Perut Kembung Pada Anak, Berikut Cara Mengatasinya

0
35
perut kembung pada anak
ilustrasi perut kembung pada anak (foto: net)

Reportasee.com – Perut kembung pada anak menjadi sesuatu hal yang tidak nyaman bagi sang anak. Tentunya tidak jarang membuat para orangtua bingung, karena akan membuat sang anak rewel dan tidak nyaman.

Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak?

Sebelum Anda mengenal cara mengatasi perut kembung yang terjadi pada anak, akan sangat penting untuk mengenali penyebab gangguan ini bisa terjadi.

Bukan hanya pada anak-anak,gangguan pada perut ini akan membuat siapapun merasa tidak nyaman. Perut kembung juga dapat dirasakan oleh siapapun terutama pada anak-anak.

Karena itu, penting untuk Anda ketahui, penyebab terjadinya perut kembung pada anak agar dapat memberikan penanganan terbaik.

Penyebab Anak Mengalami Perut Kembung

Kemasukan Udara

Salah satu penyebab utama terjadinya perut yang kembung adalah gas berlebihan yang terjadi pada usus.

Perut kembung pada anak terjadi, karena sang anak yang memang terlalu banyak menelan udara. Banyak juga penyebab yang membuat banyak udara masuk ke dalam tubuh si anak.

Banyak orang tua yang tidak menyadari, bahwa anak yang senang untuk bermain dan berlari saat makan akan membuat udara banyak masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, saat anak terlalu banyak menangis dan juga batuk akan membuat banyak udara masuk ke tubuh sehingga perut menjadi kembung bisa terjadi.

Beberapa bahan makanan juga bisa membuat anak memiliki banyak udara yang masuk ke dalam ususnya, seperti bawang, kembang kol, lobak hingga kacang-kacangan.

Baca:  Game Online Pertanian Harvest Moon One World Terbaru Akan Rilis

Dengan mengonsumsi bahan makanan tersebut, akan membuat banyak udara yang masuk sehingga si anak merasakan perutnya terasa kembung dan tidak nyaman.

Soda termasuk minuman yang sebaiknya Anda kurangi untuk dikonsumsi anak, karena minuman tersebut dapat menyebabkan perutnya menjadi kembung.

Hal ini yang membuat Anda sebagai orang tua, harus pintar dalam mengenal banyak bahan makanan yang baik mereka konsumsi.

Kekurangan Gizi

Bukan hanya masuknya udara yang terlalu banyak ke tubuh saja, namun gangguan pada perut yang terjadi pada anak juga bisa menjadi tanda bahwa si anak kekurangan gizi.

Beberapa penyakit yang kemugkinan menyebabkan perut kembung yang terjadi pada anak adalah adanya gangguan pencernaan, pertumbuhan bakteri yang terjadi pada usus hingga peristaltik usus.

Kondisi ini yang membuat anak Anda akan mengalami perut yang tidak nyaman, sembelit hingga bahkan muntah.

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Pola dan Cara Makan yang Baik

Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati perut kembung pada anak yaitu membiasakan memiliki pola makan yang baik.

Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk bisa melakukan kontrol terhadap pola makan yang sering mereka lakukan setiap hari.

Selalu biasakan agar anak Anda dapat makan dengan tenang dan juga santai, tanpa berlari agar mencegah banyaknya udara yang masuk ke dalam tubuh.

Baca:  Hari Dongeng Sedunia, Apa Kamu Merayakannya?

Orang tua tentunya dapat memberikan contoh untuk tetap makan dengan tenang di ruang makan.

Pastikan juga untuk memverikan contoh kepada anak, agar makan dengan perlahan dan mengunyah makanan secara perlahan.

Jika memang anak Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya Anda mulai dapat untuk mengubah pola makan dengan baik. Anda perlu segera memberikan penanganan yang cepat agar anak kembali merasa nyaman.

Jangan Asal Pilih Makanan

Bukan hanya memperhatikan bagaimana cara makan dan pola makan anak, sebagai orang tua Anda harus bisa memperhatikan jenis makanan apa saja yang baik mereka konsumsi.

Cobalah untuk tetap mengonsumsi bahan makanan bergizi dan tidak mengandung terlalu banyak gas.

Untuk bahan makanan yang aman untuk mengatasi gangguan perut, Anda dapat memberikan makanan berupa ikan, telur, jagung, susu dan yoghurt.

Hal ini akan meminimalisir dan mengurangi rasa tidak nyaman pada perutnya.

Konsumsi Asupan Air yang Cukup

Mulailah untuk dapat mengajarkan sang anak untuk mengkonsumsi air yang cukup. Hal ini akan mengurangi dan menghilangkan perut kembung pada si anak.

Jika Anda memberinya jus buah, hal itu justru memicu pembentukan gas yang terjadi pada pencernaan. Daripada mengonsumsi jus buah, maka akan lebih baik untuk memberikannya air putih.

Baca:  Apa Itu Sindrome Prader Willi Dan Bagaiman Cara Mengatasinya?

Air putih akan sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari mengonsumsi air putih yaitu untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut sang buah hati.

Pastikan bahwa asupan air putih cukup, untuk dapat mengurangi terjadinya rasa kembung pada perutnya.

Kompres Perut dengan Air Hangat

Saat gangguan perut ini terjadi pada sang buah hati, maka salah satu penanganan pertama yang dapat Anda lakukan yaitu untuk melakukan kompres dengan air hangat.

Jika memang anak Anda merasakan tidak nyaman akibat gangguan ini, Anda bisa memberikannya kompres pada perutnya dengan air hangat.

Air hangat dapat Anda jadikan sebagai minuman sehat untuk sang anak. Manfaat air hangat ini mampu untuk meredakannya atau Anda juga bisa kompres pada bagian perutnya.

Bukan hanya mengurangi gejalanya saja, namun cara ini bisa menjadi cara untuk menghilangkan masalah perut tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak. Sangat penting untuk Anda ketahui apa saja yang menyebabkan udara terlalu banyak masuk, sehingga membuat perut menjadi kembung.

Tetap pastikan bahwa gizi dan asupan nutrisi pada anak selalu terjaga agar sang anak tumbuh dengan sehat. Pola hidup dan makan yang sehat akan membuat sang buah hati terhindar dari berbagai gangguan dan penyakit.