Penyebab Mobil Boros Bensin Ini Harus Diwaspadai

Advertisement

Penyebab mobil boros bensin perlu Anda ketahui, karena dengan hal itu para pengemudi dapat segera melakukan langkah perbaikan. Pastinya setiap pengendara mobil ingin kendaraannya mengkonsumsi bahan bakar jauh lebih irit, sehingga budget yang keluar juga tidak perlu banyak.

Ketika mobil sangat boros, bisa jadi terdapat suatu masalah pada mesinnya. Tapi, jika Anda penasaran apa saja yang bisa menjadi faktor penyebabnya, maka bisa langsung ikuti pembahasan di bawah ini:

Terlambat Mengganti Oli

Faktor pertama yang bisa membuat bensin boros ialah telat mengganti oli, di mana hal ini cukup memberikan pengaruh jika servis Anda tunda. Sedangkan perawatan secara rutin menjadi hal paling penting dalam kendaraan yang Anda pakai setiap hari.

Mengenai jarak penggantian oli di mana oli mobil harus Anda ganti ialah 5.000 km. Apabila pengendara sudah melewati jarak tersebut setelah penggantian terakhir, ini dapat mengakibatkan kualitas pada oli semakin menurun. Jadi, kinerja dari mesin juga berkurang yang pastinya bensin pun akan lebih boros.

Terdapat Masalah Pada Ban

Penyebab mobil boros bensin selanjutnya ini adalah masalah pada ban. Contohnya pada mobil modifikasi dengan penggunaan ban ukuran besar. Hal tersebut akan membuat beban gesek pada ban akan semakin bertambah obatnya.

Advertisement

Penggunaan ban yang terlalu besar pastinya mampu membuat laju dari mobil terhambat, sehingga secara otomatis membuat bahan bakar semakin boros. Itulah mengapa Anda harus memastikan apakah ban yang Anda gunakan telah sesuai dengan standar atau belum.

Bukan hanya masalah ukuran, masalah lain seperti halnya ban gundul maupun ban kempes juga menjadi penyebabnya. Ban yang sudah gundul akan meningkatkan gesekan dengan aspal secara langsung.

Filter Bensin Kotor

Filter bensin merupakan bagian yang cukup penting, pengendara wajib membersihkannya secara tepat waktu. Komponen ini perlu Anda perhatikan dan bersihkan setiap interval 30 ribu km sampai 40 ribu km. Hal tersebut memiliki tujuan agar bensin yang masuk ruang bakar selalu bersih.

Apabila bensin yang masuk pada ruang bakar memiliki kondisi yang kotor, maka penggunaan dari BBM pun akan semakin boros. Yang mana hal tersebut ketika Anda biarkan begitu saja mampu menimbulkan kerusakan pada bagian ruang bakar mobil.

Pastinya Anda tak mau bukan jika mobil mengalami masalah leboj serius? Jadi Anda bisa langsung mengecek bagaimana keadaan filter bensin tersebut.

Advertisement

Filter Udara Kotor

Bukan hanya filter bensin, tapi terdapat hal yang juga perlu Anda bersihkan secara rutin, yakni filter udara. Mesin mobil memang membutuhkan suplai udara yang bersih di mana hal tersebut akan membuat mesin mampu bekerja lebih maksimal.

Filter udara yang kotor dapat mengurangi pasokan udara yang bersih. Filter udara ini mempunyai fungsi agar bisa menyaring kotoran pada udara. Disini secara otomatis debu akan menyangkut pada bagian kain dan berakhir menumpuk jika tidak rutin Anda bersihkan.

Filter udara kotor juga menjadi penyebab mobil boros bensin, karena piston akan bekerja dengan berat. Jadi, para pengendara dalam kondisi ini harus menginjak pedal gas yang lebih dalam agar tenaga yang keluar cukup besar.

Penggunaan AC Yang Terlalu Dingin

Penggunaan AC mobil akan membuat para penumpang nyaman ketika di dalam kabin. Tapi Anda harus memperhatikan pula cara pemakaiannya.

Saat siang hari dengan cuaca cukup panas banyak orang cenderung menghidupkan AC sampai paling dingin. Sedangkan cara tersebut juga yang menjadi penyebab pemakaian bahan bakar berlebihan ketika berkendara.

Ketika suhu AC sangat dingin, komposer yang digunakan sebagai pompa refrigerant akan membagi daya. Hal tersebut akan berefek pada power mesin terkuras banyak dan kompresor pada AC bekerja lebih keras.

Kemudian, para pengendara seringkali menekan gas terlalu dalam, yang mana hal tersebut bisa mengakibatkan mesin bekerja lebih berat. Otomatis disini bahan bakar pada mobil yang terpakai juga akan lebih banyak.

Penggunaan Bahan Bakar Yang Tidak Tepat

Faktor lain penggunaan bensin yang terlalu boros karena salah ketika menggunakan bahan bakar. Di Indonesia sendiri bahan bakar terbagi menjadi beberapa jenis, sehingga Anda harus memastikan memilih jenis bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Kebocoran Pada Knalpot

Bagian knalpot sering terlupakan, dan perlu Anda ketahui bahwa bisa jadi knalpot ini merupakan sumber yang menjadi penyebab boros BBM. Gas buangan dari pembakaran bahan bakar terjadi pada knalpot. Jadi, ketika terdapat sistem bermasalah pada pembuangan gas maka penggunaan Bensin akan jauh lebih besar.

Maka dari itu, saat melakukan servis ke bengkel pastikan jika seluruh bagian diperiksa termasuk knalpot. Jika terjadi kebocoran, sebaiknya minta segera dibenahi.

Selain menjadi penyebab mobil boros bensin, hal ini juga bisa mengakibatkan masalah lainnya pada kendaraan. Karena itulah knalpot memiliki peran penting yang tidak boleh dilupakan.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker