Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

0
280
Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Reportasee.com – Penyebab rambut rontok pada wanita. Rambut sering dianggap sebagai aset fisik paling berharga dari seorang wanita.

Karena rambut merupakan ciri dari kecantikan wanita, dan mendefinisikan dari perasaan perawatan pribadinya. Setiap wanita berusaha keras untuk menjaga rambutnya supaya sehat dan indah.

Itulah sebabnya kerontokan rambut seringkali membuat depresi dan demoralisasi dari sebagian besar wanita. Stres adalah penyebab kerontokan rambut pada wanita.

Umumnya, sekitar sepuluh persen rambut pada kulit kepala tetap dalam posisi istirahat. Usai dua atau tiga bulan kemudian, rambut baru mulai tumbuh kembali di tempatnya.

Siklus ini berlanjut selama sekitar dua hingga enam tahun kedepan. ‘Alopecia’, istilah medis untuk kerontokan rambut, adalah kecenderungan yang lazim pada pria.

Tetapi sangat mengejutkan, sekitar dua pertiga wanita menderita kerontokan rambut prematur. Mungkin ada beberapa alasan penyebab kerontokan rambut pada wanita.

Jenis Kerontokan Rambut

Ada empat jenis utama kerontokan rambut yang menyebabkan penipisan rambut pada wanita, berikut ini diantaranya:

Androgenetic Alopecia

Androgenetic Alopecia yaitu salah satu jenis rambut rontok yang paling umum pada wanita, yang sering muncul secara mencolok di dahi, bagian atas dan belakang kepala.

Wanita tidak kehilangan semua rambut mereka, tetapi mulai menipis perlahan-lahan. Rambut rontok pada kategori ini dimulai pada mahkota kepala dan kemudian bergerak maju.

Secara umum, hormon androgenetik mempengaruhi wanita pada alopesia androgenetik.

Alopecia Areata

Alopecia Areata, yaitu penyakit pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok yang parah.

Umumnya, orang-orang yang menderita jenis rambut rontok ini kebanyakan memiliki bintik-bintik botak kecil, atau kehilangan semua rambut di kulit kepala mereka.

Biasanya dimulai pada anak usia dini, tepatnya ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang menumbuhkan rambut.

Dikarenakan hal itu, menjadi penyebab kerontokan rambut pada wanita. Ini dapat mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak dari kedua jenis kelamin.

Tetapi masalah ini dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan imunoterapi.

Telogen Effluvium

Telogen Effluvium, yaitu jenis kerontokan rambut secara tiba-tiba, yang sifatnya tidak kekal. Ini sering disebabkan oleh stres emosional.

Misalnya akibat kematian sahabat, atau stres fisik yang disebabkan oleh penyakit kronis atau juga pembedahan.

Wanita umumnya melihat rambut rontok di sisir. Ini disebabkan karena akar rambut menjadi tidak aktif yang menyebabkannya mulai rontok.

Setelah satu atau dua bulan, rambut baru mulai tumbuh ketika akar rambut yang tidak aktif kembali aktif.

Alopecia Traumatis

Masalah kerontokan rambut tipe ini terjadi karena banyak praktik perawatan rambut, seperti mengepang rambut sangat erat, atau melintir dan menarik rambut secara konstan.

Penyebab Rambut Rontok

Berikut sejumlah faktor yang dapat berkontribusi pada penyebab kerontokan rambut pada wanita:

Masalah Hormonal

Masalah hormonal sering menyebabkan rambut rontok pada wanita. Bahkan itu dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan.

Ini terjadi jika hormon seperti androgen dan estrogen tidak dalam keseimbangan yang sesuai, atau kelenjar tiroid terlalu aktif atau juga kurang aktif.

Namun, ketidakseimbangan hormon dapat membantu menghentikan kerontokan rambut.

Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu penyebab paling umum kerontokan rambut pada wanita. Biasanya mulai mengalami kerontokan rambut setelah tiga atau empat bulan.

Kerontokan rambut ini juga terkait dengan hormon, karena selama kehamilan hormon tertentu mencegah rambut rontok.

Namun, siklus normal pertumbuhan rambut kembali setelah empat hingga enam bulan kedepan.

Obat

Obat juga dapat menyebabkan rambut rontok pada wanita. Ada beberapa obat yang umumnya menyebabkan kerontokan rambut.

Diantaranya adalah obat yang digunakan untuk asam urat, kemoterapi untuk mengobati kanker, pil KB, anti-depresi, dan vitamin A (jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak sesuai). Namun, kerontokan rambut dapat berkurang jika obat ini dihentikan.

Infeksi

Infeksi jamur pada kulit kepala dapat menjadi salah satu alasan utama penyebab kerontokan rambut pada wanita. Bahkan dapat terjadi karena penyakit bawaan.

Telogen Effluvium

Perubahan dalam sistem pertumbuhan rambut normal serta diikuti oleh persalinan, diet ketat, operasi, trauma atau stres, juga bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut pada wanita.

Rambut rontok pada wanita seringkali dapat menjadi alasan untuk kesehatan mereka yang buruk dan kinerja yang buruk di tempat kerjanya.

Rambut adalah bagian tubuh halus yang membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang tepat supaya tetap sehat.

Karena itu, sangat penting untuk membahas masalah kerontokan rambut Anda dengan dokter dan spesialis rambut berkualitas.

Upaya ini untuk mengobati akar masalah yang menjadi penyebab rambut rontok. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.