27.3 C
Indonesia
Senin, Oktober 14, 2019
No menu items!

Profil Provinsi Jawa Timur Beserta Sejarahnya

Wajib Baca

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan...

Reportasee.com,- Profil Provinsi Jawa Timur dapat anda ketahui bahwa memiliki sejarah dan budaya yang tentunya lain daripada yang lain.

Titik koordinat Provinsi ini terletak di bagian timur dari Pulau Jawa, Indonesia. Sedangkan Ibu Kotanya bertempat di Kota Pahlawan yakni Kota Surabaya.

Jumlah penduduk di Provinsi ini mencapai 42.020.600 jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2017. Di lain hal, luas wilayahnya juga mencapai angka 47.900 km2.

Yang perlu anda ketahui tentang Jawa Timur yaitu hingga kini Provinsi ini masuk di urutan 6 Provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak.

Hari jadi Provinsi ini jatuh pada tanggal 12 Oktober 1945 dan berdasar hukum Undang Undang Nomor 2 Tahun 1950.

Sistem pemerintahannya dipimpin oleh Gubernur yaitu Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur yaitu Emil Dardak. Dan tentang sejarahnya bisa anda simak ulasan berikut ini.

Baca: 3 Tempat Wisata Terbaik di Kota Jawa Timur

Profil Provinsi Jawa Timur Beserta Sejarahnya

Zaman Prasejarah

Pada sejarahnya, Provinsi ini telah dihuni oleh manunia purba dan hingga kini fosil-fosil peninggalan tersebut masih tetap utuh dan berada di daerah Kepuhlagen, Mojokerto.

Inilah Profil Provinsi Jawa Timur yang patut anda ketahui tentang prasejarahnya.

Era Klasik

Pada era klasik tepatnya di tahun 929, pusat Kerajaan Mataram telah dipindahkan oleh Mpu Sindok bermula dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Selain itu, Wangsa Isyana telah didirikan hingga menjadi Kerajaan Medang. Ini merupakan bukti awal mula masuknya Agama Islam. Inilah Profil Provinsi Jawa Timur di era klasik.

Era Kolonialiasme

Sedangkan pada era kolonial, Provinsi ini dijajah oleh Bangsa Portugis yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman yang pada tahun 1596 tengah berlabuh di Pulau Madura.

Dan pada tanggal 13 Mei 1677, VOC menguasai Kota Surabaya. Ini merupakan Provinsi Jawa Timur yang terjadi pada era kolonialisme.

Pasca Kemerdekaan

Dan pasca kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi menjadi bagian dari Negara Indonesia. Dan terbentuknya Provinsi Jawa Timur telah disesuaikan dengan UU No. 2 tahun 1950. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada makanan-makanan tertentu khususnya makanan-makanan dari...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh seseorang, madu...

Tips Jadi Pejuang Anti Hoaks Di Whatsapp Untuk Anda

Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti tidak asing dengan aplikasi whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya bisa berbicara dengan pengguna lainnya melalui media smartphone. Dengan...

IJTI Tapal Kuda: Ya Liputan, Ya Sigap Tangani Bencana

Reprotasee.com - Rapat Kerja (Raker) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapal Kuda diadakan di Hotel Luminor Jember, Minggu (14/10/2019).
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: