeluarkan tentu sangat besar dan menyebabkan getaran yang cukup dahsyat. Jika gunung tersebut berada di laut, maka bisa menyebabkan terjadinya bencana tsunami.

Gempa Tektonik

Gempa ini terjadi karena adanya benturan terhadap lempengan bumi. Dengan begitu menghasilkan efek getaran yang cukup tinggi.

Interaksi antara lempeng masuk kebawah atau dikenal dengan subduksi. Kemudian, getaran berubah menjadi lebih besar lagi dan bahkan menyebabkan tanah menjadi rusak.

Gempa Ekstraterestrial

Meski jarang terjadi, namun sejarah mencatat untuk dampak yang dihasilkan sangatlah luar biasa.

Gempa ini terjadi karena adanya benda langit ataupun meteor yang jatuh ke bumi dengan kekuatan tinggi. Akibatnya, getaran yang dihasilkan menjadi tinggi.

Begitulah proses gempa bumi yang kami sampaikan secara lengkap. Dengan begitu,anda menjadi lebih paham mengenai hal ini.

Alangkah baiknya, untuk selalu meningkatkan rasa kewaspadaan. Terlebih, jika anda berada di wilayah yang rawan akan bencana gempa. Itulah Proses Gempa Bumi yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here