Polres Jember Sebut Isu Pemutihan SIM Tanpa Tes “Hoax”

0
383
blank

Reportasee.com – Belum lama ini beredar isu mencuat di medsos tentang sistem pemutihan SIM tanpa harus melalui tes. Akun Facebook bernama Aldo Ajzan menyebarkan isu, masa berlaku SIM yang sudah habis, bisa diaktifkan kembali tanpa tes praktek.

Postingan itu pun menjadi viral, hingga dibanjiri komentar banyak pengguna sosmed.

Kanit Regident Satlantas Polres Jember, Iptu Agnis Juwita, S.IK., memastikan informasi yang banyak beredar tersebut tidak benar alias menyesatkan.

“Tidak ada pemutihan itu. Kalau SIM mati atau masa berlakunya sudah habis, harus diperbarui dan mengulang tes lagi,” ujar Agnis saat dikonfirmasi, Selasa (10/09/2019).

Agnis menegaskan, bahwa syarat-syarat perpanjangan masa berlaku SIM tidak mengalami perubahan, tidak seperti kabar bohong yang menyebar luas di medsos tersebut.

“Selalu kami informasikan, bahwa sebelum tanggal jatuh tempo atau masa berlakunya habis, segera mengurus perpanjangan, karena tidak ada pemutihan,” imbuhnya.

Dalam pembuatan ulang, lanjut Agnis, sama seperti pembuatan SIM baru. Diantaranya menyiapkan dokumen-dokumen pribadi, mengisi formulir, tes tulis dan berkendara.

Setelah dinyatakan lulus, diambil sidik jari, tanda tangan dan pas photo, sebelum SIM diterbitkan.

“Itu sesuai pasal yang diatur dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 tahun 2012 tentang SIM. Jadi, sebelum masa berlakunya berakhir, pemohon sudah mengupayakan perpanjangan,” pungkasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here