Ponpes di Jawa Timur yang Paling Maju

0
301
Ponpes di Jawa Timur yang Paling Maju

Reportasee.com – Provinsi Jawa Timur tak hanya terkenal dengan budaya dan ada isiadatnya. Namun juga terkenal akan Pondok Pesantrennya yang sejauh ini paling maju dan favorit.

Tim Redaksi akan memberi informasi tentang Ponpes di Jawa Timur yang tentunya paling maju di beberapa daerah. Dan berikut ini daftar Ponpes tersebut dari yang terbaik.

Nama Ponpes di Jawa Timur

Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Sumenep

Ponpes di Jawa Timur yang pertama ini sangat kental dengan budaya Islam sejak jaman kuno. Dibangun oleh Kiayi Syarqowi, hingga kini Ponpes tersebut banyak mengalami perkembangan dan sudah bertaraf Internasional.

Sejarah awalnya diasuh oleh Kiayi Chotib pada abad ke-20. Setelah beliau berpulang ke haribaanNya, kini Ponpen tersebut diasuh oleh KH. Djauhari.

Pondok Pesantren Al Falah, Kediri

Ponpes yang berikutnya ini didirikan oleh KH. A. Djazuli Usman pada tanggal 1 Januari 1925.

Awalnya hanya memanfaatkan serambi masjdi untuk kegiatan belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an. Sejarah awalnya Ponpes ini diminati oleh kalangan abangan.

Program pendidikannya mencakup MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan Majelis Musyawarah Riyadlotut Tholabah.

Sampai sekarang jumlah santriwan dan santriwatinya melebih angka 3.000 jiwa.

Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Magetan

Sedangkan Ponpes yang ketiga ini merupakan salah satu Ponpes paling maju di Kota Magetan.

Awal mula didirikannya Ponpes ini yaitu berawal dari rumah pribadi KH. Shidiq sejak tahun 1930.

Sehingga terjadilah pembangunan pondok sebanyak 12 kamar. Dan hingga kini banyak pondok yang sudah didirikan serta memiliki gedung pembelajaran Al-Qur’an, Ilmu Umum dan lain-lain.

Pondok Pesantren Al Khairat, Malang

Dan Ponpes di Jawa Timur yang paling akhir berada di Kota Malang. KH. Syuhud Zayyadi adalah pendiri awal Ponpes tersebut di tahun 1963.

Awal mulanya Ponpes ini adalah salah satu lembaga pengajaran Islam dengan sistem pengajian bandongan dan sorongan.

Sejauh ini banyak pendidikan yang tengah diberlakukan hingga berhasil mencetak para santri terbaik di beberapa daerah. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.