32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaPlus Minus Investasi Saham Berikut Wajib Anda Pahami

Plus Minus Investasi Saham Berikut Wajib Anda Pahami

Investasi saham memang terkesan menggiurkan karena keuntungan besar yang dijanjikan. Namun, dibalik segala kelebihan yang dimiliki pasti juga menyimpan kekurangan. Sebelum memutuskan melakukan investasi saham, sebaiknya pahami dulu plus minus investasi saham.

Kekurangan dan kelebihannya perlu Anda pahami sebelumnya supaya tidak salah paham nantinya. Berikut uraian mengenai plus minus yang dimiliki oleh investasi saham.

Kelebihan Melakukan Investasi Saham

Salah satu hal yang membuat investasi banyak orang lirik adalah karena keuntungan yang nantinya investor dapatkan. Selain keuntungan dalam segi materi, kira-kira apa saja kelebihan yang dimilikinya? Berikut daftar kelebihan yang dimiliki investasi saham.

Tidak Memerlukan Perawatan

Kelebihan pertama yang oleh investasi saham tawarkan adalah tidak memerlukan perawatan. Hal tersebut memang benar adanya. Saham yang Anda investasikan bukan berupa barang melainkan uang sehingga tidak memerlukan perawatan.

Para investor atau pemilik saham hanya perlu memantau perkembangan saham secara cermat. Dengan demikian, investor dapat mengantisipasi jika suatu saat ada hal buruk terjadi.

Investor Tidak Perlu Melakukan Pembayaran Pajak

Berbeda dengan bisnis-bisnis pada umumnya yang mengharuskan pemiliknya untuk membayar pajak, investasi saham tidak demikian. Seorang investor tidak memiliki tanggungan untuk membayar pajak atas saham yang mereka miliki.

Dengan begitu, keuntungan yang investor peroleh dari hasil investasi pun bisa mereka nikmati tanpa harus repot-repot mengalokasikan dana khusus pajak. Investasi saham terasa lebih ringan bukan?

Grafik Pergerakan Saham dapat Dipantau Melalui Media

Plus minus investasi saham selanjutnya terletak pada kemudahan yang dirasakan oleh investor ketika ingin mengakses grafik pergerakan saham. Hal tersebut tidak lain karena peranan teknologi yang semakin canggih.

Para investor sekarang ini sudah dapat memantau saham yang mereka investasikan melalui media baik cetak maupun elektronik. Segala data yang berkaitan dengan saham ada laporkannya secara berkala dalam media tersebut.

Memberikan Return yang Menjanjikan dan Berkelanjutan

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh investasi saham adalah return yang para investor terima sangat menjanjikan dan tentunya berkelanjutan. Pergerakan saham dapat dikatakan sangat dinamis. Hal tersebut memungkinkan para investor untuk mendapatkan return besar dalam waktu singkat.

Dengan demikian, keuntungan yang investor peroleh tentu dalam jumlah besar. Hal ini yang banyak jadi alasan oleh para calon investor untuk melakukan investasi saham.

Investor Tidak Perlu Merekrut Karyawan

Berbeda dengan bidang konvensional, investasi saham tidak memerlukan banyak orang untuk mengelolanya. Investor bisa mengelolanya sendiri tanpa bantuan karyawan. Keuntungan yang mereka dapatkan pun bersih tanpa harus ada potongan untuk membayar karyawan.

Baca:  Ini Perbedaan Facial Wash Dengan Facial Scrub

Akan tetapi, susahnya adalah ketika Anda kurang paham mengenai pengelolaan saham. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggandeng seorang mentor. Dengan demikian, kerugian bisa Anda minimalisir.

Baca:  Penyebab Rambut Bercabang, Atasi Sebelum Semakin Rusak!

Kekurangan Melakukan Investasi Saham

Selain dikelilingi dengan kelebihannya yang luar biasa dan sangat menguntungkan, investasi saham juga tak luput dari kekurangan. Sangat wajar saja, yang namanya bisnis pasti ada untung dan rugi. Nah, berikut ada beberapa kekurangan yang mungkin saja Anda alami saat berinvestasi saham.

Menuntut Investor untuk Terus Memantau Grafik Perkembangan Saham Secara Cermat

Menjadi investor memang harus pintar. Terlebih dalam urusan analisa dan pemantauan grafik perkembangan saham. Hal tersebut harus Anda lakukan secara cermat agar saham yang telah Anda investasikan tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Kegiatan pemantauan ini tentu sulit bagi sebagian investor, mungkin saja Anda juga mengalaminya. Terlebih jika Anda bekerja sendiri tanpa karyawan dan memiliki bisnis selain investasi yang mana juga sama-sama memerlukan perhatian.

Investor Mudah Tergoyah oleh Pendapatan Besar

Plus minus investasi saham yang lainnya adalah seorang investor yang biasanya mudah tergoyah karena mendapat iming-imingi berupa keuntungan lebih besar. Sebenarnya hal ini sangat wajar. Namanya manusia pasti akan memilih mana yang memberinya untung lebih besar.

Padahal, sebagai seorang investor harus bekerja secara tepat dan cerdas. Jangan bertindak irasional karena iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat.

Anda harus berhati-hati, jangan sampai masuk pada bisnis investasi bodong. Harga saham memang mudah untuk Anda akses, namun hal tersebut bisa jadi adalah boomerang bagi Anda.

Bisa Mengalami Kerugian yang Besar

Bagi seorang investor, return merupakan salah satu hal yang paling mereka tunggu-tunggu. Akan tetapi, dari return yang besar terkadang juga ada potensi kerugian yang sama besarnya. Hal tersebut tidak lain karena Anda sebagai investor kurang cermat dalam melakukan analisa.

Wajar saja, namun jika ingin melakukan investasi, sebelumnya memang harus memahami konsekuensi yang akan ANda terima kemudian. Yang namanya usaha, naik turun itu biasa apalagi dengan yang namanya investasi saham.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi saham. Setelah mengetahui beberapa plus minus investasi saham, Anda menjadi tertarik atau malah takut untuk melakukan investasi?

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer