22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaPrakerja Gelombang 14 Hadirkan Fitur Baru, Apa Itu?

Prakerja Gelombang 14 Hadirkan Fitur Baru, Apa Itu?

Reportasee.com – Resmi, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14 dinyatakan dibuka kembali pada hari ini, Kamis 11-03-2021 pada pukul 12.00. WIB secara serentak.

Hadirnya pembukaan gelombang baru Kartu Prakerja tentu sangat disambut antusias oleh sejumlah masyarakat terutama bagi yang terkena dampak pandemic corona dan kalangan jobsekeers.

Selain membantu perkenomian dengan benefit uang saku per bulannya, peserta juga mendapatkan ilmu dan skill yang dibutuhkan sebagai bekal untuk mencari pekerjaan yang lebih baik sesuai dengan minat dan bakat.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Merupakan program besutan Presiden Joko Widodo dalam kampanye pilpres 2019 sebagai upaya bantuan biaya pelatihan yang diperuntukkan untuk para pencari kerja dalam meningkatkan keterampilannya.

Hadirnya program tersebut juga sebagai upaya pemerintah dalam menaggulangi masyarakat yang tekena dampak ekonomi pandemi virus corona. Peserta yang berhasil mengikuti pelatihan hingga tuntas berhak mendapatkan benefit uang saku sebesar Rp 2,4 juta selama empat bulan secara berkala melakui rekening atau aplikasi lain yang sudah terkoneksi.

Tidak hanya itu, pihak Prakerja juga memberikan insentif sebesar Rp 150 ribu untuk peserta yang telah mengisi survei atas kepuasan peserta dalam melakukan program Prakerja.

Jadi tidak heran bila antuasias masyarakat dalam menyambut Kartu Prakerja cukup tinggi setiap gelombangnya.

Mengintip Fitur Baru Kartu Prakerja Gelombang 14

Kabarnya, pada gelombang ini pemerintah menyiapkan satu fitur baru yang tentunya sangat berguna bagi calon pendaftar.

Fitur tersebut dapat menginformasikan secara lengkap kepada pengguna berupa poin alasan ketika dinyatakan tidak lolos ke tahap selanjutnya.

Menurut Deni selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, menuturkan bahwa pada gelombang 14 pihaknya berusaha semaksimal mungkin memperbaiki sejumlah fitur, terutama dalam menginformasikan kepada pengguna alasan tidak berhasil mendapatkan Kartu Prakerja.

Alasan pihaknya berbenah membuat fitur tersebut yakni sebagai jawaban respon terhadap banyaknya pertanyaan yang muncul mengapa seseorang tidak kunjung lolos dan lainnya.

Hadirnya fitur tersebut tentu disambut baik oleh masyarakat sebagai bahan evaluasi untuk dapat memperbaiki pada gelombang selanjutnya.

Faktor Umum Gagal Mendaftar Prakerja

Dengan hadirnya fitur terbaru, maka secara langsung dapat menekan angka pengguna yang tidak lolos.

Tercatat setiap tahunnya menyisakan pengguna yang tidak lolos sebesar 30.000 pengguna. Angka tersebut dinilai cukup tinggi yang didominasi oleh minimnya edukasi dalam melakukan pendaftaran Kartu Prakerja.

Lalu, sudahkah anda mengetahui faktor utama banyaknya calon pengguna yang gagal melakukan pendaftaran prakerja?

Menurutnya, banyak calon peserta yang gagal lolos sebab unggahan berkas yang diupload tidak valid. Seperti mengupload foto dengan menggunakan acesories berupa kacamata, topi, hingga telinga yang tidak terlihat.

Tidak hanya itu, faktor lainnya berupa kualitas unggahan data diri yang blur hingga tidak dapat terdeteksi oleh sistem.

Nyatanya masih banyak calon pengguna yang mengabaikan hal tersebut namun imbasnya cukup fatal bila tidak dicermasti dengan bijak dan tepat.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 14

Tertarik mendaftar?

Pastikan anda memenuhi tiga syarat utama dibawah ini;

  1. Minimal usia 18 tahun
  2. Merupakan Warga Negara Indonesia
  3. Tidak sedang mengikuti Pendidikan Formal

Ingat ya, data yang dimasukkan sudah terintegrasi dengan sistem administrasi negara. Jadi, sistem dapat mendeteksi jenjang umur hingga status aktif sebagai mahasiswa.

Jika telah dinyatakan lulus namun masih tercatat sebagai mahasiswa aktif, silahkan anda dapat mnegurus ke perguruan tinggi masing-masing untuk mengubah status aktif menjadi tidak aktif.

Baca:  Situs Download Game PC Gratis, Terlengkap dan Legal

Cara Mendaftar Akun Prakerja Dengan Mudah

Pada dasarnya sangatlah mudah dalam mendaftar akun prakerja. Ingat ya, jangan gunakan jasa joki meskipun memasang tarif rendah. Sebab saat ini marak kasus penipuan hingga penyalahgunaan akun prakerja.

Baca:  NetDania, Salah Satu Aplikasi Trading Forex Terbaik

Berikut cara mendaftar dengan tepat:

  1. Silahkan kunjungi website resmi prakerja
  2. Daftarkan email anda dengan mengklik Buat Akun
  3. Selanjutnya, anda akan menerima verifikasi melalui email
  4. Selesai sudah. Kini anda telah berhasil membuat akun prakerja
  5. Silahkan login dengan akun email anda
  6. Pada tahap pertama, anda diminta memasukkan nomor KTP, nomor KK, serta tanggal lahir
  7. Pada tahap kedua, anda diminta memasukkan data diri lengkap. Pastikan tidak terlewat satupun
  8. Tahap terakhir, anda diminta memasukkan nomor telepon aktif
  9. Klik Submit.

Selesai sudah mendaftar Kartu Prakerja. Sistem akan memverifikasi data anda terlebih dahulu dengan memakan waktu lebih dari 24 jam. Jadi, harap bersabar dan cek email secara berkala.

Jika anda dinyatakan lolos, anda dapat memilih layanan pelatihan yang tersedia dengan menggunakan akun tersebut, Sebaliknya, jika dinyatakan tidak lolos anda menerima notifikasi pada dashboard yang memaparkan alasan tidak berhak menerima Kartu Prakerja.

Tips Penting Daftar Kartu Prakerja

Dijamin anti gagal, berikut empat tips utama dalam melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, selengkapnya berikut ini;

  1. Hindari Mendaftar Pada Siang Hari

Normalnya, banyak peserta yang mengakses layanan pada jam-jam sibuk kerja. Selain mendaftar, banyak juga peserta yang sedang mengikuti program pelatihan.

Jika server mengalami down ketika anda sedang mendaftar, hal ini dapat mempengaruhi proses pendaftaran sehingga data yang diinput tidak terverifikasi oleh sistem secara maksimal.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mendaftar pada malam hari agar menimalisir server down ketika siang hari.

2. Jangan Gunakan Joki Ketika Mendaftar

Sebab pengetahuan edukasi yang minim, nyatanya masih banyak calon peserta yang menggunakan jasa joki ketika mendaftar prakerja.

Imbasnya, tidak sedikit pengguna yang menjadi korban penipuan sebab akun berpeluang disalahgunakan oleh orang lain. Bisa saja data diri yang anda kirimkan dapat digunakan untuk hal yang tidak diinginkan, misalnya untuk data pinjol yang kini sedang marak.

Ingat ya, mendaftar Kartu Prakerja sangat mudah dilakukan jika dibekali dengan wawasan yang cukup. Jadi, jangan gunakan jasa joki manapun.

3. Masukkan Data Dengan Benar dan Jujur

Semakin berkembangnya teknologi juga berimbas dengan sistem integrasi catatan kependudukan sipil suatu negara termasuk Indonesia. Cukup memasukkan NIK, data anda sudah terpapar dengan lengkap melalui sistem.

Oleh sebab itu, dihimbau agar jangan sekali-kali mencoba berbohong dengan mamasukka data palsu yang tidak sesuai. Masukkan data dengan benar dan tepat.

4. Pastikan Kualitas Unggahan Dokumen Apik dan Sesuai

Maksudnya ialah anda harus memastikan agar dokumen yang diupload telah sesuai dengan ukuran yang disarankan.

Menurut Manajemen Pelaksana Program Prakerja, mayoritas calon peserta yang gagal disebabkan oleh buruknya kualitas unggahan dokumen, misalnya blur, terlalu gelap, tidak jelas dibaca, hingga kapasita yang terlalu kecil atau terlalu besar.

Meskipun spele, namun setidaknya pengguna harus benar-benar memperhatikan dokumen yang diunggah agar peluang lolos semakin besar.

Jangan lupa juga, pastikan foto diri terlihat jelas. Hindari menggunakan asesories yang tidak penting seperti kacamata, topi, dll.

Semoga hadirnya ulasan berbagi tentang informasi seputar Kartu Prakerja Gelombang 14 dapat bermanfaat untuk anda.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular