PKIH Unigal Soroti Kegiatan KPU Ciamis di Luar Kota

0
341
PKIH Unigal Kembali Soroti Kegiatan KPU di Luar Ciamis

Reportasee.com,- Direktur Pusat Kajian Ilmu Hukum (PKIH) Universitas Galuh (Unigal), Hendra Sukarman, SE, SH., MH menyoroti kegiatan KPU Kabupaten Ciamis yang selalu diselenggarkaan di luar kota. Bahkan dia menyebut hal itu sebagai modus untuk menghabiskan anggaran.

Hendra menilai, penyelenggaraan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 yang baru-baru ini digelar KPU Ciamis merupakan pemborosan anggaran. Pasalnya pertemuan tersebut digelar di luar Kabupaten Ciamis, yakni di Karang Resik, Kota Tasikmalaya, Selasa (30/07/2019).

Menurut Hendra, KPU Ciamis hanya membuang-buang anggaran dalam penyelenggaraan kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye. Padahal penyelenggaraan Pilkada serentak dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, bukannya di Tasik.

Hendra berpendapat, masih banyak tempat yang layak di Kabupaten Ciamis untuk menyelenggarakan kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu 2019. Dia justru mempertanyakan pertimbangan KPU yang memilih kegiatan di luar Ciamis.

Pasalnya, masih ada tempat, gedung atau hotel di Ciamis yang mampu menampung hinggga 100 orang peserta untuk kegiatan sosialisasi.

Pada kesempatan itu, Hendra mengingatkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan KPU Kabupaten Ciamis dibiayai oleh pemerintahatau APBD Ciamis, bukannya menggunakan anggaran pemerintah Tasikmalaya.

Hendra justru mensinyalir, kegiatan yang sengaja diselenggarakan di luar Kabupaten Ciamis merupakan modus KPU Ciamis untuk menghamburkan anggaran negara.

Di tempat terpisah, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Politik Partisipasi dan SDM, Muharam Drajat, membantah kegiatan tersebut merupakan modus pihaknya untuk menghabiskan anggaran negara.

Muharam menjelaskan, kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 yang diselenggarakan KPU Kabupaten Ciamis merupakan usulan dari partai politik. Pasalnya, pihaknya selalu menggelar kegiatan sosialisasi di Aula KPU Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan di Tasik tadi adalah usulan bersama. Bukan inisiatif KPU Ciamis,” katanya.

Menurut Muharam, sebelumnya KPU Ciamis sudah melakukan survey ke sejumlah tempat di Kabupaten Ciamis. Namun pihaknya tidak mendapatkan tempat yang cocok untuk kegiatan tersebut.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Ciamis yang digelar KPU di Tasikmalaya, dihadiri perwakilan partai politik, media, Bawaslu dan unsur Forkopimda. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka mengumpulkan aspirasi semua elemen agar penyelenggaraan Pemilu kedepan lebih baik. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here