Ini Penyebab Penuaan Dini yang Harus Dipahami

Usia Anda masih di bawah 30 tahun namun cepat mengalami kelelahan, kulit mengendur, berkerut dan terdapat flek hitam? Hati-hati, itu merupakan tanda penuaan dini. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengenal berbagai penyebab penuaan dini untuk Anda hindari.

Faktor Lingkungan

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi penuaan. Salah satunya terjadi karena adanya factor dari luar, yaitu pengaruh lingkungan. Beberapa factor lingkungan yang berpengaruh pada penuaan dini, antara lain:

Sinar matahari

Sinar matahari memiliki zat-zat tertentu yang memberi dampak negative pada kulit. Paparan sinar matahari langsung dapat menimbulkan masalah pada kulit Anda sehingga membuatnya terlihat lebih tua. Masalah tersebut misalnya munculnya flek hitam pada kulit.

Radikal bebas

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menyebabkan penuaan. Ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti polusi air, lingkungan, dan factor cuaca. Semakin sering terpapar radikal bebas, maka semakin proses penuaan terjadi, terutama pada kulit.

Asap rokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok menyimpan dampak buruk bagi tubuh. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa asap rokok yang mengenai kulit dan atau terhirup dapat mempercepat proses penuaan.

Asap rokok yang terhirup akan mempengaruhi organ dalam sehingga memperlihatkan gejala penuaan seperti mudah lelah. Sedangkan asap rokok yang terkena kulit akan memperlambat regenerasi sel-sel kulit sehingga terlihat lebih kusam.

Faktor dari Dalam

Tak dapat dipungkiri, usia dapat merubah segalanya, termasuk penampilan dan tubuh Anda. Seiring berjalannya waktu, kekuatan fisik Anda akan mulai melemah, dan garis halus akan muncul pada kulit, utamanya kulit wajah.

Namun, jika usia Anda belum mencapai tiga puluh tahun dan sudah merasakan kemerosotan kualitas pada tubuh dan penampilan Anda, ada kemungkinan gen menjadi penyebab penuaan dini. Apabila ada anggota keluarga yang memiliki keriput sejak muda, maka Anda juga dapat mengalami hal yang sama.

Faktor Kebiasaan

Selain factor lingkungan dan intrinsic, kebiasaan atau pola hidup Anda juga dapat menyebabkan tubuh tampak lebih tua sebelum waktunya. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain:

Ekspresi wajah berulang

Untuk menampakkan suatu ekspresi wajah, Anda tentu harus menggerakkan wajah Anda. Ekspresi sama yang berulang semakin lama akan membentuk garis-garis halus pada kulit sehingga kulit menjadi keriput.

Merokok

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Tidak hanya asap yang mengenai kulit, namun juga zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat merusak kulit sehingga proses penuaan menjadi lebih cepat.

Kurang antioksidan

Antioksidan pada tubuh berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang telah kita ketahui, radikal bebas seperti polusi dan pencemaran lingkungan dapat mengakibatkan penuaan. Apabila Anda kekurangan antioksidan, maka radikal bebas mudah masuk pada jaringan kulit Anda.

Kurang tidur

Beristirahat utamanya tidur pada malam hari dapat membantu mempercepat regenerasi sel. Jika Anda kurang tidur malam, wajah Anda akan terlihat kuyu dan kusam. Hal ini karena regenerasi sel kuit Anda terhambat.

Faktor Resiko

Faktor resiko merupakan hal-hal yang meningkatkan resiko penuaan. Terdapat beberapa penyebab penuaan dini karena factor resiko diantaranya yaitu:

Pekerjaan lapangan

Pekerjaan yang menuntut Anda untuk bekerja di bawah terik sinar matahari dapat meningkatkan resiko penuaan. Paparan sinar matahari yang terus menerus dapat membuat kulit Anda terlihat semakin kusam.

Tidak hanya itu, pekerjaan lapangan di mana kulit Anda harus bersentuhan dengan asap dan polusi juga tidak menyehatkan. Radikal bebas yang terus menerus mengenai kulit Anda dapat membuat kulit semakin kusam dan terlihat tua.

Makanan

Makanan yang Anda konsumsi juga dapat berpengaruh pada proses penuaan pada tubuh Anda. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji atau junkfood dapat mengakibatkan kurangnya asupan gizi yang berguna untuk regenerasi sel.

Pola makan yang tidak seimbang juga dapat berpengaruh pada asupan gizi yang diserap tubuh. Apabila asupan gizi ini tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka tubuh dan kulit Anda akan semakin cepat mengalami penuaan.

Terlebih lagi apabila Anda tidak pernah atau jarang mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan penghasil antioksidan alami yang dapat membantu proses regenerasi sel kulit. Jarang makan buah dan sayur dapat menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh meregenerasi sel kulit.

Minuman

Kebiasaan minum Anda juga berpengaruh pada proses penuaan. Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik bagi tubuh. Kebiasaan minum alcohol dapat menurunkan kekuatan fisik, serta menjadikan wajah kuyu dan tidak terlihat segar.

Stres

Kenali diri Anda dan kendalikan tingkat stress Anda. Hal ini karena tingkat stress yang tidak terkendali dapat memberi pengaruh buruk pada diri Anda. Stres tak terkontrol dapat meningkatkan resiko penuaan.

Aktivitas fisik

Memiliki rutinitas dengan aktivitas fisik sangat baik bagi tubuh. Jarang beraktivitas fisik dapat mengakibatkan penuaan. Hal ini karena aktivitas fisik dapat mengurangi stress dan membantu Anda tidur nyenyak di malam hari sehingga proses regenerasi sel dapat berjalan lancar.