22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaPenyebab Ponsel Mati Sendiri dan Solusinya

Penyebab Ponsel Mati Sendiri dan Solusinya

Mengalami ponsel mati menjadi hal yang tidak menyenangkan tentunya, karena ponsel kini merupakan barang yang penting dan dibutuhkan oleh hampir semua orang. Dalam hal ini, ada banyak penyebab ponsel mati sendiri yang mungkin Anda lakukan tanpa Anda sadari.

Namun, kabar baiknya, ponsel mati sendiri masih bisa diperbaiki dengan beberapa cacatan. Jika ponsel Anda mati sendiri, berikut ini kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Ponsel Mati Sendiri

Baterai Rusak

Penyebab ponsel bisa tiba-tiba mati yang pertama adalah baterai rusak. Baterai merupakan salah satu hardware yang memiliki fungsi penting untuk kinerja ponsel.

Bahkan saat ponsel mati, banyak orang yang memerika baterai terlebih dahulu.  Ada beberapa kemungkinan ponsel mati disebsbkan baterai diantaranya daya baterai habis dan baterai eror atau rusak  

Penyimpanan Penuh

Selanjutnya, yang membuat ponsel mati sendiri bisa disebabkan oleh penyimpanan penuh atau memori tidak cukup. Penyimpanan penuh bisa membuat ponsel mati akibat lag atau hang. Ini biasanya karena Anda menggunkan banyak aplikasi.

Kerusakan pada Tombol Power

Penyebab ponsel mati sendiri selanjutnya adalah tombol power rusak. Kerusakan pada tombol power bisa sangat mengganggu karena ponsel bisa tidak menyala lagi setelah mati mendadak.

Untuk mengatasi kerusakan tombol power sendiri, Anda harus memeriksa tombol dengan membuka casingnya secara langsung. 

Software Rusak

Selain hardware, ponsel mati sendiri juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada perangkat lunak atau software, seperti terjadinya bug pada firmware.

Perangkat lunak yang eror dapat mempengaruhi kinerja ponsel dan hardware-nya, seperti daya baterai lebih terkuras, ketidakstabilan sistem dan perangkat berjalan dengan lambat.

Makanya, produsen ponsel menyediakan layanan untuk meng-update perangkat lunak secara teratur. Karena pembaruan perangkat dapat mengoptimalkan kinerja ponsel dan meminimasilir terjadinya bug pada firmware.

CPU Terlalu Tinggi Penggunaannya

Penggunaan CPU yang terrlau tinggi juga dapat menyebabkan ponsel mati mendadak. Penggunaan CPU yang tinggi biasanya disebabkan oleh aplikasi latar belakang yang dijalankan terlau banyak.

Hal tersebut membuat penggunaan arus menjadi tinggi dan CPU butuh engatur ulang ponsel, sehingga ponsel mati sendiri. jika hal ini terjadi pada ponsel Anda, sebaiknya kurangi jumlah aplikasi di ponsel Anda.

Jadwal Daya Mati dan Hidup

Ponsel mati sendiri juga bisa disebabkan penjadwalan daya hidup dan mati. Hampir setiap smartphone saat ini dilengkapi dengan fitur jadwa daya mati dan hidup secara otomatis.

Jika ponsel Anda mati sendiri, bisa jadi Anda telah mengaktifkan fitur ini sehingga ponsel tiba-tiba mati sendiri.

Baca:  Rekomendasi Smartphone Terbaik Harga 2 Jutaan Bisa Buat Gaming

Cara Memperbaiki Ponsel Mati Sendiri

Setelah mengetahui penyebab ponsel mati sendiri, Anda tentu ingin tahu cara apa saja yang bisa mengatasi masalah ini.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ponsel yang mati sendiri. Beberapa cara bahkan bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah. Apa saja? berikut ini uraiannya.

Baca:  Dua Siswa SMAN 1 Ciamis Lolos Paskibraka Tingkat Provinsi

Kurangi Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi sangat berpengaruh pada kinerja ponsel, bahkan bisa menyebabkan ponsel mati sendiri. Cek apakah Anda menginstall aplikasi yang tidak compatible atau berbahaya.

Aplikasi yang tidak compatible sering terjadi eror. Selain itu, menginstall terlalu banyak aplikasi juga bisa membuat ponsel mati sendiri. Kurangi jumlah aplikasi yang Anda gunakan dalam hal ini. Anda bisa meng-uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting.

Hapus Sampah di Ponsel

Penumpukan file sampah sering menyebabkan ponsel lambat dan berat dan tak jarang membuat ponsel mati secara tiba-tiba. Jadi, Bersihkan file sampah atau cache pada android. Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkan sampah pada ponsel.

Memasang Antivirus

Ponsel mati sendiri juga sering karena virus, makanya Anda perlu memasang aplikasi Antivirus. Aplikasi ini dapat mencegah virus dan menghapusnya, supaya tidak merusak sistem android.

Beberapa aplikasi antivirus yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah AVAST Mobile, CM Security, AVG dan lainnya. Aplikasi-aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Playstore.

Reboot Ponsel

Cara selanjutnya untuk mengatasi ponsel mati sendiri adalah dengan melakukan reboot ponsel. Reboot bisa Anda terapkan dengan mematikan ponsel, kemudian cabut baterai, kartu memori dan katu SIM.

Biarkan ponsel kosong (tanpa baterai dan kartu) untuk beberapa saat. Setelah itu, pasang kembai kartu SIM, memori dan baterai, lalu nyalakan ponsel Anda kembali.

Reset ke Setelan Pabrik

Jika berbagai cara di atas telah Anda lakukan namun ponsel masih sering mengalami mati sendiri atau mendadak, Anda bisa melakukan factory reset atau menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik.

Akan tetapi, factory reset dapat beresiko pada hilangnya data-data di ponsel Anda. Jadi, jika ingin menerapkannya, Anda perlu melakukan backup atau pencadangan terlebih dahulu.

Untuk melakukan factory reset juga cukup mudah, Anda harus masuk ke menu pengaturan, lau pilih setelan tambahan. Kemudian, pilih “backup dan reset”, lalu klik “factory data reset”, setelah itu “reset phone”.  Jika cara ini tidak berhasil, mungkin terdapat kerusakan hardware dan ponsel harus diservis. 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular